Aliando Syarief Mengidap OCD

Aliando Syarief Mengidap OCD

Aliando Syarif baru-baru ini mengumumkan bahwa ia menderita gangguan obsesif-kompulsif, atau OCD. Dari langsung , ia mengaku menderita OCD sejak 2019.

Penyakit mental ini membuatnya sangat kesal karena merasa seperti sedang bertarung dengan pikirannya sendiri. Selain itu, ia juga tidak tampil di depan umum karena tidak mudah menderita OCD.

Kondisinya semakin memburuk saat dinyatakan positif Covid-19. Tak ayal, aktor Ganteng-Ganteng Serigala ini sedang berjuang untuk menyembuhkan dirinya dari penyakit mental ini.

Aliando Syarief Mengidap OCD

Ringkasan dari HealthLine dan juga https://audiopromedia.co.id/ OCD memiliki dua gejala yang berbeda:

  • Penderita mengalami
  • pikiran yang tidak diinginkan.

Jadi, bisakah gangguan obsesif-kompulsif diobati? Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan setiap orang saat menderita OCD.

1. Mengatasi OCD Secara Efektif

Jika salah langkah, bukan tidak mungkin penderita OCD tidak akan sembuh. Jika Anda merasa mengalami kecemasan yang berlebihan, ada baiknya memulai dengan tidur yang cukup, dan mengatur pikiran agar tidak stres, berolahraga, atau mengonsumsi makanan sehat.

2. Pahami penyebab kecemasan

Cari tahu sumber stres dan kecemasan. Dengan mengetahui sumbernya, kita akan menemukan solusi yang tepat. Anda dapat melakukan ini dengan mengidentifikasi apa yang membuat kita cemas.

3. Mengelola pikiran

Ya, mengelola pikiran di tengah wabah memang tidak semudah mengelola tangan. Namun, kita perlu mengarahkan pikiran agar tidak liar karena akan mempengaruhi tubuh dan jiwa kita.

4. Hindari hal-hal yang menimbulkan kekhawatiran besar

. Hindari hal-hal yang memicu pikiran stres. Menjauh terlalu keras karena pikiran membutuhkan aktivitas di luar rutinitas sehari-hari. 

5. Berdamai dengan OCD

Terimalah jika OCD dengan anggun mengganggu kehidupan kita. Semakin kita bersikeras dan menyangkalnya, semakin lama proses penyembuhannya. Namun, dengan berdamai dan mengenali jika kita mengidap OCD, akan lebih mudah menenangkan pikiran dalam menghadapi masalah.