macOS Big Sur Resmi Dirilis, Bawa Fitur Baru & Peningkatan Keamanan

 macOS Big Sur Resmi Dirilis, Bawa Fitur Baru & Peningkatan Keamanan


Setelah mengadakan acara perilisan lini komputer Mac baru dengan chipset Apple M1, Apple kemudian meresmikan versi perangkat lunak Mac baru mereka, yaitu macOS Big Sur. Sistem operasi terbaru ini sudah diperkenalkan bersamaan dengan iOS 14 dan iPadOS 14, hadir dengan fitur baru dan user interface yang disempurnakan.

Dioptimalkan untuk Apple M1, macOS Big Sur juga tetap hadir untuk lini MacBook Pro, MacBook Air, Mac Mini dan iMac lain yang masih gunakan chipset dari Intel. Beragam peningkatan hadir mulai dari peramban Safari yang lebih canggih, fitur pada aplikasi perpesanan dan peta, hingga fitur keamanan yang ditingkatkan, lebih transparan saat akses data pengguna.

Secara user interface, perubahan yang dihadirkan di macOS Big Sur sebenarnya tak terlalu signifikan, namun cukup banyak hal-hal kecil yang berubah mulai dari palet warna yang digunakan hingga sudut-sudut ikon maupun elemen di dalamnya.

Baca juga: iOS 14.2 & iPadOS 14.2 Bawa Lebih dari 100 Emoji Baru

macOS Big Sur Bawa Control Center dari iOS

Yang paling signifikan adalah hadirnya Control Center baru, dibuat familiar terutama bagi mereka yang gunakan iPhone maupun iPad. Pengguna bisa mengakses fitur seperti Do Not Disturb, konektifitas Wi-Fi dan lainnya, sampai kecerahan lampu latar papan ketik langsung dari sini. Semuanya tersusun rapih dan terlihat lebih modern daripada daftar berbasis teks di software versi sebelumnya.

Pusat notifikasi juga diperbarui dan dibuat lebih interaktif, disatukan dengan widgets yang terlihat identik dengan iOS 14. Hal ini akan sangat memudahkan pengguna yang memang gunakan ekosistem perangkat Apple, sehingga punya pengalaman yang konsisten di beragam jenis perangkat. Elemen lain seperti warna dan jenis tombol juga dibuat lebih konsisten.

Selain tampilan, Apple juga perbarui peramban Safari pada macOS Big Sur, paling signifikan sejak pertama kali rilis di tahun 2003. JavaScript engine-nya dapat membuka situs yang biasa diakses lebih cepat 50% dibandingkan Google Chrome. Sementara pada Mac baru dengan Apple M1, kecepatannya 1,5 kali lebih kencang dan 2 kali lebih responsif. Bawa dukungan 4K HDR untuk situs streaming seperti YouTube dan Netflix.

Tampilan awal (start page)-nya juga bisa dibuat lebih personal dengan background image yang bisa diganti, plus Reading List dan iCloud Tabs. Dan dengan fitur terjemah built-in, Safari dapat menerjemahkan tujuh bahasa secara langsung. Tampilan daftar tab juga dibuat lebih simpel dengan tampilan pratinjau lebih baik.

Utamakan Privasi Data, macOS Big Sur Sudah Bisa Diunduh

Privasi data macOS Big Sur

Fitur pada aplikasi Messages juga disamakan agar lengkap seperti iOS 14, di mana pengguna dapat membuat Memoji langsung dari perangkat Mac mereka. Dan pada akhir tahun nanti, Mac App Store bakal tampilkan secara jelas, data-data apa saja yang diakses dari masing-masing aplikasi yang bakal diunduh, secara mudah dan terinspirasi dari tampilan label nutrisi pada kemasan makanan.

Pembaruan perangkat lunak macOS Big Sur sudah tersedia mulai hari ini, dan pengguna Mac dapat mengunduhnya langsung secara gratis. Mengingat ini adalah major update, pastikan daya baterai cukup dan koneksi internet lancar ya.

macOS Big Sur tersedia untuk iMac 2014 ke atas, MacBook Air 2013 ke atas, MacBook Pro 2013 ke atas, MacBook 12 dan beberapa rilisan Mac Pro, iMac Pro dan Mac mini. Untuk daftar lengkapnya, Gizmo friends dapat melihatnya pada bagian bawah halaman resmi berikut ini.



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *