Cara Mengaktifkan dan Memindahkan Smart Sidebar di OPPO atau realme

 Cara Mengaktifkan dan Memindahkan Smart Sidebar di OPPO atau realme


Telkopedia.id – Pada handphone OPPO dan realme terdapat fitur tambahan di layar yang bernama Smart Sidebar. Fitur ini sendiri merupakan sebuah panel melayang yang di dalamnya terdapat beberapa menu dengan shortcut aplikasi maupun fungsi untuk menunjang aktivitas sehari-hari dari penggunanya.

Fungsi seperti Screenshot dan Screen Recording akan berada di bagian paling atas Smart Sidebar untuk memudahkan pengguna dalam melakukan tangkapan atau rekaman layar. Sementara di bawah fungsi tersebut akan terdapat beberapa shortcut untuk mengakses aplikasi.

Kamu dapat mengatur maksimal 20 aplikasi yang dapat disematkan langsung di Smart Sidebar. Bahkan dari panel ini pun kamu bisa langsung mengaktifkan fitur Split Screen yang menghadirkan dua aplikasi dalam satu layar sekaligus.

OPPO Smart Sidebar Feature

Secara bawaan, biasanya Smart Sidebar ini belum aktif di handphone OPPO maupun realme. Untuk itu, kamu dapat melihat tutorial aktivasinya sebagai berikut ini.

Cara Aktivasi Fitur Smart Sidebar

  1. Buka menu atau aplikasi Settings di handphone OPPO atau realme kamu
  2. Selanjutnya, cari menu Convenience Tools
  3. Masuk ke menu Smart Sidebar
  4. Aktifkan fitur Smart Sidebar dengan menggeser toggle menjadi warna hijau
  5. Nantinya akan muncul sebuah garis putih hampir transparan di halaman homescreen

Cara Aktivasi Fitur Smart Sidebar

Setelah aktif, biasanya panel Smart Sidebar akan disembunyikan pada pojok kanan layar handphone dengan sebuah tanda kotak kecil berwarna putih. Untuk membuka panelnya, kamu dapat menuju kotak kecil tersebut dan selanjutnya menyapu atau swipe dari kanan ke kiri layar menggunakan satu jari.

Setelah panel terbuka, maka kamu akan melihat beragam menu fungsi dan beberapa shortcut aplikasi yang dihadirkan pada Smart Sidebar. Namun apabila kamu tidak menyukai posisi bawaan Smart Sidebar, maka dapat langsung memindahkannya menggunakan tutorial berikut ini.

Cara Memindahkan Smart Sidebar

  1. Kunjungi halaman Homescreen di handphone realme atau OPPO
  2. Tekan kotak kecil yang berada di pojok layar handphone (tergantung posisi Smart Sidebar berada)Cara Memindahkan Smart Sidebar - 1
  3. Sapu atau swipe dengan satu jari ke tengah layar hingga kotak terlihat keluar dari pojokan
  4. Pindahkan Smart Sidebar ke bagian lain tergantung selera masing-masing
  5. Nantinya Smart Sidebar baru akan muncul ketika menyapu area baru tersebutCara Memindahkan Smart Sidebar - 2

Bisa dibilang memindahkan Smart Sidebar di handphone OPPO dan realme tergolong sangat mudah untuk dilakukan oleh pengguna awan sekalipun. Dengan begitu kamu dapat menempatkan Smart Sidebar sesuai dengan posisi yang diinginkan agar tidak mengganggu ketika menjalankan aktivitas di handphone.



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *