LG Wing Hadir dengan Layar Putar & Kamera Gimbal

 LG Wing Hadir dengan Layar Putar & Kamera Gimbal


Produsen elektronik asal Seoul, LG Electronics baru saja meluncurkan sebuah smartphone Android baru dengan desain yang, bisa dibilang tidak biasa atau revolusioner. Hal tersebut datang dengan cukup mengagetkan, mengingat beberapa tahun belakangan, LG memutuskan untuk merilis smartphone dengan desain konvensional, dengan terakhir memperkenalkan LG Velvet.

Jalur tersebut ditempuh LG seolah tidak ingin mengulang kegagalan yang dibawa oleh LG G5 series dengan desain modular, empat tahun lalu. Namun ternyata, kini LG kembali ingin bereksperimen, merilis smartphone jenis baru dengan perkenalkan LG Wing. Berbeda dengan yang sudah ada di pasaran, perangkat ini punya dua layar, dimana salah satunya dapat diputar 90 derajat.

Lewat sebuah acara peluncuran daring, LG menyampaikan jika mereka telah membentuk sebuah tim atau proyek baru, bernama LG Explorer Project. Dengan tim ini, LG akan mencoba untuk terus bereksperimen, merilis smartphone futuristik dengan desain dan pengalaman penggunaan yang baru. LG Wing adalah proyek pertama mereka.

Baca juga: Samsung Buka Pre-order Galaxy Z Fold2, Harga Rp30 Jutaan

Spesifikasi LG Wing, Punya Dua Layar OLED

Jika dilihat dari luar, LG Wing memang terlihat seperti smartphone premium pada umumnya. Di depan, terdapat layar 6,8 inci P-OLED FullVision bebas hambatan, berkat penggunaan kamera depan mekanisme pop-up beresolusi 32MP. Inovasi baru terasa ketika layar utama ini diputar 90 derajat, yang kemudian muncul layar sekunder 3,9 inci G-OLED di dalamnya.

Yang cukup mengesankan, LG tetap dapat menyematkan in-display fingerprint sensor di layar utama. Ketika pengguna sedang menggunakan LG Wing dalam Swivel Mode, mereka dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus bebas hambatan. LG bekerja sama dengan beberapa pengembang aplikasi untuk memanfaatkan mode ini, seperti peramban NAVER Whale, YouTube maupun Tubi.

Dengan Swivel Mode, kita bisa menonton video dengan layar penuh, namun tetap memegang smartphone LG Wing dalam orientasi potret. Cukup banyak use case yang ditampilkan oleh LG ketika merilis perangkat ini, meskipun beberapa di antaranya agak tidak perlu seperti menerima telepon sembari bernavigasi, yang juga sebenarnya tidak memerlukan adanya dua layar independen.

Namun yang patut diacungi jempol adalah bagaimana LG memastikan bahwa perangkat ini dirancang kuat dan reliabel untuk penggunaan jangka panjang. Miliki bobot 260 gram, mekanisme putar layarnya telah diuji sehingga tetap aman setidaknya untuk 200 ribu proses putar. Lolos 9 poin uji MIL-STD 810G, LG Wing aman meski jatuh dalam ketinggian hingga 1,2 meter sekalipun.

Chipsetnya sama dengan LG Velvet, gunakan Qualcomm Snapdragon 765G dan dipasangkan dengan RAM 8GB plus memori penyimpanan 128/256GB. Kapasitas baterainya 4,000 mAh dengan dukungan Quick Charge 4.0+. Dan walaupun punya mekanisme pop-up, LG Wing bisa mengantongi sertifikasi IP54 tahan percikan air dan debu.

LG Wing Juga Punya Sistem Kamera Gimbal

Terdapat tiga sensor kamera di bodi belakang LG Wing. Uniknya, sensor yang dimiliki adalah sensor utama dan dua sensor ultra-wide. Sensor utama punya resolusi 64MP f/1.8, lalu ada 13MP ultra-wide f/1.9 dan 12MP ultra-wide “Big Pixel” f/2.2. Salah satu sensornya dirancang khusus untuk merekam video dalam Swivel Mode.

Memanfaatkan enam sensor pendeteksi gerakan, LG Wing dilengkapi mode stabilisasi gimbal khusus, lengkap dengan mode panning sampai mengarahkan sensor kamera ke empat sudut dengan joystick virtual dari layar sekundernya. Juga ada mode dimana pengguna dapat merekam video dari dua sisi sekaligus, depan dan belakang, mirip seperti fitur yang diperkenalkan HMD Global pada smartphone Nokianya.

LG belum memberikan informasi detil mengenai harga dari perangkat dengan desain yang cukup revolusioner ini, termasuk tanggal pastinya kapan tersedia di pasaran. Hanya saja LG Wing bakal hadir ke pasar Amerika Serikat terlebih dahulu, bekerja sama dengan Verizon, dilanjut dengan AT&T dan T-Mobile.

Nantinya, lewat LG Explorer Project, LG bakal perkenalkan smartphone dengan desain berbeda lainnya agar dapat menciptakan sebuah gebrakan baru di masa dimana smartphone lain hanya hadir dengan perubahan desain minor. Saat peluncurkan LG Wing sendiri, di akhir video terlihat sebuah teaser sebuah perangkat yang menggunakan mekanisme slider. Keberanian LG patut diacungi jempol, karena berani membuat sesuatu yang berbeda dan tidak asal main aman.



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *