Hoaks Pertamina Jual BBM Premium ke Industri Lebih Murah

 Hoaks Pertamina Jual BBM Premium ke Industri Lebih Murah

Jakarta, Kominfo – Sebuah konten beredar di media sosial Facebook dengan narasi tentang Pertamina menjual BBM ke industri dengan harga yang jauh lebih murah dibanding ke masyarakat.

Penelusuran fakta yang dilakukan Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menujukkan bahwa Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menegaskan klaim itu salah.

“Jika harga premium pada klaim tersebut belum dikenakan pajak yang antara lain terdiri dari Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB),” jelas Fajriyah Usman sebagaimana dikutip Liputan6.com.

Fajriyah Usman menjelaskan jika harga BBM untuk sektor industri telah dikenakan berbagai pajak tersebut serta ongkos angkut yang harus ditanggung masing masing konsumen atau biasa dikenal dengan harga di titik serah (supply point), maka harga BBM untuk sektor industri lebih mahal dibanding harga BBM yang dijual ke masyarakat.

Berikut laporan sejumlah isu hoaks dan disinformasi yang berhasil diidentifikasi  Tim AIS Kementerian Kominfo, Kamis (07/05/20202):

  1. Akun Polres Magelang Ikut Live Instagram Balap Liar
  2. Indonesia akan Luncurkan Program 1 Suami 2 Istri
  3. Daftar Titik Penutupan Jalan Saat PSBB di Cirebon
  4. Jokowi: “Hukuman Seumur Hidup Bagi Kepala Daerah Mainkan Bantuan Covid-19”
  5. Pertamina Jual BBM Premium ke Industri Lebih Murah Dibandingkan ke Masyarakat
  6. Infografis yang Membandingkan Lambang Negara RRT dengan Logo Surat Presiden RI
  7. Tenaga Medis Covid-19 RSUD Purworejo Ditagih Biaya 150 Ribu Permalam oleh Pemkab Karena Telah Tinggal di Hotel Ganesha
  8. Foto Jalan Dumai ke Sungai Pakning Dipagar

Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *