Demi Panen Berlimpah, Petani Sikka NTT Gunakan Alsintan

 Demi Panen Berlimpah, Petani Sikka NTT Gunakan Alsintan



Telkopedia.id, Jakarta – Para petani di Sikka Nusa Tenggara Timur menatap musim tanam dengan optimistis. Sebab, mereka menghadapi musim tanam dengan memaksimalkan alat dan mesin pertanian (alsintan). Di Sikka, petani bisa memanfaatkan Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) Tani Mandiri.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, penggunaan alsintan untuk mengolah tanah, masa tanam, hingga panen, harus dilakukan petani. Sebab, alsintan bisa membantu menggenjot produktivitas hasil panen.

“Kita harus menggenjot produksi pangan untuk memperkuat ketahanan pangan nasional. Oleh karena itu, petani harus turun ke lapangan. Terus tanam sesudah panen. Manfaatkan alsintan untuk mempermudah kerja di lapangan dan untuk memaksimalkan hasil panen,” kata Syahrul dalam keterangan tertulis, Rabu (3/6/2020).

Harapan serupa disampaikan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy. Menurutnya, petani yang tidak memiliki alsintan bisa memanfaatkan jasa UPJA yang menyewakan alsintan. Seperti UPJA Tani Mandiri di Sikka, NTT.

“Dengan alsintan, pekerjaan petani menjadi lebih mudah. Dampaknya jelas pada produktivitas yang meningkat. Keuntungan ini bisa dirasakan langsung oleh para petani. Makanya kita selalu mengimbau petani untuk memanfaatkan alsintan. Jika tidak punya, mereka bisa menggandeng UPJA yang ada di sekitar mereka,” ujar Sarwo Edhy.

 



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *