Fitbit Sense & Versa 3 Deteksi Stres & Gejala COVID-19, Ini Harganya

 Fitbit Sense & Versa 3 Deteksi Stres & Gejala COVID-19, Ini Harganya


Perusahaan yang fokus untuk merilis alat kesehatan asal Amerika Serikat, Fitbit baru saja merilis tiga perangkat baru sekaligus. Selain smartband alias perangkat yang dipopulerkan oleh Fitbit, mereka juga perkenalkan dua jam tangan pintar atau smartwatch yaitu Fitbit Sense dan Fitbit Versa 3. Keduanya hadir dengan desain identik, hanya saja memiliki fungsi dan kebutuhan yang berbeda.

Fitbit Versa 3 hadir sebagai penerus dari smartwatch yang paling kasual dari Fitbit. Kini dengan desain yang lebih membulat, lebih menyerupai smartwatch Pebble Time. Wajar saja, karena Fitbit telah mengakuisisi startup tersebut sebelum kemudian merilis Versa seri pertama. Selain Versa 3, Fitbit juga perkenalkan seri baru, Fitbit Sense.

Bisa dibilang, Fitbit Sense adalah smartwatch paling canggih rilisan mereka, memiliki desain persis seperti Fitbit Versa 3. Bedanya, perangkat ini punya sensor yang jauh lebih lengkap, cocok bagi Gizmo friends yang memang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap untuk kondisi kesehatan diri, termasuk momen Ketika sedang mengalami stress.

Baca juga: Fitbit Charge 4 Punya Desain Identik dengan Penambahan Sensor GPS

Keunggulan Fitbit Sense

Pertama di smartwatch, Fitbit Sense menggunakan sensor Electrodermal Activity (EDA), untuk mengukur kadar keringat pada kulit. Cara mendeteksinya adalah dengan meletakkan telapak tangan ke atas bagian layar perangkat. Selain itu, juga ada sensor elektro kardiogram (ECG) untuk mengukur keabnormalan detak jantung secara otomatis.

Kualitas pernapasan dan saturasi kadar oksigen dalam darah (SpO2) juga bisa diukur lewat perangkat ini. Serta Skin Temperature sensor yang bisa mendeteksi tanda-tanda awal demam atau fase menstruasi. Fitbit Sense juga dirancang untuk masa-masa sekarang ini, yaitu masa pandemi dimana masyarakat lebih menaruh perhatian terhadap tanda-tanda kemunculan penyakit Covid-19.

Dalam sebuah rilis dari situs resminya, Eric Friedman selaku co-founder dan CTO Fitbit, telah melakukan sebuah studi kepada para pengguna layanan Fitbit Premium. Dari studi yang diadakan kepada lebih dari 100 ribu orang, algoritma baru Fitbit Sense dapat mendeteksi lebih dari 50% kasus Covid-19 satu hari sebelum gejala muncul.

Selebihnya, Fitbit Sense tentunya berfungsi sebagai smartwatch pada umumnya, sama seperti Fitbit Versa. Termasuk GPS, built-in speaker dan mikrofon untuk berikan perintah lewat Amazon Alexa atau Google Assistant. Spesifikasi lainnya sama dengan Fitbit Versa 3.

Menjadi penerus, Fitbit Versa 3 tetap dapat mengukur kesehatan dengan GPS dan sensor detak jantung seperti pendahulunya. Hanya saja tidak selengkap Fitbit Sense, sehingga ditujukan untuk pengguna yang lebih kasual. Layarnya sudah gunakan panel AMOLED 1,58 inci, terlapis Gorilla Glass 3 dan mendukung mode always-on.

Daya tahan baterai Fitbit Versa 3 dan Fitbit Sense kurang lebih bisa mencapai 6 hari. Fitbit unggulkan sistem magnetic charging-nya yang kini sudah hadir dengan fast charging. Mengisi daya hingga 80% hanya butuh waktu 40 menit, sementara 12 menit saja sudah cukup untuk penggunaan selama satu hari. Keduanya bisa diajak berenang dengan kedalaman sampai 50 meter.

Harga Fitbit Sense & Versa 3

Fitbit Versa 3

Kedua smartwatch baru Fitbit ini sudah dapat dipesan mulai hari ini, dengan pengiriman pada 25 September mendatang. Fitbit Sense dibanderol seharga USD330 atau sekitar Rp4,8 jutaan. Terpaut cukup mahal dari seri Versa maupun Ionic. Namun wajar saja, mengingat banyaknya sensor canggih yang dimuat di dalamnya.

Sementara jika tidak memerlukan sensor-sensor tersebut, Fitbit Versa 3 hadir dengan selisih harga USD100 lebih murah, yaitu di USD230 (Rp3,3 jutaan). Smartwatch yang bisa angkat telepon langsung dari pergelangan tangan ini seharusnya akan hadir resmi di Indonesia lewat peritel resmi, tidak lama lagi.



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *