Fitur Baru Twitter Voice Note Berikan Opsi Twit Rekam Suara

 Fitur Baru Twitter Voice Note Berikan Opsi Twit Rekam Suara


Sejak awal diluncurkan lebih dari 14 tahun lalu, media sosial Twitter masih jadi salah satu pilihan utama warganet untuk berbagai kebutuhan, baik tetap terhubung dengan teman maupun sarana informasi tercepat. Dari yang awalnya hanya dapat mengirim twit dengan 140 karakter, hingga kini dapat membuat sebuah utas bersambung. Terus bertumbuh, Twitter kali ini luncurkan fitur baru, Twitter Voice.

Fitur ini benar-benar sudah diresmikan, tak seperti Fleets yang masih dalam masa percobaan. Bagi pihak Twitter, mengekspresikan diri secara tepat di media sosial merupakan hal yang penting, seperti menambahkan foto, video, gambar bergerak (gif) sampai karakter yang lebih banyak. Ketika limit 280 karakter dirasa kurang, maka fitur rekam suara seperti Twitter Voice dapat dimanfaatkan.

Kalau Gizmo friends menggunakan smartphone Android, maka harus bersabar dulu, karena fitur ini baru diluncurkan untuk perangkat dengan sistem operasi iOS saja. Itu juga sedang dalam proses—keempat akun yang saya pegang di iPhone masih belum mendapatkan fitur Twitter Voice sampai artikel ini ditulis. Walaupun sudah mendapat fitur untuk limitasi siapa saja yang bisa membalas twit sekalipun.

Baca juga: Twitter Sedang Menyiapkan Metode Baru Akun Terverifikasi

Seperti Menambahkan Gambar Pada Sebuah Twit

Caranya tak berbeda jauh dengan menambahkan foto dalam sebuah twit. Ketika sedang dalam menu buat twit, terdapat tombol rekam baru di bawah kiri layar. Sentuh tombol rekam tersebut, dan tampilan akan berubah ke mode perekaman suara, seperti menggunakan aplikasi rekam suara di smartphone.

Satu twit dapat dibubuhkan rekaman audio berdurasi 140 detik. Jika ingin terus merekam, bisa langsung diteruskan dan hasilnya akan otomatis membentuk utas atau twit berseri. Jika selesai, tekan tombol done dan kamu bisa berikan caption atau keterangan teks yang sesuai. Twit bersuara tersebut dapat diputar lewat perangkat apapun.

Untuk mendengarkan, cukup tekan layaknya memutar video yang lewat di timeline. Khusus pada perangkat iOS, twit berupa suara tersebut akan otomatis memutar lewat menu kecil di bawah, jadi kamu bisa mendengarkannya sambil scroll timeline di Twitter atau bahkan mengakses aplikasi lain.

Saat ini, fitur Twitter Voice baru tersedia untuk sejumlah akun saja yang menggunakan Twitter for iOS. Namun jangan khawatir, Twitter berencana untuk menggulirkan fitur ini ke semua akun yang akses dari perangkat iOS dalam beberapa minggu ke depan.

Selain Voice, Twitter Juga Luncurkan “Fleets” di India

Twitter Fleets

Sebelumnya, pada bulan Mei lalu Twitter luncurkan fitur yang hampir serupa dengan Instagram Stories. Dinamakan “Fleets”, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menuliskan twit yang otomatis hilang dalam waktu 24 jam. Twit yang dibuat lewat menu Fleets akan ditampilkan pada bagian atas timeline, tidak tergabung ke timeline akun pribadi.

Menurut pihak Twitter, fitur ini lebih memudahkan penggunanya untuk mengirimkan pendapat yang bersifat temporer secara cepat. Dan dengan hasil observasi awal, penggunanya lebih sering memulai obrolan setelah membaca postingan di Fleets. Hingga saat ini, fitur ini masih diujicobakan ke pengguna di Brazil, Italia serta India.





Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *