Inilah Fitur Baterai Andalan OPPO Reno4 F yang Futuristik

 Inilah Fitur Baterai Andalan OPPO Reno4 F yang Futuristik


Telkopedia.id – Tidak hanya spesifikasi hardware dan dukungan multi kamera, daya tahan baterai menjadi salah satu fitur unggulan yang ditawarkan oleh OPPO Reno4 F.

Handphone yang satu ini hadir baterai berkapasitas 4.000mAh yang diklaim OPPO mampu bertahan lama dalam pemakaian normal. Untuk itulah, daya tahan Reno4 F diuji menggunakan aplikasi PCMark for Android Benchmark dan pemakaian sehari-hari.

Pengujian daya tahan baterai sendiri dilakukan dengan mode simulasi Work 2.0 battery life pada aplikasi PCMark for Android Benchmark yang dimulai dari persentase baterai 100% dan tingkat kecerahan layar sebesar 50%.

Reno4-F-Benchmark-Battery

Hasilnya, OPPO Reno4 F berhasil mendapatkan skor baterai mencapai 11 jam 16 menit. Sementara pada saat digunakan untuk aktivitas sehari-hari, Reno4 F berhasil bertahan selama 15 jam 20 menit dari kondisi 100% ke 5% dengan mendapatkan screen on time yang mencapai 8 jam 58 menit.

Hasil pengujian daya tahan dari aplikasi benchmark dan aktivitas sehari-hari ini terasa memuaskan untuk sebuah handphone yang memiliki baterai dengan kapasitas 4.000mAh. Bahkan dukungan fitur 18W Fast Charging yang hadir pada Reno4 F mampu mengisi daya baterai dengan cepat.

Apalagi pengisian daya baterai Reno4 F dari kondisi 5% ke 100% hanya memakan waktu 1 jam 29 menit saja. Meskipun memiliki kapasitas baterai yang bisa dibilang besar, namun OPPO telah menghadirkan teknologi yang mampu membuat proses pengisian daya baterai lebih cepat.

OPPO Reno4 F HalfBottom

Selain itu, OPPO juga telah menghadirkan fitur canggih yang bernama AI Night Charging pada Reno4 F. Dengan hadirnya fitur ini, sistem akan mempelajari kebiasaan pengguna untuk mengoptimalkan pengisian daya baterai di malam hari.

Berkat algoritma kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang dikembangkan OPPO, sistem pada Reno4 F akan mempelajari rutinitas pengisian daya baterai setiap harinya. Hal ini akan membuat handphone bisa mengendalikan kecepatan pengisian daya di malam hari dan menghindari pengisian yang berlebihan sehingga umur baterai menjadi lebih awet.

Bahkan pada saat persentase baterai Reno4 F sudah memasuki kondisi 100%, sistem akan berhenti memberikan daya walaupun konektor belum dilepas. Hal ini memperlihatkan bahwa teknologi AI memegang peranan untuk pengisian daya baterai yang aman dan tidak berlebihan disesuaikan dengan rutinitas yang dilakukan oleh penggunanya.

Super Battery Saver Reno4 F

Selanjutnya, Reno4 F juga hadir dengan fitur andalan yang bernama Super Power Saving Mode. OPPO mengklaim bahwa fitur ini mampu membuat konsumsi daya baterai menjadi sangat hemat sehingga cocok digunakan apabila persentase baterai sudah memasuki titik kritis di antara 15% hingga 5%.

Pada saat Super Power Saving Mode diaktifkan, maka tampilan akan menjadi hitam putih dengan hanya mengizinkan enam ikon aplikasi untuk dimunculkan pada bagian homescreen. Hal ini dilakukan oleh sistem ColorOS untuk mengefisiensikan konsumsi daya Reno4 F dengan menghentikan beberapa fitur dan hanya mengizinkan aplikasi dalam jumlah terbatas.

Saat menguji Super Power Saving Mode dari kondisi baterai 98% pada pukul 23.51, persentase baterai hanya turun sebanyak 2% sehingga tersisa 96% setelah 3 jam 5 menit ketika waktu menunjukkan pukul 02.56 di hari berikutnya.

Bisa dibilang memang fitur yang satu ini sangat bisa diandalkan pada Reno4 F ketika kamu sedang berada di tempat yang jauh dari sumber listrik atau tidak membawa powebank. Dengan kata lain kemampuan daya tahan baterai, fitur pengisian daya, dan penghemat konsumsi baterai memang menjadi salah satu fitur dari Reno4 F yang paling menarik.



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *