Ini Dia Instrumen Musik Listrik

Alat musik yang dimainkan dengan menggunakan listrik disebut elektrofon. Dilihat dari buku Organology of Diatonic Musical Instruments karya Stepanus Kari Hartaya, sumber bunyi microphone juga berasal dari energi listrik. Alat musik elektronik dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu alat musik elektrik dan alat musik elektronik.

Alat musik elektrik adalah sekelompok alat musik yang bunyinya dihasilkan dengan bantuan listrik. Contohnya adalah vibraphone yang membutuhkan efek suara getar, sehingga diperlukan energi listrik untuk menggerakkan tabung resonator.

Begitu juga untuk gitar elektrik, piano elektrik atau bass elektrik. Secara mekanis, alat-alat ini terdengar tetapi sangat lambat. Untuk memperbesar volume dibutuhkan peralatan listrik, yaitu amplifier.

Sedangkan alat musik elektronik menghasilkan suara secara keseluruhan dari komponen elektronik. Untuk tuning/trunk control, volume dan pemilihan warna suara semuanya berasal dari sistem elektronik, jadi alat ini portable dan bisa juga menggunakan headphone.

Salah satu hal yang paling luar biasa yang dapat membedakan gadget listrik dan elektronik adalah gadget elektronik menggunakan tombol on/off untuk mengoperasikannya. Sedangkan untuk peralatan listrik tanpa menggunakan tombol on/off karena dapat beroperasi secara mekanis.

Apa standar lagu Indonesia Raya? Ini adalah jawabannya. Alat musik yang dimainkan dengan menggunakan listrik disebut elektrofon, dan berikut jenis-jenisnya menurut chordtela.

Alat musik listrik kuno

1. Theremin

Theremin adalah alat musik elektronik yang dikendalikan tanpa kontak fisik oleh Thereminst (musisi). Alat musik ini ditemukan oleh Leon Theremin pada tahun 1920 di Uni Soviet. Alat musik ini terdiri dari sebuah kotak dengan tabung radio yang menghasilkan dua gelombang suara.

2.

Martenot Ondes Martenot ondes adalah alat musik elektronik yang ditemukan oleh Maurice Martinot pada tahun 1928 di Perancis. Desain alat musik ini mirip dengan bunyi theremin. Alat musik ini menghasilkan dua frekuensi gelombang suara supersonik.

3. Vibraphone

Vibraphone berbentuk orkestra gambang. Mesin ini menggunakan kipas angin listrik di ujung atas untuk menghasilkan suara bergetar. Alat musik ini banyak digunakan untuk musik jazz.

Synthesizer digital Synthesizer

musik, juga dikenal sebagai synthesizer audio elektronik, adalah mesin yang menghasilkan dan memodifikasi suara secara elektronik, sering kali menggunakan komputer digital. Synthesizer yang sama digunakan dalam komposisi musik elektronik dan pertunjukan langsung.

Instrumen listrik

1. Biola listrik

adalah biola dengan output elektronik untuk suara dan amplifikasi.

2. Gitar listrik

adalah alat musik yang dapat mengubah suara senar atau senar gitar menjadi arus listrik yang dikuatkan melalui amplifier.

Gitar listrik itu sendiri memiliki suara yang berbeda yang bisa sangat bernada tinggi.

3.

Bentuk gitar bass sama dengan gitar elektrik. Gitar bass memiliki 4 senar dan dimainkan dengan gitar. Ini memiliki suara yang sama tetapi dua kali lebih banyak.

4. Chordophones dan Aerophones

Selain itu, ada juga chordophones seperti piano, gitar dan biola tetapi versi elektrik. Ada juga aerofon yang mirip dengan saksofon listrik atau seruling.

.

Musik komputer Musik komputer adalah jenis musik elektronik yang diproduksi langsung oleh komputer atau tidak langsung oleh synthesizer yang dikendalikan komputer

Jadi alat musik yang dimainkan dengan menggunakan listrik disebut mikrofon elektronik.