TERBARU

Laptop Tipis Bebas Bakteri Harga Rp16 Juta

 Laptop Tipis Bebas Bakteri Harga Rp16 Juta


Pertimbangan untuk memilih sebuah laptop premium dulu dan sekarang mungkin berbeda. Dulu, konsumen mencari yang dimensinya tipis, performa kencang, baterai irit dan sebagainya. Sekarang? Nggak menutup kemungkinan cari yang ‘aman’. Acer Swift 5 Antimicrobial hadir dengan keunggulan yang cukup niche.

Kenapa saya beri tanda kutip pada kata aman? Bukan sekadar aman terkait keamanan data oleh virus digital, tetapi juga virus yang mungkin berterbangan di sekitar kita. Adanya pandemi COVID-19 membuat masyarakat lebih sadar akan kebersihan dan kesehatan, sehingga faktor ini sekarang menjadi lebih penting.

Itulah diferensiasi yang coba dihadirkan oleh Acer, lewat seri Swift 5 Antimicrobial ini. Sudah mengantongi standar platform Intel Evo, laptop premium Acer satu ini sudah punya standar ultrabook terkini. Ditambah dengan permukaannya yang dibuat bebas virus, apakah bakal mengubah penggunaan sehari-hari? Berikut ulasan Acer Swift 5 Antimicrobial (SF514-55TA).

Desain

Di hari pertama saya menggunakan laptop ini, sejujurnya saya merasa tampilannya sendiri kurang premium, atau mencerminkan banderol harga yang diusungnya. Tapi ini menyoal selera, ya. Warna Mist Green-nya sih bagus, tidak mencolok tapi berbeda dari yang lain. Daripada warna silver yang sudah umum, misalnya.

Bagian yang membuatnya terlihat sedikit mewah ada di bagian ujung panel layar atau hinge dari Swift 5 Antimicrobial, yang diberikan aksen warna emas dengan tulisan “Swift 5”. Itu secara tampilan, tapi ketika laptop ini dipegang, langsung bikin kaget karena bobotnya hanya 1 kilogram aja. Enteng banget!

Acer Swift 5 Antimicrobial

Walaupun begitu, materialnya pun masih relatif kokoh. Acer gabungkan material magnesium ultra ringan, lithium dan aluminium untuk berbagai bagian Swift 5 Antimicrobial. Jadi nggak ada masalah ketika saya angkat laptop ini dengan dua jari di salah satu sudut ujungnya.

Ketebalannya pun kurang dari 15mm, membuatnya sangat tipis dan punya tingkat portabilitas tinggi. Kalau ditaruh, memang tidak terlihat tipis—hal tersebut karena bagian hinge membuat layar naik, dan keyboard jadi sedikit terangkat. Berikan kenyamanan ekstra saat digunakan, sekaligus perbaiki sirkulasi udara dari bagian bawah.

Acer Swift 5 Antimicrobial

Lalu bagaimana dengan bagian antimicrobial-nya? Seluruh permukaan mulai dari rangka, keyboard, engsel sampai kaki karet, sudah menggunakan lapisan Silver-Ion. Sudah teruji dapat mereduksi mikrobiologi sampai 99,9%, bahkan digunakan juga di beragam peralatan medis seperti kateter dan kedokteran gigi.

Dengan begitu, Acer Swift 5 Antimicrobial bakal tetap terus higienis selama digunakan. Lapisan Silver-Ion juga tidak mempengaruhi sentuhan keyboard atau touchpad, standar aja, tidak ada bedanya dibandingkan laptop tanpa fitur khusus ini.

Layar

Layar Acer Swift 5 Antimicrobial

Banyak kelebihan dengan satu kekurangan. Acer Swift 5 Antimicrobial punya bentang layar 14 inci full HD IPS dengan rasio 16:9. Bezelnya tergolong sangat tipis, dan menggunakan panel glossy berlapis Gorilla Glass, karena sudah mendukung input sentuh atau touchscreen.

Acer Swift 5 Antimicrobial

Cakupan warnanya cukup baik hingga 100% sRGB, dan bisa menyala cukup cerah sampai 340 nits, sehingga bisa digunakan di luar ruangan bila perlu. Input sentuhnya cukup baik dan sensitif, meski tidak ada bonus tambahan seperti stylus dalam paket penjualannya.

Walaupun berikan keuntungan yang sudah saya sebutkan sebelumnya, hinge atau mekanisme buka tutup layar dari Swift 5 Antimicrobial ini sedikit merepotkan. Kenapa? Karena tidak bisa dibuka dengan satu tangan, tak seperti laptop premium lainnya. Juga tak bisa membuka sampai 180 derajat—nggak begitu masalah sih bagi saya untuk yang satu ini.

Port dan Konektivitas

Port Acer Swift 5 Antimicrobial

Kelengkapan port pada Acer Swift 5 Antimicrobial sama persis dengan Acer Swift 3 yang sudah kami ulas beberapa waktu lalu. Di sebelah kiri, terdapat port DC-in untuk pengisi daya bawaan, HDMI, USB 3.2 type-A dan USB-C yang sudah mendukung Thunderbolt 4. Artinya? Kuat untuk mentenagai monitor eksternal hingga resolusi 8K sekalipun.

Acer Swift 5 Antimicrobial

Sementara di sebelah kanan terdapat Kensington Lock, USD 3.2 type-A, audio combo jack dan indikator pengisian daya serta power. Saya berharap, setidaknya ada satu lagi port USB-C tambahan di bodi samping Acer Swift 5 Antimicrobial ini, supaya masih bisa menyambungkan perangkat lain ketika menggunakan port satu-satunya untuk mengisi daya. Tanpa ada slot SD card pun tidak apa, deh.

Keyboard laptop ini sendiri nyaman, dengan travel key layaknya laptop normal yang lebih tebal. Ada lampu backlit untuk keyboard, namun sayangnya hanya satu tingkatan, dan tidak bisa menyala otomatis. Touchpad-nya pun nyaman dengan Windows Precision driver, dan tombol power di ujung kanan atas bebas dari kejadian kepencet.

Performa

Acer Swift 5 Antimicrobial

Sangat kencang. Acer Swift 5 Antimicrobial yang saya ulas kali ini merupakan varian tertinggi, menjalankan prosesor terbaru dari Intel yaitu Core i7-1165G7, alias sudah generasi ke-11. Dipasangkan dengan RAM 16GB LPDDR4x dual-channel (on-board, ya, alias tidak bisa diganti), serta penyimpanan SSD PCIe Gen3 NVM3 berkapasitas 512GB.

Prosesor tersebut memiliki CPU dengan arsitektur quad-core, masing-masing berjalan pada clock speed dasar 2,8GHz. Sementara untuk GPU-nya, dipercayakan kepada Intel Iris Xe yang sudah terdedikasi. GPU ini sudah cukup mumpuni untuk menjalankan beberapa judul gim mainstream di laptop, termasuk editing video.

Skor PCMark Acer Swift 5 Antimicrobial

Dan sama seperti laptop Acer yang kemarin saya ulas, Swift 5 Antimicrobial juga bebas dari suhu panas maupun suara putaran kipas mengganggu, mau sebanyak apapun aplikasi atau tab peramban (browser) yang saya akses. Anginnya dihembuskan dari bagian bawah serta belakang, jadi ada baiknya untuk tidak menggunakannya di atas permukaan seperti tempat tidur (kalau sedang dipakai kerja berat).

Skor CrystalDiskMark Acer Swift 5 Antimicrobial

Tentu saja, performa yang terjaga juga berkat pemenuhan standar Intel Evo. Dengan begitu, laptop ini dijamin punya fitur terbaik seperti daya tahan baterai panjang, konektivitas terbaik (sudah mendukung Wi-Fi 6), waktu nyala (dari sleep) kurang dari satu detik dan performa terjaga. Sudah sangat sesuai dengan harga yang dibanderolnya.

Fitur Lain

Acer Swift 5 Antimicrobial

Untuk ukuran laptop dengan harga premium, kualitas webcam-nya bisa dibilang sekadar oke. Sudut pandang cukup lebar dengan resolusi 720p, mendukung super high dynamic range atau SHDR. Dua speaker di bawah juga bisa mengeluarkan output audio berkualitas. Sayangnya, tergolong sedikit kurang lantang.

Dengan teknologi Acer Purified Voice technology, kualitas dua mikrofonnya cukup baik untuk keperluan Zoom meeting. Noise di sekitar bisa diredam, sehingga tak perlu gunakan aksesoris tambahan seperti earphone.

Sementara bloatware atau aplikasi bawaan Acer cukup simpel, namun bermanfaat. Acer Care Center bisa dimanfaatkan untuk lakukan pengecekan baterai, atau berikan limit maksimum isi daya 80% (demi perpanjang masa pakai). Sementara Acer Quick Access bisa atur profil performa (minim suara atau performa maksimal) dan lainnya.

Baterai

Irit, tapi tidak mendekati klaim yang diberikan oleh Acer. Fenomena ini sejatinya sudah cukup umum, setidaknya Acer Swift 5 Antimicrobial sudah bisa digunakan seharian penuh tanpa perlu isi daya. Lagi-lagi, tergantung penggunaan masing-masing.

Kapasitas baterainya memang cukup besar mencapai 56Wh (4-cell). Acer sendiri tak sebutkan durasi pemakaian 17 jam itu dengan penggunaan seperti apa. Namun untuk aplikasi kantor dan browser, menggunakan mode battery saving dengan brightness menyala terang, bisa tahan 11 – 12 jam untuk penggunaan ala saya. Laptop ini pun sudah mendukung pengisian daya USB Power Delivery 65W lewat port USB-C.

Sayangnya, pengisi daya bawaan punya ukuran yang cukup besar. Namun terkadang masih saya pakai, terutama ketika membutuhkan port USB-C yang hanya satu untuk keperluan sambungan lainnya. Sementara pengisian daya 30 menit diklaim bisa digunakan hingga 4 jam.

Kesimpulan

Acer Swift 5 Antimicrobial

Layak atau tidaknya Acer Swift 5 Antimicrobial bergantung pada seberapa besar pentingnya diferensiasi yang dibawa. Perlukah sebuah laptop yang punya lapisan permukaan bebas bakteri? Bila iya, silakan membeli laptop ini.

Secara keseluruhan, fitur yang dibawa punya nilai yang seimbang 8/10. Kecuali beberapa bagian seperti speaker yang kurang lantang dan mekanisme layar yang tak bisa dibuka dengan satu tangan. Namun harganya tergolong lebih mahal bila dibandingkan laptop spesifikasi setara tanpa material Silver-Ion.

Sebagai informasi, hingga 30 April 2021, Acer sedang mengadakan promo special extended warranty selama tiga tahun, termasuk layanan servis dan suku cadang untuk setiap pembelian Acer Swift 5 Antimicrobial. Berlaku untuk pembelian di situs resmi Acer e-store serta beberapa toko resmi di e-commerce Blibli, JD.ID, Shopee, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak.

Review Acer Swift 5 Antimicrobial

8.5 / 10
Reviewer

{{ reviewsOverall }} / 10
Users
(0 votes)

Pros

– Diferensiasi menarik bebas bakteri
– Layar berkualitas, mendukung input sentuh
– Tipis dan ringan
– Baterai tahan lama
– Performa terjaga

Cons

– Tanpa disertai slot kartu SD
– Hanya ada satu port USB-C
– Tak bisa dibuka dengan satu tangan

Summary

Untuk Gizmo friends yang mencari laptop premium dengan sebuah fitur yang beda seperti lapisan Silver-Ion, Acer Swift 5 Antimicrobial bisa jadi pilihan terbaik bila juga concern dengan kesehatan dan kebersihan.

User review

Kirim review kamu

Order by:

Be the first to leave a review.

User AvatarUser Avatar

{{{ review.rating_title }}}

{{{review.rating_comment | nl2br}}}

This review has no replies yet.

Avatar

Show more

Show more


Spesifikasi Acer Swift 5 SF514-55TA

Acer Swift 5 Antimicrobial SF514-55TA
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General


Device Type
Laptop

Model / Series
Acer Swift 5 SF514-55TA

Released
08 Desember, 2020

Status
Available

Price
Rp16.499.000 (i5), Rp23.499.000 (i7)

Platform


Processor
Intel® Core™ i7-1165G7/i5-1135G7

VGA (Graphic Card)
Intel Iris Xe

RAM (Memory)
8/16GB onboard LPDDR4x dual-channel

Storage
512GB NVMe PCIe SSD

Operating System
Windows 10 Home

Body


Dimensions
318.9 (W) x 207 (D) x 14.95 (H) mm

Display
LCD 14″ display with IPS (In-Plane Switching) technology, Full HD 1920 x 1080, high-brightness (340 nits) Acer ComfyViewTM LED-backlit TFT LCD, supporting multi-touch, 100% sRGB

Battery
56Wh, up to 15 hours
65W AC adapter
Support USB-C charging

Connectivity


Webcam
720 HD webcam

Bluetooth
5.1

Wi-fi
802.11 ac

NFC

I/O Interface
Audio Jack Combo 3.5mm
2 USB 3.2 Gen 1 Type-A
1 Type-C USB 3.1 Gen 2 (Thunderbolt 4)
HDMI port
Kensington Lock
DC in

Other


Audio
Stereo speakers (down-firing)

Features
Backlight Keyboard (Single-Color, White)
Fingerprint reader
Antimicrobial panel (Silver-Ion)



Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *