TERBARU

Blibli Tebarkan Semangat #HikmahRamadhan

 Blibli Tebarkan Semangat #HikmahRamadhan


Meskipun pandemi belum juga berakhir, suasana bulan Ramadan tahun ini bisa dipastikan berbeda dibandingkan tahun lalu. Tak heran jika Blibli hadirkan optimisme dalam menyambut bulan suci ini dengan program festival belanja #HikmahRamadhan.

Bukan sekedar isapan jempol, jika tahun ini masyarakat Indonesia lebih optimis dalam menyambut bulan Ramadan. Hal ini seperti diungkapkan Dea Vivin Devita, Senior Content Marketing iPrice Group yang mengatakan mengutip hasil studinya bahwa produk kategori fashion masih menjadi tren di Ramadan tahun ini dan pembelian hiasan dinding telah mengalami peningkatan sejak akhir tahun lalu.

“Dulu orang cenderung sulit menjalani adaptasi baru, sekarang sudah terbiasa belanja online. Bukan hanya fashion dan elektronik saja, kebutuhan rumah tangga, dan fresh maupun frozen food dibeli secara online,” ujarnya dalam press briefing yang digelar virtual pada Rabu (7/4/2021) kemarin.

Senada dengan Dea, Cindy Kalensang, Vice Presiden Business Development Blibli juga mengungkapkan bahwa tingkat keyakinan masyarakat akan pemulihan ekonomi semakin meningkat. Tentunya optimisme ini diharapkan berpengaruh terhadap antusiasme masyarakat dalam menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri.

“Di tahun kedua Ramadan dalam masa pandemi, tingkat optimisme cenderung meningkat. Berbeda dengan tahun lalu di mana pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi sehingga pertumbuhannya minus, tahun ini pertumbuhannya mencapai 4,5%-5,3%,” ungkapnya.

Optimisme tersebut menurut Cindy bisa dilihat dari data berbagai riset, di mana sebanyak 41% masyarakat telah mempersiapkan Ramadan sejak bulan Maret. Bahkan tingkat optimisme masyarakat dalam membayar zakat dan berdonasi diklaim 15x lebih tinggi.

Sementara itu, Cindy mengklaim jika Blibli selalu mengalami peningkatan aktivitas belanja pelanggan di setiap bulan Ramadan. Hal ini terjadi empat tahun berturut-turut tahun 2016-2020, di mana pertumbuhannya rata-rata naik dua kali lipat setiap tahun.

“Pertumbuhan daily order terjadi satu bulan sebelum dan sesudah Ramadan, dua kali lipat dibandingkan sebelumnya,” ungkapnya.

Manjakan Pelanggan dengan Pengiriman 2 Jam

Demi mengimbangi optimisme masyarakat, Blibli menabuhkan semangat #HikmahRamadhan, di mana masyarakat bisa mendapatkan cashback hingga Rp 1 juta, diskon 85% dengan brand-brand ternama, dan flash sale serta game berhadiah tiga kali sehari di saat ngabururit dan sahur. Festival belanja ini berlangsung nonstop 32 hari mulai 12 April hingga 14 Mei 2021.

Bahkan, Blibli berani hadirkan pengiriman lebih cepat, di mana dalam waktu 2 jam pemesanan pelanggan langsung sampai di rumah dan gratis ongkos kirim alias ongkir berkali-kali setiap hari. Kecepatan pengiriman ini bisa terwujud berkat adanya jaringan logistik yang cukup luas mencangkup 20 warehouse dan 32 hub Blibli di 15 kota besar.

Selain itu, Blibli juga telah bekerja sama dengan sebanyak 20 mitra pengiriman termasuk BES (Blibli Express Service). Masyarakat bahkan bisa memilih pengiriman cepat lainnya dalam memenuhi kebutuhan selama Ramadan.

“Dengan adanya layanan ini, memungkinkan pelanggan bisa membeli atau mengirimkan bingkisan pada last minute. Pastinya paket dikirim cepat dan tiba di tangan yang tepat,” ujar Cindy.

Dalam memenuhi stok produk yang diminati masyarakat, menurut Cindy pihaknya telah mempersiapkan hal ini sejak 3 bulan yang lalu. Bahkan, Blibli juga melibatkan sebanyak 70 ribu UMKM dengan harapan #HikmahRamadhan bukan hanya dinikmati pelanggan saja, tetapi juga seller dari kalangan UMKM.

“Kami telah melakukan banyak persiapan bersama mereka, memberikan informasi kapan periode #HikmahRamadhan dimulai dan berbagi insight mengenai tren kebutuhan yang diminati pelanggan. Kami berkomitmen membantu UMKM dan merangkul mereka untuk dapatkan pasar yang lebih luas lagi. Bahkan kami sediakan slot-slot khusus brand deals yang akan muncul di halaman utama. So far, mereka sangat antusias,” pungkas Cindy.

Jadi, apakah kamu juga sudah optimis dalam mendapatkan #HikmahRamadhan, Gizmofriends?



Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *