Desktop AIO Minimalis & Menawan

 Desktop AIO Minimalis & Menawan


Meski sudah banyak notebook yang memiliki desain tipis serta portabel, alias mudah dibawa ke mana-mana, pasar komputer desktop All-In-One (AIO) masih tetap memikat masyarakat. Perangkat desktop AIO tentunya lebih cocok untuk pengguna rumahan maupun kantoran, dimana perangkat tidak dibawa-bawa ke luar ruangan. Dan biasanya, hadir dengan layar lebih besar untuk kenyamanan bekerja maupun multimedia yang lebih nyaman.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumennya, Acer menyediakan Aspire C Series, yang menawarkan gaya maksimal dengan prosesor Intel generasi ke-10. Lini tersebut hadir dalam dua varian, yaitu C24 (C24-960) dengan dimensi layar 24 inci, dan C22 (C22-960) berdimensi 22 inci. Dijual dengan harga yang cukup terjangkau, apakah desktop AIO dari Acer yang satu ini cocok untuk kebutuhan Gizmo lovers? Berikut ulasan kami.

Desain Modern dan Minimalis Acer Aspire C22

 

Menjadi perangkat All-In-One, tentunya Acer Aspire C Series tak dilengkapi dengan casing terpisah. Semuanya sudah terintegrasi pada bagian monitor, baik CPU, GPU, memori dan lainnya. Hal yang membuat kami kagum adalah betapa tipisnya bagian monitor dari Acer Aspire C Series ini. Varian yang kami ulas adalah Aspire C22, dan seperti yang bisa kamu lihat, ketebalannya tak jauh dari sebuah ponsel, menjadikan perangkat ini tidak memakan banyak tempat. Bagian monitornya sendiri memiliki ketebalan tertipis di 6,8 mm.

Ketebalan Acer Aspire C22

Satu-satunya hal yang besar pada perangkat ini adalah dimensi layarnya saja, selebihnya serba minimalis. Mulai desain port di sisi belakang, tombol power yang dibuat tersembunyi di bawah, dudukan yang didesain cantik serta kamera yang sudah terintegrasi pada bezel. Nah, bezel pada Acer Aspire C22 ini dibuat sangat tipis, hanya 3,7 mm, membuat rasio bodi ke layar bisa mencapai 87%. Dengan kombinasi warna silver dan hitam, monitornya bisa menyatu dengan baik pada berbagai sudut ruangan di rumah maupun kantor.

Menjadi highlight utama, layar besar 21,5 inci pada Acer Aspire C22 sudah menggunakan panel IPS dengan resolusi tinggi full HD. Panel ini cukup kaya warna dan sangat nyaman untuk dilihat, dan berkat penggunaan panel IPS, viewing angle-nya cukup lebar hingga 178 derajat. Dengan begitu, warna masih jelas terlihat meski dari berbagai sudut kemiringan tertentu. Kombinasi ini membuat Acer Aspire C22 nyaman digunakan baik untuk melihat lampiran dokumen, maupun film bersama keluarga. Acer juga memberikan fitur seperti Acer Bluelight Shield untuk tetap membuat mata nyaman meski berlama-lama memandang layar monitor.

Port dan Konektivitas Lengkap

Kelengkapan port Acer Aspire C22

Lagi-lagi, meski punya desain tipis, Acer berhasil menyematkan konektivitas beserta port yang lengkap dalam monitor perangkat ini. Di sisi belakangnya terdapat empat port USB-A, dimana semuanya mendukung standar USB 3.1 Gen 1, sehingga bisa dipasangkan dengan perangkat eksternal lain seperti monitor 4K bisa diperlukan. Selain itu ada slot kartu SD, HDMI, LAN serta jack audio 3.5mm.

Keyboard dan mouse Acer Aspire C22

Speakernya juga sudah stereo dan terintegrasi, dan memiliki kualitas yang lumayan baik serta kencang untuk dimensinya. Dalam paket penjualannya, Acer juga menyediakan wired keyboard serta mouse. Meski keduanya nyaman-nyaman saja, akan lebih baik jika yang disertakan sudah wireless alias nirkabel, agar tetap mencerminkan kesan modern yang sudah dipancarkan dari desain monitor Acer Aspire C22 sendiri. Untuk konektivitas, perangkat ini juga sudah dilengkapi konektivitas Bluetooth 4.0 LE dan Wi-Fi 5 (802.11ac). Perangkat ini juga hanya memerlukan daya sebesar 65W saja, hampir sama seperti daya pengecasan ponsel flagship terbaru saat ini.

Performa Acer Aspire C22

Varian resmi yang dijual di Indonesia sudah menggunakan prosesor Intel generasi ke-10, yaitu Intel Core i5-10210U. Prosesor ini membawa peningkatan performa 2,5-3 kali lebih kencang berkat bantuan AI, hingga 2 kali lebih baik dalam olah grafis, serta 3 kali lebih cepat untuk kecepatan konektivitas bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Intel Core i5-10210U menggunakan arsitektur 64-bit quad-core dengan kecepatan 1,6GHz hingga 4,2GHz, dibuat dengan fabrikasi 14nm.

Prosesor tersebut dipasangkan dengan RAM 4GB DDR4 serta HDD 1TB 5400RPM 2,5 inci. Kapasitas RAM-nya bisa ditingkatkan hingga 32GB, sementara untuk penyimpanan, disiapkan satu slot M.2 SATA SSD yang mendukung kapasitas hingga 1TB.

Acer Aspire C22

Menjalankan Windows 10 Home Single Language 64-bit, secara keseluruhan, tak ada masalah dengan performa dari Acer Aspire C22-960. Mau dipakai untuk browsing website favorit, mengerjakan file kantor, ataupun sekadar nonton Netflix, lancar-lancar saja. Saat digunakan untuk multitasking dengan intensif pun, suara yang dikeluarkan dari balik monitor tidak terlalu kencang, alias relatif senyap.

Tapi dengan RAM 4GB, memori yang sudah digunakan meski sedang idle sudah mencapai kisaran 3,2GB, alias tidak banyak memori yang tersedia untuk multitasking lebih jauh. Penyimpanan 1TB juga sangat luas untuk menyimpan berbagai jenis file, namun mengingat masih HDD, performanya dirasa belum kencang. Proses menyalakan komputer, memasang aplikasi maupun transfer data bakal terasa lebih lama, terutama saat kamu sudah terbiasa menggunakan perangkat lain yang sudah pakai SSD.

Dengan grafis Intel UHD dedicated, tentunya Acer Aspire C22 tidak cocok bagi kamu yang menginginkan perangkat gaming. Bermain game kasual masih bisa, atau game seperti The Sims 4, dengan catatan harus menurunkan kualitas grafis serta resolusinya.

Baca juga: Acer Swift 3 AMD Ryzen, Laptopnya Konten Kreator

Kesimpulan

Logo Acer Aspire C22

Kalau kamu sedang mencari perangkat PC desktop All-In-One dan mengutamakan desain, Acer Aspire C22 bisa jadi pilihan utama. Desain monitornya sangat tipis sehingga tidak memakan tempat, serta cocok untuk diletakkan di sudut mana saja di rumah berkat tampilannya yang minimalis. Layar besar plus bezel yang tipis membuat pengalaman menggunakan perangkat ini lebih imersif.

Sudah menggunakan prosesor Intel core-i5 generasi ke-10, akan lebih sempurna jika kapasitas RAM-nya ditingkatkan dan ditambah dengan storage M.2 SATA SSD, setidaknya untuk sistem. Dengan begitu, segala proses yang dilakukan pada Acer Aspire C22 bisa jauh lebih cepat, mulai dari proses boot-up hingga multitasking, membuat perangkat PC ini semakin sempurna.

Sistem operasiWindows 10 Home Single Language (64-bit)
ProsesorIntel Core i5-10210U Quad-core
GrafisIntel UHD Graphics
LayarLED 21,5 inci, Full HD IPS
RAM4GB DDR4 (bisa ditingkatkan hingga 32GB)
Storage1TB 2.5-inch 5400 RPM + slot M.2 SATA SSD
Fitur WLAN : 802.11ac • Bluetooth® 4.0 LE • LAN: Gigabit Ethernet • Wired Keyboard + Mouse
Dimensi371,1mm x 488,5mm x 37,2mm
Power Supply65W
AudioBuilt-in stereo speakers
WirelessWi-Fi IEEE 802.11ac, bluetooth 4.0 + LE and 1 port LAN
HargaRp8.649.000

Beli produk Acer di e-commerce:

Blibli.com Lazada.co.id Bhinneka.com Shopee.co.id

Review Acer Aspire C22 Series

Kalau kamu sedang mencari perangkat PC desktop All-In-One dan mengutamakan desain, Acer Aspire C22 bisa jadi pilihan utama. Desain monitornya sangat tipis sehingga tidak memakan tempat, serta cocok untuk diletakkan di sudut mana saja di rumah berkat tampilannya yang minimalis.

Beli

Acer Aspire C22 di Bhinneka

  • Design

  • Performance

  • Features

  • Connectivity

  • Value for money



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *