Kelebihan & Kekurangan Hp Harga Rp3 Jutaan

 Kelebihan & Kekurangan Hp Harga Rp3 Jutaan


Sekitar bulan Februari 2019 lalu, Samsung membuat sebuah dobrakan yang bisa dibilang cukup mengagetkan, dengan merilis lini baru Galaxy M-series. Samsung Galaxy M20 dihadirkan resmi di Indonesia, punya layar besar, baterai besar, spesifikasi cukup mumpuni tapi dalam harga yang terjangkau. Sebelum itu, smartphone Samsung masih cukup terkenal dengan spesifikasi lebih “pas-pasan” (kecuali seri flagship, ya), terkesan mengandalkan nama brand serta layanan purna jual.

Selang satu tahun kemudian, tak kurang dari lima seri Samsung Galaxy M telah dirilis, yang masing-masing seri membawa peningkatan-peningkatan esensial. Pertama kali dirilis, Samsung Galaxy M20 mengusung layar PLS LCD yang, walaupun bagus, tak seperti smartphone Samsung lain yang umumnya menggunakan panel AMOLED. Selain itu kapasitas RAM serta ROM dinilai masih kurang lega. Kemudian rilis Galaxy M30 yang sudah pakai layar Super AMOLED, RAM 4GB, plus tambahan kamera yang bikin kegiatan ambil foto lebih fleksibel. Namun chipset-nya dirasa kurang, mengingat tidak ada peningkatan dari pendahulunya.

Kami sempat menguji pakai keduanya, dan dengan Samsung Galaxy M31, kami penasaran peningkatan apa saja yang dibawa oleh Samsung kali ini. Jumlah kameranya nambah, baterai makin besar lagi, plus prosesornya juga sudah ditingkatkan dari Galaxy M30. Apakah Galaxy M31 cocok jadi smartphone pilihan di rentang harga Rp3 jutaan? Berikut pengalaman pemakaian saya selama beberapa hari sembari #DiRumahAja.

Desain

Dilihat dari sisi luarnya, nggak banyak yang berubah dari Samsung Galaxy M31, dibandingkan dengan Galaxy M20 sekalipun. Desainnya terlihat cukup generik menurut saya, apalagi untuk taraf smartphone Samsung yang biasanya ngejreng dan menarik seperti pada lini A-series. Setidaknya Samsung memberikan dua opsi warna baru yang cukup menarik; biru (Ocean Blue) dan ungu-merah (Red) yang saya gunakan ini. Warnanya cukup terang tapi nggak berlebihan, cocok juga untuk dipakai laki-laki. Warnanya bisa sedikit berubah sesuai intensitas cahaya yang ditangkap, dan bagian samping bodi seperti dibuat berubah warna menjadi hitam.

Material yang digunakan juga masih sama, yaitu plastik polikarbonat yang diberi finishing glossy menyerupai kaca. Kalau telapak tangan kamu mudah berkeringat, bodi Samsung Galaxy M31 bisa agak mudah terlihat kotor dan licin. Tapi setidaknya pemilihan material ini membuat bobotnya kurang dari 200 gram, alias 191 gram saja. Relatif ringan jika dibandingkan smartphone setara, apalagi yang punya dimensi layar besar plus kapasitas baterai terbesar di kelasnya. Bodinya juga cukup tipis di 8,9mm, jadi tidak terasa bulky ketika digenggam.

Samsung masih menyediakan port audio jack 3,5mm di bagian bawah bodi, plus sensor sidik jari yang juga masih berada di bodi belakang, alias belum menggunakan sensor in-display ultrasonik seperti pada lini Galaxy A30s ke atas. Meski begitu, sensornya reliabel dan bisa dikombinasikan dengan dengan face unlock. Samsung Galaxy M31 juga mengadopsi sistem kartu triple slot, memungkinkan kamu memakai dua kartu nano SIM plus kartu microSD sekaligus, tanpa perlu ada yang dikorbankan.

Layar

Layar Samsung Galaxy M31

Sama seperti generasi sebelumnya, Samsung Galaxy M31 sudah mengusung layar SuperAMOLED 6,4 inci dengan resolusi full HD+ dan aspek rasio 19,5:9. Aspek rasio tersebut membuat smartphone tak terasa lebar, jadi masih nyaman ketika dipegang satu tangan. Untuk proteksi tambahan, panel depannya sudah terlindungi Corning Gorilla Glass 3.

Yang sedikit kurang adalah desain kamera depannya yang belum mengadopsi punch-hole, alias masih sedikit konvensional dengan desain Infinity-U Display. Selain itu, bezel bawah juga terlihat agak tebal dibandingkan sisi lainnya.

Meski begitu, layar Samsung Galaxy M31 sangat nyaman untuk digunakan saat menonton serial favorit di Netflix maupun nge-game. Reproduksi warnanya sangat baik, dengan sensitivitas yang tinggi. Samsung menyediakan fitur blue light filter untuk melindungi mata agar tidak mudah lelah, cocok digunakan saat malam hari menjelang tidur atau membaca buku lewat smartphone. Fitur always-on display tentu juga hadir, menggantikan absennya LED notifikasi untuk memberitahukan adanya pesan baru.

Kamera

Kamera Samsung Galaxy M31

Ketika sedang mengulas sebuah smartphone yang lebih mengutamakan daya tahan baterai, saya tidak menaruh ekspektasi terlalu tinggi untuk hasil kameranya. Meski secara spesifikasi di atas kertas, baik kamera depan maupun belakang Galaxy M31 terlihat cukup mengesankan dengan resolusi yang tinggi.

Kamera depan Galaxy M31 punya resolusi dua kali lebih tinggi di 32MP, dengan bukaan f/2.0 dan dimensi sensor 1/2,8 inci. Sementara di sisi belakang, selain jumlah kameranya yang bertambah, resolusi sensor utamanya juga semakin besar, 64MP f/1.8. Sensor yang digunakan sama seperti salah satu flagship yang rilis resmi di Indonesia, sehingga cukup impresif untuk smartphone Samsung kelas menengah. Selain kamera 8MP f/2.2 ultra wide-angle dan 5MP depth sensor, ditambahkan kamera 5MP f/2.4 untuk foto objek dekat (makro).

Baik kamera depan maupun belakang sanggup merekam video hingga resolusi 4K 30fps. Tapi perlu diingat, fitur stabilisasi video atau EIS hanya tersedia pada resolusi full HD. Fitur HDR aktif secara otomatis, plus ada AI Scene Optimizer untuk meningkatkan hasil foto sesuai jenis objek atau pemandangan yang diambil. Fitur lainnya juga tak kalah lengkap, seperti Live Focus, Bixby Vision, mode profesional, panorama, hyperlapse dan super slow-motion video.

Hasil fotonya bagi saya sudah cukup bagus untuk smartphone di kelasnya. Sensor utamanya berikan foto dengan tone yang cukup berwarna tapi masih terkontrol, alias tidak berlebihan. Hanya saja kamera ultra wide-angle masih terlihat lebih warm. Kamera makro bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto objek kecil atau detil permukaan objek, dan hasilnya cukup baik mengingat resolusinya cukup tinggi di 5MP.

Ketika kondisi cahaya kurang, Samsung memberikan fitur Night Mode di Galaxy M31. Fitur ini tersedia baik untuk kamera depan maupun belakang, sayangnya tidak untuk kamera ultra wide-angle. Dengan proses pengambilan foto beberapa detik, mode ini mampu mencerahkan foto secara signifikan. Hasil foto jadi terang, tapi tetap menunjukkan bahwa foto memang diambil dalam kondisi malam hari, tidak over-exposure. Meski secara detil foto, bukan yang terbaik.

Outdoor, sore hari, sensor kamera utama.
Outdoor, sore hari, kamera ultra wide-angle.
Kondisi kurang cahaya, tanpa night mode.
Dengan night mode, resolusi turun ke 8MP dan sedikit terpotong.

Hasil foto lainnya bisa di-cek pada album berikut ini.

Fitur

Game Booster Galaxy M31

Samsung Galaxy M31 sudah menjalankan Android 10, dengan tampilan antarmuka One UI 2.0. Desain tombol dibuat besar-besar dan mudah diraih meski dengan satu tangan. Kalau kamu sudah pernah menggunakan smartphone Samsung sebelumnya, maka kamu tidak akan merasa kesulitan untuk bernavigasi. Dark mode, pop-up view sampai Dual Messenger tentu hadir, memungkinkan kamu menggunakan dua aplikasi WhatsApp, Facebook maupun Telegram sekaligus.

Samsung memberikan mode Game Booster dengan fitur-fitur menarik yang dapat membantumu mengambil tangkapan layar, membalas notifikasi dan lainnya sembari bermain game. Dan agar kamu bisa lebih fokus bekerja atau belajar ketika di rumah, Samsung menawarkan sebuah fitur yang memudahkan, bernama Focus Mode. Ketika diaktifkan, notifikasi yang masuk akan dibatasi, meminimalisir distraksi dari pesan media sosial. Informasi lebih lengkap mengenai fitur Focus Mode dapat kamu baca lewat tautan berikut ini.

Performa

Sudah menggunakan chipset Exynos 9611 yang dibuat dengan fabrikasi 10nm, menjelajah aplikasi di Samsung Galaxy M31 dapat dilakukan secara cepat dan bebas lag. Hal tersebut juga berkat penggunaan jenis storage UFS 2.1 berkapasitas 128GB, plus kapasitas RAM yang sangat lega di 6GB.

GPU Mali-G72 MP3 juga sanggup memberikan visual yang baik ketika digunakan untuk bermain game sekelas PUBG: Mobile, menawarkan opsi grafis smooth – ultra. Dan ketika digunakan untuk bermain game Mobile Legends, secara default, Galaxy M31 mengaktifkan fitur high framerate 60fps. Sehingga pergerakan yang terjadi selama bermain terlihat lebih halus.

Baterai

Baterai Samsung Galaxy M31

Yang menjadi bintang pada smartphone in adalah kapasitas baterainya. Samsung Galaxy M31 dilengkapi baterai dengan kapasitas 6.000 mAh, bahkan lebih besar dari sang flagship Galaxy S20 Ultra di 5.000 mAh. Selama beberapa minggu penggunaan, susah banget buat saya untuk ngabisin baterai ini dalam sehari.

Mau dipakai nonton Netflix, sesekali main PUBG Mobile, akses media sosial, jadi mobile hotspot ketika koneksi internet rumah gangguan, rata-rata pemakaian konstan di dua hari, sebelum akhirnya baterai mencapai persentase 10%. Samsung memberikan dukungan fast charging 15-watt untuk Galaxy M31. Bukan yang tercepat, dan tentu membuat pengisian daya menjadi cukup lama. Total waktu yang dibutuhkan bisa sampai 3 jam, namun hal tersebut sangat wajar, mengingat kapasitasnya yang memang jumbo.

Kesimpulan

Samsung Galaxy M31

Baterai besar, layar SuperAMOLED buat nonton, kamera bagus, memori lega dan performa yang cukup baik. Kalau semua faktor tersebut dirasa penting bagi kamu yang sedang mencari smartphone Rp3 jutaan, maka Samsung Galaxy M31 jelas cocok untuk dijadikan pilihan. Lewat seri ini, Samsung coba berikan fitur-fitur utama di harga yang semurah mungkin, dengan memotong fitur-fitur penunjang lainnya.

Apa saja? Misalnya, desain yang tidak semenarik Galaxy A-series, sensor fingerprint yang masih konvensional, tidak ada NFC, dan bezel layar yang sedikit tebal dengan penggunaan notch. Jika hal-hal tersebut esensial, kamu dapat memilih Samsung Galaxy A50s ataupun Galaxy A51 yang lebih baru. Tapi kalau dirasa tidak perlu, Galaxy M31 punya processing power yang sama, dengan harga jual yang lebih murah.


Beli smartphone Samsung secara online di:

SHOPEE LAZADA BLIBLI Eraspace JD.ID

 Spesifikasi Samsung Galaxy M31

Samsung Galaxy M31
klik gambar untuk spesifikasi lebih lanjut

Samsung Galaxy M31 cocok untuk kamu yang mencari smartphone dengan fitur esensial lengkap dan bekerja baik.

Beli

Promo Galaxy M31 di Lazada

  • Design

  • Display

  • Camera

  • Performance

  • Features

  • Battery



Source link

Related post

1 Comment

  • untuk brand samsung dengan harga yang tergolong mid to low, smartphone ini sangat rekomended untuk dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *