Investasi ke Gojek, Telkomsel Gelontorkan Dana Rp2,1 Triliun

 Investasi ke Gojek, Telkomsel Gelontorkan Dana Rp2,1 Triliun


Aksi korporasi yang terbilang fantastis dilakukan oleh Telkomsel saat masih berada di suasana pandemi. Setelah sejak beberapa bulan sebelumnya beredar rumor, hari ini operator seluler terbesar di Indonesia tersebut resmi mengumumkan investasinya ke Gojek. Untuk ukuran perusahaan lokal, nilainya terbilang fantastis yakni USD 150 juta atau sekitar Rp2,1 triliun.

Tentu saja jika dibandingkan dengan investasi yang dilakukan Google, angka tersebut masih belum seberapa. Pada 2018 yang lalu, induk perusahaan Google, Alphabet bersama Temasek dan beberapa investor lainnya melakukan investasi ke Gojek senilai USD1,2 miliar atau setara Rp16 triliun. Bagaimanapun, kolaborasi Telkomsel dan Gojek sebagai perusahaan teknologi dan komunikasi terbesar di Tanah Air dianggap bisa memperkuat posisi Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Disebutkan, kerja sama ini merupakan perluasan dari kolaborasi Gojek dan Telkomsel yang menawarkan paket data terjangkau kepada mitra driver Gojek sejak 2018. Kerja sama ini juga akan membuka berbagai peluang kolaborasi lainnya yang memanfaatkan skala gabungan dari kedua perusahaan. Sehingga dapat menjangkau jutaan masyarakat  Indonesia. Sinergi melalui teknologi dan ekosistem dari kedua perusahaan karya anak bangsa ini juga akan mendorong percepatan transformasi digital di Indonesia.

Investasi Telkomsel ke Gojek

Platform Gojek dan layanannya digunakan oleh jutaan konsumen dan mitra pengemudi, serta ratusan ribu mitra merchant di seluruh Asia Tenggara. Jumlah pengguna di tingkat Asia Tenggara mencapai 38 juta. Sedangkan Telkomsel adalah operator seluler terbesar di Indonesia dengan lebih dari 170 juta pelanggan.

Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek Group mengatakan, pihaknya bangga bisa memperluas kolaborasi strategis dengan Telkomsel sebagai pemain terbesar di industri telekomunikasi. Kerja sama ini akan menjangkau ratusan juta masyarakat Indonesia, termasuk konsumen, mitra driver dan mitra UMKM supaya ikut andil menikmati manfaat dari ekonomi digital.

“Ekonomi digital di Indonesia didorong oleh perkembangan perangkat seluler (mobile-first market), sehingga bila pemain terdepan di industri teknologi dan telekomunikasi berkolaborasi memanfaatkan sumber daya yang ada, ekonomi digital Indonesia bisa lebih terakselerasi ke tahapan yang lebih tinggi (leap frog),” kata Andre, dalam siaran pers yang diterima Gizmologi di Jakarta (17/11).

Ia menambahkan, Gojek terinspirasi oleh Telkomsel dan investasi ini sekaligus menunjukkan adanya kepercayaan mendalam pada model bisnis platform Gojek. “Hal ini juga menempatkan kami pada posisi keuangan yang lebih kuat untuk mendorong pertumbuhan ke depan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel, mengatakan, kolaborasi antara Telkomsel dan Gojek berawal dari visi yang sama dari kedua belah pihak yaitu untuk mempertegas posisi pemain lokal sebagai tuan rumah di negeri sendiri.

“Kami percaya, kerja sama dengan Gojek dan ekosistemnya yang luas juga akan mengakselerasi transformasi Telkomsel dan memperkuat konsistensi perusahaan dalam membangun ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan. Walaupun di saat kita masih menghadapi situasi penuh tantangan di tengah pandemi. Semangat kolaborasi, akan terus menjadi fondasi kami dalam menghadirkan manfaat teknologi digital di seluruh sektor kehidupan seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” jelas Setyanto.

Dampak dari Aksi Korporasi Telkomsel

Dalam kolaborasi ini, Gojek dan Telkomsel akan bersama memperkuat layanan digitalnya, mendorong inovasi dan produk baru, serta meningkatkan kenyamanan bagi para pengguna dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Nantinya, pengguna Gojek dan Telkomsel dapat menantikan beberapa inisiatif yang akan memberikan manfaat dan kenyamanan lebih. Seperti produk baru yang dikembangkan bersama, serta program-program inovatif yang dapat memberikan penghematan biaya seperti promosi bersama dan bundling produk.

Kedua perusahaan juga akan berkolaborasi di bidang gaya hidup digital serta mengembangkan solusi teknologi periklanan digital yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha di berbagai skala bisnis. Selebihnya, Gojek dan Telkomsel juga bekerjasama dalam bidang pemberdayaan talenta melalui pertukaran pengalaman dan program pembinaan keahlian profesional sebagai bentuk upaya meningkatkan sumber daya manusia teknologi di Indonesia.

Aksi korporasi ini juga merupakan bagian dari perjalanan Telkomsel dalam menjalankan tiga pilar digital, yaitu sebagai penyedia konektivitas digital, layanan digital serta platform digital, yang saat ini menjadi landasan bagi perusahaan untuk menghadirkan ragam produk digital yang berpusat pada pelanggan dan layanan yang memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia sehari-hari. Telkomsel meyakini kerja sama dengan Gojek ini juga akan melengkapi strategi transformasi Telkomsel dalam mengembangkan bisnis layanan digital, selain memperkuat kapasitas dan kualitas sumber daya manusia, khususnya para talenta digital.



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *