TERBARU

Lebih Canggih, Spesifikasi Oke Harga Rp4,9 juta

 Lebih Canggih, Spesifikasi Oke Harga Rp4,9 juta


Mengawali tahun 2021, OPPO Indonesia langsung tancap gas dengan memperkenalkan dua seri OPPO Reno5 sekaligus. Keduanya hadir dengan desain identik dan mengunggulkan fitur kamera, hanya saja satu varian lainnya sudah mendukung konektivitas 5G. Namun tak lantas membuat varian 4G-nya jadi kurang menarik.

Hadir sebagai penerus dari seri Reno4, OPPO Reno5 kini fokus kepada peningkatan fitur video. Tren perekaman video memang sudah jauh meningkat dibandingkan tahun lalu, di mana platform berbagi video seperti Instagram, TikTok dan YouTube kini cukup mendominasi. Maka sangat wajar bila OPPO Indonesia targetkan konsumen dengan kebutuhan tersebut.

Secara keseluruhan, peningkatan yang dibawa tidak terlalu banyak, namun cukup signifikan dan mungkin bisa membuat pemilik seri sebelumnya upgrade ke OPPO Reno5. Terlebih harga yang dibanderol pun sama dengan seri sebelumnya yaitu Rp4,99 juta Apakah smartphone ini layak menjadi pilihan Gizmo friends? Berikut ulasan lengkapnya.

Desain

Secara tampilan luar, OPPO Reno5 terlihat sama persis bila dibandingkan dengan seri Reno4 dan Reno4 Pro sekalipun. Kalau memang bagus, kenapa harus diganti bukan? Alih-alih mengubah sudut lengkung maupun bentuk, OPPO memilih untuk tingkatkan varian warna yang ada pada smartphone terbarunya ini, dengan teknik pewarnaan Reno Glow.

Ada dua varian warna yang ditawarkan untuk OPPO Reno5; Starry Black dengan finishing glossy, serta Fantasy Silver yang menjadi hero color. Khusus untuk opsi warna kedua, bodi belakangnya lebih tebal 0,1mm. Hal tersebut karena OPPO benamkan total enam lapisan khusus, untuk membuat bodi belakangnya bisa pancarkan tujuh warna dasar yang berubah-ubah sesuai pencahayaan.

OPPO Reno5

Finishing warna Fantasy Silver adalah matte, meski sedikit licin, tidak mudah membekas sidik jari. Kombinasi yang pas, menarik perhatian namun juga tidak terlalu mencolok. Bobotnya juga masih tergolong ringan di 171 gram. Dengan menggunakan soft case bawaan pun, masih terlihat tipis dibandingkan smartphone lain sekelasnya.

Oh ya, material bodi belakangnya gunakan bahan plastik polikarbonat, ya. Mungkin supaya bobotnya bisa tetap terjaga. Masih terasa cukup kokoh, kok.

Sambil membaca ulasannya, kamu juga bisa menonton video live unboxing OPPO Reno5 di bawah ini ya

Layar

Bagian depan smartphone ini didominasi oleh layar berdimensi 6,4 inci, gunakan panel AMOLED beresolusi full HD+. Sama seperti generasi sebelumnya, sensor sidik jari sudah dibenamkan di bawah layar, memiliki tingkat akurasi yang tinggi serta sangat responsif. Lalu apa yang ditingkatkan dari seri sebelumnya?

OPPO Reno5 kini mendukung refresh rate mencapai 90Hz, dengan touch sampling rate 180Hz. Dengan begitu, konten yang biasa kita gulirkan secara vertikal seperti aplikasi media sosial bakal terlihat lebih halus pergerakannya. Rasio layar ke bodinya mencapai 91,7%.

Layar OPPO Reno5

Pengguna bebas memilih karakter layar berwarna menggunakan standar P3, atau lebih netral dengan standar sRGB. Untuk proteksi layar, selain terpasang lapisan antigores, OPPO juga berikan perlindungan Corning Gorilla Glass 5 pada bagian depannya. Sementara untuk perlindungan mata pengguna, dibenamkan teknologi SGS Eyecare Display agar dapat mengurangi emisi cahaya biru.

Menikmati konten dari layar OPPO Reno5 terasa sangat nyaman, juga saat smartphone diletakkan di meja. Layar ini dapat tampilkan always-on display yang kaya akan kustomisasi, ditambah efek edge lighting tiap kali ada pesan atau panggilan masuk. Ukuran kamera depannya pun tergolong kecil, dan kali ini hanya ada satu saja.

Kamera

Kamera OPPO Reno5

OPPO Reno5 tetap gunakan desain kamera yang sama persis, dengan setup AI Quad Cam di bodi belakangnya. Perbedaan terletak di sensor yang digunakan, beserta dengan teknologi software yang membawa serangkaian fitur baru. Dimulai dari sensor utamanya.

OPPO Reno5 dilengkapi dengan sensor 64MP f/1.7, belum dilengkapi dengan OIS. Selain itu, terdapat tiga sensor yang spesifikasinya identik dengan Reno4; 8MP ultra wide-angle f/2.2, 2MP macro dan 2MP mono sensor. Sensor terakhir hadir untuk sempurnakan fitur AI pada foto dan videonya, yang bakal saya bahas belakangan.

Kamera depannya kini hanya satu, namun juga meningkat secara resolusi, yaitu 44MP f/2.4. Untuk mode foto, baik kamera depan maupun belakang dilengkapi fitur AI Scene Recognition untuk tingkatkan kualitas foto berdasarkan pendeteksian objek di dalam frame. Mode malam pun disediakan. Khusus kamera belakang, pengguna bisa ambil foto 64MP maupun 108MP lewat mode Ultra HD.

Dengan ColorOS versi terbaru, kini mengganti frame dan mengatur timer jauh lebih mudah, cukup geser ke bawah dari viewfinder. Sementara di bagian pengaturan, terdapat fitur untuk berikan notifikasi apabila kaca kamera terdeteksi kotor, plus opsi untuk akses kamera langsung lewat menekan volume bawah dua kali.

Bagaimana dengan hasil fotonya? Kalau boleh jujur, saya tidak merasa ada banyak peningkatan dari sisi kualitas. Namun jangan salah tafsir ya, karena memang kamera OPPO Reno4 sudah tergolong bagus di kelasnya, meningkat jauh dari generasi sebelumnya.

Hasil foto tergolong tajam di berbagai kondisi pencahayaan. Fitur HDR juga bekerja dengan baik untuk meratakan bagian shadow maupun cahaya yang biasanya over-exposure. Reproduksi warnanya yang sedikit berubah, kini terlihat lebih akurat dengan kondisi asli, tidak over-saturated.

Perbedaan yang cukup signifikan saya temukan saat menggunakan sensor ultra wide-angle. Hasil fotonya tetap lebar, tapi pada saat yang sama, distorsi di keempat pinggir frame terlihat sangat minim. Dengan begitu, objek yang berada di pinggir tidak signifikan berubah bentuk. Foto bisa lebih leluasa tanpa takut distorsi.

Hasil foto lengkap OPPO Reno5 bisa diakses pada album Google Photos berikut ini.

Menggunakan sensor ultra-wide, minim distorsi.
Sensor utama, uji kemampuan HDR.

 

Sensor utama, indoor cahaya berlimpah.
Menggunakan mode potret.

 

Sensor utama, cahaya gelap pekat.
Menggunakan mode malam (Ultra Dark Mode)
Kamera depan, uji kemampuan HDR.
Kamera depan, menggunakan mode malam (Ultra Dark Mode).

Yang diunggulkan OPPO lewat Reno5 adalah hasil perekaman videonya. Fitur utama yang dibangga-banggakan pada saat peluncuran adalah AI Highlight Video. Lewat akses satu tombol saja, fitur tersebut bakal hasilkan dua efek sesuai dengan kondisi pencahayaan; Live HDR dan Ultra Night Video. Efeknya akan langsung nampak secara real-time.

Hasilnya, menurut saya, cukup spektakuler. Mengingat OPPO bisa bawa fitur yang pada umumnya tersedia hanya untuk mode foto, kini hadir untuk perekaman video. Secara langsung pula, dengan chipset yang notabene bukan flagship. Efek ini juga tersedia untuk kamera depan, meski hasilnya jauh lebih tidak terasa.

Ada juga dua fitur menarik lainnya yang khusus untuk video, yaitu AI Mixed Portrait dan Dual-view Video. AI Mixed Portrait bisa gabungkan dua video sekaligus; video latar atau pemandangan, serta video manusia sebagai objek. Nantinya kedua video tersebut bakal digabung, hasilkan efek siluet yang belum pernah terlihat di smartphone lain sebelumnya.

Sementara Dual-view Video sendiri sudah mulai banyak diimplementasikan smartphone lain, mungkinkan pengguna rekam video dari kamera depan dan belakang sekaligus. Hanya saja, punya OPPO lebih variatif, dimana kita bisa atur layout 50:50, bulatan atau kotak kecil yang bisa dipindah ke seluruh sisi frame.

Fitur-fitur video ini bakal saya ulas di video terpisah. Jadi ditunggu saja ya, yang pasti jadi daya tarik yang sangat menarik untuk OPPO Reno5.

Fitur

ColorOS 11 OPPO Reno5

OPPO Reno5 menjadi smartphone pertama yang jalankan ColorOS 11.1, menggunakan basis Android 11. Bila dibandingkan dengan ColorOS 7, versi tampilan antarmuka terbaru dari OPPO ini jauh lebih sederhana dan nyaman di mata. Dengan segudang fitur kostumisasi yang tersimpan rapih.

Ada menu tersendiri untuk mengatur bentuk ikon, font hingga tampilan always-on display yang sama sekali tidak membingungkan. Dan sama seperti Reno4, smartphone ini juga tetap punya fitur seperti Smart AirControl yang mungkinkan pengguna angkat telepon maupun gulirkan tampilan Instagram hanya lewat gerakan tangan di depan kamera, meski kamera hanya satu.

Buat kamu yang berada di kota besar, maka bakal mengapresiasi kehadiran NFC di OPPO Reno5. Yes, akhirnya ada, jadi bisa cek sampai top-up saldo kartu e-money kamu. Yang sedikit disayangkan menurut saya, adalah absennya setup speaker stereo. Speaker bawahnya udah cukup keras dan berkualitas, sih, cuma sayang aja mengingat layarnya sudah tergolong baik.

Performa

Masih gunakan chipset yang sama, OPPO Reno5 diotaki dengan chipset dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 720G. Memang sudah cukup bertenaga, dengan arsitektur CPU octa-core hingga 2,3GHz plus fabrikasi 8nm yang hemat daya. OPPO bekerja sama dengan Qualcomm untuk memaksimalkan seluruh potensi cip tersebut.

Dan memang, selama penggunaan, OPPO Reno5 terasa mulus-mulus saja dalam berbagai skenario. Dibantu dengan RAM 8GB plus penyimpanan internal yang luas di 128GB, proses multitasking pun berjalan dengan lancar. Awalnya saya pesimis bila seluruh fitur video yang baru hadir, experience-nya bakal terhambat berkat cip yang sama.

Nyatanya efek AI Highlight Video terjadi secara real-time, dan penyimpanannya pun terjadi cukup instan. Mungkin beberapa kali saat setelah pengambilan foto, masih memerlukan proses 1-2 detik. Sisanya aman-aman saja, termasuk bermain gim berlama-lama tanpa takut muncul panas yang berlebih. Hanya jangan harap bisa gunakan setting grafis rata kanan ya.

Baterai

Bagian ini merupakan salah satu yang paling menarik dari OPPO Reno5. Kapasitas baterainya memang bukan yang terbesar, meski sudah ditingkatkan dari generasi sebelumnya. Dengan baterai 4,310 mAh, saya bisa menggunakan smartphone ini dengan intensif seharian penuh. Bila penggunaan lebih santai, bisa sampai 1,5 hari dengan screen on-time 5 jam.

Itu berarti, OPPO mampu optimalkan kapasitas baterai, perangkat lunak serta penggunaan chipset-nya dengan maksimal. Baterai mulai habis? Inilah bagian yang menyenangkan; OPPO Reno5 kini mendukung pengisian 50W Flash Charge. Mengisi dari 7% ke 85% hanya perlu waktu 30 menit saja.

Sementara pengisian sampai 100% butuh waktu sekitar 48 menit, sesuai klaim dari OPPO. Yang menyenangkan lagi, smartphone ini mendukung protokol SuperVOOC Qualcomm Quick Charge 2.0 dan Power Delivery 15W, jadi bakal tetap cepat dengan charger lain. Bahkan OPPO berikan charger SuperVOOC 65W dalam paket penjualannya.

Tidak lupa, OPPO berikan proteksi berlapis mulai dari proteksi internal 5 lapis, hingga sertifikasi dari TUV Rheinland. Juga fitur tambahan dari ColorOS, seperti sleep standby optimization yang bisa hemat konsumsi baterai pada jam tidur. Serta optimized night charging yang mengurangi potensi overcharge saat colok ke charger semalaman.

Harga OPPO Reno5 di Indonesia

OPPO Reno5 tersedia dalam dua pilihan warna: Fantasy Silver dan Starry Black. Kedua varian warna OPPO Reno5 tersebut dijual dengan harga resmi Rp4,999 juta. OPPO Reno5 dapat dipesan di Indonesia secara daring ekslusif di situs Shopee. Sedangkan untuk pembelian secara luring tersedia pada jaringan toko OPPO Store di Indonesia mulai 13 hingga 21 Januari 2021.

Secara khusus OPPO menggelar flash sale di Shopee pada tanggal 12 Januari 2021 pada pukul 21.00 hingga 23.59 WIB. Pada flash sale ini, konsumen akan mendapatkan tambahan limited 3-in-1 Giftbox. Sementara untuk penjualan perdana perangkat ini akan dimulai tanggal 22 Januari 2021 dengan berbagai tambahan dan program menarik lainnya.

Kesimpulan

Kelengkapan OPPO Reno5

Dengan harga yang sama persis seperti generasi sebelumnya, OPPO Indonesia lagi-lagi berikan gebrakan yang cukup masif lewat kehadiran OPPO Reno5. Dengan beragam fitur baru menarik yang dibawa, saya pun masih bakal rekomendasikan smartphone ini meski perilisannya lebih mahal.

Bisa dibilang, smartphone ini memiliki seluruh fitur esensial bernilai baik. Layar AMOLED 90Hz, baterai irit, 50W Flash Charge, setup kamera berkualitas. Masih ditambah dengan fitur video canggih serta NFC. OPPO Reno5 cocok untuk berbagai kalangan, baik kreator konten, anak muda hingga mereka yang cari smartphone dengan desain premium.

Review OPPO Reno5

8.7 / 10
Reviewer

{{ reviewsOverall }} / 10
Users
(0 votes)

Pros

– Desain tipis dan ringan
– Kualitas kamera baik
– Fitur video sangat lengkap
– Pengisian daya kencang & fleksibel

Cons

– Belum dilengkapi setup speaker stereo
– Chipset bukan yang paling bertenaga

Summary

Sempurnakan generasi sebelumnya dengan harga jual yang masih sama, OPPO Reno5 tentu bakal lebih mudah untuk direkomendasikan sebagai smartphone pilihan di harga kisaran Rp5 juta, kini sudah dengan NFC dan pengisian daya lebih kencang.

Review menurut pengguna


Tulis review kamu


Order by:

Be the first to leave a review.

User AvatarUser Avatar

{{{ review.rating_title }}}

{{{review.rating_comment | nl2br}}}

This review has no replies yet.

Avatar

Show more

Show more


Cek harga smartphone OPPO di:

BLIBLI SHOPEE  LAZADA JD.ID


Spesifikasi OPPO Reno5

OPPO Reno5
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General


Device Type
Smartphone

Model / Series
Oppo Reno5

Released
12 Januari, 2021

Status
Coming Soon

Price
Rpx.x99.000

Platform


Chipset
Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8nm)

CPU
Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)

GPU
Adreno 618

RAM (Memory)
8 GB

Storage
128 GB

External Storage
Up to 256GB (dedicated slot)

Operating System
Android 11

User Interface
ColorOS 11.1

Design


Dimensions
159.1 x 73.3 x 7.7mm (/7.8mm Fantasy Silver)

Weight
171 gram

Design Features
Polycarbonate (back)
Gorilla Glass 5 (front)
Warna: Fantasy Silver, Starry Black

Battery
4.310 mAh
50W Flash Charge
Backward compatible (SuperVOOC, QC 2.0, PD 15W)

Network


Network Frequency
GSM / HSPA / LTE

SIM
Dual-SIM

Data Speed
HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A

Display


Screen Type
Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors

Size and Resolution
6.4″, full HD+ 2400×1080 pixels (409 ppi)

Touch Screen
Capacitive Touchscreen

Features
Gorilla Glass 5
Single punch hole camera
90Hz refresh rate
180Hz touch sampling rate
SGS Eye Care

Connectivity


Wi-fi
WLAN 2.4G / WLAN 5.1G / WLAN 5.8G, WLAN Display

Bluetooth
5.0, A2DP LE

USB
2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go

GPS
Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

HDMI
No

Wireless Charging
No

NFC

Infrared
No

Smartphone Features


Multimedia Features
– Three fringer translate with Google
– Gaming shortcut mode
– Bullet screen message

FM Radio
Yes

Web Browser
HTML 5

Messaging
SMS, MMS, Online

Sensors
Fingerprint (Hidden Fingerprint Unlock 3.0), accelerometer, gyro, proximity, compass

Disclosure: artikel ini merupakan kerja sama dengan OPPO Indonesia



Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *