Kunci Sukses Nenek Usia 105 Tahun asal Surabaya Sembuh dari Corona COVID-19

 Kunci Sukses Nenek Usia 105 Tahun asal Surabaya Sembuh dari Corona COVID-19



Telkopedia.id, Jakarta – Nenek Kamtin, seorang warga Dusun Gendong, Surabaya berusia 105 sembuh dari virus corona COVID-19. Kabar kesembuhannya itu diumumkan secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Kesembuhan nenek yang lahir pada tahun 1920 itu menyedot banyak perhatian masyarakat. Diketahui, virus corona COVID-19 rentan menyerang orang berusia senja dan yang menderita penyakit lain, seperti penyakit asma dan pernafasan.

“Nenek Kamtin ini seorang survivor COVID-19 tertua di Indonesia,” ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Lantas apa rahasia kesembuhan nenek yang berusia lebih dari seabad itu? Seorang dokter spesialis paru di Rumah Sakit Port Healt Center (PHC), Surabaya, dr. Tjipto Wibowo, SpP yang menangani Nenek Kamtin membeberkan rahasia itu.

“Saya melihat nenek Kamtim berbeda dibandingkan dengan pasien lain yang saya tangani, sebab di usianya yang sudah lebih dari satu abad, dia nampak sangat memperhatikan kebersihan diri, hal tersebut ditunjukkan dengan selalu rutin membersihkan diri secara berkala setiap harinya,” kata Tjipto, seperti dikutip dari Antara.

Pola Makan dan Olahraga

Tak hanya itu, selama perawatan sang nenek juga dikenal selalu menjaga pola makan dan pola istirahat cukup sambil sesekali melakukan olahraga ringan di ruang isolasi.

Tentunya, hal tersebut dilakukan dengan bantuan para tenaga medis yang telah bersiaga selama 24 jam.

Tjipto mengakui, sebelumnya tim medis RS PHC sempat mengalami kesulitan mengingat usia sang pasien COVID-19 ini lebih dari satu abad, sehingga membuat para medis harus bekerja lebih keras dan hati hati dalam merawat pasien.

“Belum lagi kurangnya edukasi jenis penyakit yang diderita pasien, beserta pola penanganannya membuat para tenaga medis harus dengan sabar dan hati-hati memberikan penanganan pada nenek Kamtin,” kata Tjipto, kepada wartawan.

 



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *