Mengintip Pengembangan Calon Vaksin Corona Paling Menjanjikan

 Mengintip Pengembangan Calon Vaksin Corona Paling Menjanjikan



Oxford

Dari banyak pihak yang saat ini mengembangkan vaksin COVID-19, kandidat yang dikembangkan oleh Oxford University banyak disebut paling menjanjikan. Kenapa demikian?

Saat berita virus corona mulai heboh pada bulan Januari, ilmuwan di Oxford mulai membuat calon vaksinnya. Hanya berselang 3 bulan, kampus bergengsi itu mengumumkan vaksin bernama ChAdOx1 nCoV-19 sukses diujicoba di kera, di mana primata itu tetap sehat meski terpapar Corona.

Salah satu kunci cepatnya Oxford membuat vaksin Corona adalah karena tim ilmuwan di sana sudah mengerjakan beberapa vaksin yang mungkin manjur untuk penyakit atau wabah masa depan. Penyakit semacam itu mereka beri kode nama X, dideskripsikan sebagai penyakit yang mungkin bakal memicu pandemi.

Nah, COVID-19 langsung disebut oleh mereka sebagai ‘penyakit X’ itu pada awal Januari sehingga tim Oxford bisa merancang vaksinnya dengan cepat.

Saat ini, vaksin itu mulai diujicoba pada manusia untuk mengetahui keampuhannya. Satu dari 1.020 relawan yang akan ikut trial adalah Simeon Courtie berusia 50 tahun. Mantan presenter televisi ini menceritakan pengalamannya.

“Aku ingin melakukan sesuatu yang berguna. Aku tahu ilmuwan kesulitan menemukan relawan. Jadi kupikir, well, mungkin aku bisa sedikit membantu,” kata dia.




Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *