Cara Membuat Kandang Ayam Petelur Sederhana dari Bambu

 Cara Membuat Kandang Ayam Petelur Sederhana dari Bambu



Mempersiapkan Alat dan Bahan

Cara membuat kandang ayam petelur sederhana yang pertama adalah mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Dalam membuat kandang ayam petelur ini, kamu tentunya membutuhkan berbagai peralatan pertukangan. Misalnya, gergaji untuk memotong balok kayu atau bambu, palu, alat pengukur seperti meteran dan pensil, amplas, hingga paku. Selain itu, perlu juga menyiapkan sarung tangan agar aman.

Setelah memiliki semua peralatan tersebut, cara membuat kandang ayam petelur selanjutnya adalah menyiapkan material atau bahan-bahannya. Kamu perlu meyiapkan balok kayu berukruan 2×4 cm dan bambu secukupnya.

Selain itu, kamu juga harus menyediakan bahan yang baik untuk atapnya. Lebih baik gunakan bahan-bahan yang tahan air dan panas, misalnya seng, genteng atau ijuk. Untuk bagian dinding, kamu bisa menggunakan anyaman bambu maupun triplek. Bahan ini bisa digunakan pula untuk sekat antar kandang.

Buat Desain

Cara membuat kandang ayam petelur selanjutnya adalah dengan membuat desain. Dengan memilih jenis kandang baterai, kamu akan membuat sekat yang memisah-misahkan ayam satu sama lain. Kandang jenis baterai ini bisa dibuat dengan berbagai ukuran. Bahkan bisa dibangun dalam ukuran sangat besar dan memiliki tingkat. Kandang ini biasanya mampu menampung satu hingga dua ayam dewasa.

Jika kamu menggunakan desain kandang ayam berbentuk prisma seperti panggung, kotoran ayam bisa langsung jatuh ke bawah kandang, sehingga lebih mudah dibersihkan. Dalam membuat kandang bertingkat tiga seperti ini, pastikan posisi tiap tingkatnya dibuat selisih bergeser ke samping agar kotoran ayam tidak menimpa ayam dibawahnya.

Kemudian hal yang harus diperhatikan peternak dalam membangun kandang yaitu tinggi yang ideal kisaran kurang lebih 1 meter hingga 2 meter, hal ini bertujuan untuk mengontrol kualitas udara dan mengurangi zat amonia didalam kotoran ayam.

Untuk idealnya kamu bisa menggunakan ukuran 40x40cm untuk panjang dan lebarnya dan 35x30cm untuk tinggi dan bagian belakangnya. Buatlah dari bahan kawat yang murah atau bambu dengan agak renggang sehingga kotoran dapat langsung jatuh ke tanah.



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *