Amerika Terbangkan Astronaut, Rusia Tak Mau Kalah

 Amerika Terbangkan Astronaut, Rusia Tak Mau Kalah



Moskow

Sebagai saingan Amerika Serikat dalam menjelajah antariksa, Rusia tentu mengamati peluncuran dua astronaut Negeri Paman Sam memakai roket SpaceX dan dilakukan di dalam negeri. Mereka memberi selamat tapi berjanji takkan tinggal diam.

Sejak tahun 2011, AS tidak pernah lagi menerbangkan astronaut ke International Space Station (ISS) untuk menekan biaya. Mereka nebeng platform Soyuz milik Rusia.

Meski mungkin tidak akan mendapat kontrak lagi, pihak Rusia mengaku tidak masalah. “Apa yang baru saja terjadi (peluncuran astronaut-red) seharusnya sudah kejadian jauh di masa silam,” kata juru bicara lembaga antariksa Roscosmos, Vladimir Ustimenko.

Ia juga menyindir Presiden AS Donald Trump yang menurutnya berlebihan memandang peluncuran itu. “Histeria yang muncul setelah kesuksesan peluncuran pesawat Crew Dragon sulit dimengerti,” tambahnya.

Akan tetapi meski kadang berseteru, Roscosmos menyampaikan rasa senang. “Sekarang, tidak hanya Rusia tapi juga Amerika yang bisa terbang ke ISS. Jadi itu hebat,” papar Vladimir.

Menurutnya, penting untuk memiliki wahana peluncuran ke ISS tambahan, tidak hanya mengandalkan pihak Rusia, untuk mengantarkan kargo maupun astronaut.




Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *