Jika Rupiah ‘Berlaga’ Hari Ini, Rasanya Bisa Menguat 1% Lebih

 Jika Rupiah ‘Berlaga’ Hari Ini, Rasanya Bisa Menguat 1% Lebih


Jakarta, CNBC Indonesia – Hari ini, rupiah tidak diperdagangkan karena pasar keuangan Indonesia tutup memperingati Hari Kelahiran Pancasila. Andai rupiah ‘berlaga’, bagaimana nasibnya?

Sepanjang pekan lalu, rupiah menguat 0,72% terhadap dolar AS di perdagangan pasar spot. Rupiah jadi salah satu mata uang dengan performa terbaik di Asia.

Jika rupiah hari ini diperdagangkan, maka kemungkinan besar tren penguatan akan berlanjut. Bahkan bukan tidak mungkin rupiah menguat lumayan tajam hari ini, bisa lebih dari 1%.





Bukan tanpa alasan, rupiah yang diperdagangkan di pasar Non-Deliverable Forwards (NDF) luar negeri sudah menguat di kisaran 1%. Biasanya pergerakan kurs NDF akan mempengaruhi psikologis di pasar spot.

Berikut perkembangan kus dolar AS terhadap rupiah di pasa NDF jelang penutupan pasar spot akhir pekan lalu dibandingkan hari ini:


Tidak hanya di pasar NDF, hawa penguatan rupiah juga tercium tatkala melihat mata uang utama Asia lainnya. Hampir seluruh mata uang utama Benua Kuning menguat di hadapan dolar AS, hanya dolar Hong Kong yang masih nyagkut di jalur merah.

Berikut perkembangan kurs dolar AS terhadap mata uang utama Asia pada pukul 09:57 WIB:



 



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *