Mengenal Lebih Jauh E-Wallet Beserta Manfaatnya

Dompet elektronik di berkembang pesat era digital seperti sekarang ini, artinya dompet digital untuk menyimpan uang, melakukan pembayaran secara elektronik, dan mencatat setiap transaksi yang dilakukan.

Dompet digital ini berbentuk aplikasi yang memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi lebih cepat, baik offline maupun online.

Kehadiran dompet elektronik sendiri dinilai mampu memberikan pengaruh positif dalam kehidupan sehari-hari. sistem, pengguna dapat memasukkan sejumlah uang ke dalam akun e-wallet.

Selanjutnya dana tersebut dapat langsung digunakan untuk berbelanja di merchant yang telah bekerjasama dengan pengembang e-wallet.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak penyedia layanan e-wallet, seperti Go-Pay, OVO, Dana dan LinkAja.

Mereka sering secara tidak sadar menggunakannya untuk berbagai keperluan seperti membeli pulsa, membayar listrik, dan membeli makanan. Dengan kemudahan yang dimilikinya, tidak heran jika kebanyakan orang menggunakan lebih dari satu e-wallet.

Keunggulan e-wallet

1. Cashless

Pada tahun 2014, Bank Indonesia mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan transaksi non tunai. Selain praktis dan nyaman, transaksi cashless dapat mempermudah pengelolaan keuangan.

2. Banyak Promo

Ada banyak promo seperti diskon atau cashback yang bisa digunakan. Beberapa aplikasi juga menawarkan sistem poin untuk setiap transaksi yang dapat ditukarkan dengan hadiah menarik.

3. Memudahkan pencatatan transaksi

karena bersifat elektronik, juga akan lebih mudah untuk mengetahui pengeluaran-pengeluaran.

4. Aman

E-wallet paling aman cukup aman dari pencurian uang selama pengguna menyimpan akun dan kata sandi dan tidak memberikan OTP kepada pihak ketiga. Bahkan, Anda tidak perlu panik saat dompet tertinggal, karena Anda tetap bisa bertransaksi dengan dompet digital.

5. Beragam transaksi dapat dilakukan

dengan fitur dan layanan e-wallet yang semakin lengkap, memudahkan dalam melakukan transaksi, baik untuk berbelanja, berinvestasi maupun berdonasi untuk amal. Namun, Anda tetap harus bijak dalam menyikapi e-wallet. Menurut berbagai penelitian yang salah satunya dilakukan oleh CNBC, transaksi online cenderung lebih banyak pemborosan. Hal ini dikarenakan mereka tidak melihat atau merasakan nominal uang yang dikeluarkan.

6. Hindari uang palsu

Salah satu kelebihan e-wallet adalah kemampuannya untuk mengurangi peredaran uang palsu. Tidak semua transaksi digital, baik pembeli maupun penjual, perlu memikirkan perubahan karena e-wallet dapat menurunkan saldo ke angka desimal sesuai dengan jumlah pembayaran.

Information Source :

soundfren.id