TERBARU

Kilas balik: ponsel yang merevolusi kamera ponsel, bagian 2

 Kilas balik: ponsel yang merevolusi kamera ponsel, bagian 2

Minggu lalu kami melihat revolusi dalam fotografi diam di dunia ponsel. Minggu ini kami mengalihkan perhatian kami ke gambar bergerak. Kami akan maju cepat melewati hari-hari dengan video berkualitas buruk dan langsung ke hal-hal bagus.

Itu Nokia N93 dari 2006 adalah pertama untuk merekam video berkualitas DVD, yaitu 640x480px dengan 30 frame per detik. Beberapa ponsel lain mengelola video 480p tahun sebelumnya, tetapi hanya pada 15 fps. Ketika sampai pada resolusi kualitas video saja tidak cukup.

Nokia N93

Nokia N93

Itu video 720p pertama direkam oleh nama yang tepat Samsung Omnia HD dari 2009. Tentu, itu hanya mengelola 24 frame per detik, tapi itu … sinematik. Yah, itu lebih berombak daripada sinematik, tapi tetap saja (lihat review kami untuk sampel kamera).

Samsung i8910 Omnia HD

Samsung i8910 Omnia HD

Hal-hal berkembang dengan cepat dan video 1080p pertama ditangkap pada tahun berikutnya oleh LG Optimus 2X. Seperti Omnia, itu melakukannya pada 24 fps atau lebih tepatnya mencoba mencapai 24 fps – kedua ponsel sering jatuh beberapa frame lebih pendek dari tanda itu. Tetap saja, itu adalah demonstrasi hebat dari kekuatan Tegra 2.

LG Optimus 2X

LG Optimus 2X

Segalanya tenang selama beberapa tahun sebelum Catatan Samsung Galaxy 3 tiba di pasar dengan kamera yang bisa merekam video 4K pertama (2160p). Dan itu melakukannya pada 30 fps, chipset Snapdragon 800 yang kuat menjaga frame rate tetap stabil. Catatan: Acer Liquid S2 diumumkan sebelum Note 3, tetapi dijual setelahnya. Kami sedang melihat peluncuran pasar untuk perangkat mana yang menjadi yang pertama.

Catatan Samsung Galaxy 3

Catatan Samsung Galaxy 3

4K tetap menjadi resolusi teratas untuk waktu yang lama. Kemudian ZTE nubia Red Magic 3 tiba pada Mei 2019 dan menembak 8K video pertama. Yah, semacam itu, hanya berhasil pada 15 fps. Sementara Omnia dan Optimus mendapat umpan (24 fps adalah frame rate minimum yang layak), 15 fps hanyalah hak untuk menyombongkan diri.

ZTE nubia Red Magic 3
Xiaomi Mi 10 Pro 5G

ZTE nubia Red Magic 3 • Xiaomi Mi 10 Pro 5G

Tahun berikutnya ponsel Snapdragon 865 pertama muncul dan mereka mengelola 8K pada 30 fps. Ini a video teaser diposting oleh Qualcomm. Milik Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro tersedia di China pada bulan Februari, jadi mereka mendapatkan lencana “pertama”.

Trio Samsung Galaxy S20 tiba pada awal Maret dan memiliki ketersediaan yang lebih luas, tetapi gagal menjadi yang pertama dalam beberapa minggu (juga, versi yang ditenagai Snapdragon dan Exynos dibatasi hingga 8K pada 24 fps).

Itu Nokia Lumia 920 dari 2012 adalah ponsel pertama dengan Optical Image Stabilization. The Finns membuat masalah besar tentang bagaimana memuluskan video genggam dan segera mendapat masalah berpura-pura demo. Ponsel ini benar-benar memiliki OIS, hanya saja tidak sebagus yang diharapkan Nokia (ada juga file skandal terkait dengan foto resmi, itu bukan peluncuran yang mulus).

Nokia Lumia 920
HTC 10

Nokia Lumia 920 • HTC 10

Itu ada di kamera utama, yaitu kamera selfie pertama dengan OIS milik HTC 10. Ini memungkinkan Anda untuk merekam vlog sambil berjalan (dalam resolusi 1080p, kamera utama dapat melakukan 4K). Tidak seperti banyak fitur lain dalam daftar ini, kamera depan dengan OIS tidak cocok (sebenarnya, karena ketebalan ekstra menemukan kamera selfie dengan fokus otomatis adalah perjuangan, apalagi OIS).

Kami belum melihat ponsel pertama yang dapat merekam 8K pada 60 fps, tetapi itu tidak akan lama sekarang – mungkin kita akan melihatnya paling cepat tahun depan. Dan ponsel sudah memiliki frekuensi gambar yang konyol untuk video gerakan lambat – menurut Anda apa yang akan menjadi “pertama” besar berikutnya?

Sebagian besar video yang direkam hari ini berada pada kisaran 24-60 fps. Namun, frekuensi gambar yang lebih tinggi memungkinkan videografer memperlambat waktu dan membuat rekaman yang tampak dramatis. Anda cukup sering melihatnya di film, tetapi pada tahun 2007 seorang pemilik telepon biasa dapat melakukan hal yang sama dengan LG KU990 Viewty, yang merupakan pertama merekam video gerak lambat. Ini menangkap rekaman 120fps pada resolusi 320p, yang dapat diperlambat 4x menjadi 30fps.

LG KU990 Viewty

LG KU990 Viewty

Viewty cukup cepat untuk merekam balon air yang meledak dan memperlambatnya untuk kita nikmati. Faktanya, inilah video yang kami rekam dahulu kala menunjukkan hal itu:

Satu dekade kemudian Sony keluar dengan Xperia Xzs, yang merekam file video slow-mo 960 fps pertama. Pada saat itu ponsel terbaik hanya mampu menghasilkan 240 fps, tetapi kamera Sony Motion Eye mengubah semua itu. Itu adalah sensor pertama yang dimiliki memori bawaan, yang memungkinkannya menyimpan 0,18 detik video 720p secara lokal (chipset pada saat itu tidak cukup cepat untuk memprosesnya secara real time.

Sony Xperia XZs

Sony Xperia XZs

Ini demo yang menampilkan gelembung sabun, balon air, dan lainnya. Sebagian besar dalam waktu nyata, tetapi Anda dapat mengetuk tombol untuk beralih ke mode 960 fps. Ponsel yang lebih modern mengiklankan frekuensi gambar dalam beberapa ribu, meskipun mereka menggunakan interpolasi, jadi kami tidak akan membahasnya.

Yang mencakup dasar-dasarnya adalah evolusi ponsel kamera, tetapi masih banyak lagi yang perlu dibicarakan. Misalnya, kami bahkan belum menyentuh evolusi teknologi fokus otomatis. Dan beberapa dari ponsel ini layak mendapatkan artikel Flashback untuk diri mereka sendiri. Kami akan segera kembali ke sejarah ponsel kamera.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *