Menjajal Bermain Game di OPPO Reno5 dan Fitur yang Ditawarkannya

 Menjajal Bermain Game di OPPO Reno5 dan Fitur yang Ditawarkannya


Telkopedia.id – Tidak hanya mempunyai desain dan kemampuan kamera yang bagus, OPPO Reno5 pun hadir dengan membawa performa yang bertenaga di kelas handphone seharga Rp 4.999.000.

OPPO mempercayakan Snapdragon 720G Octa-Core sebagai dapur pacu dari Reno5. Di atas kertas, chipset besutan Qualcomm ini mempunyai performa mumpuni berkat kecepatan maksimalnya yang mencapai 2,3 GHz.

GPU Adreno 618 yang hadir pada Qualcomm Snapdragon 720G pun mampu menangani grafis sistem operasi, aplikasi, maupun game yang berjalan dengan lancar. Apalagi dukungan RAM 8 GB yang dibenamkan pada Reno5 diklaim OPPO mampu menjalankan aktivitas multitasking dengan lancar.

Untuk mengetahui kemampuan sesungguhnya dari kombinasi hardware tersebut, saya pun langsung menggunakan OPPO Reno5 dalam aktivitas sehari-hari untuk menjalankan beragam aplikasi mulai dari SMS, telepon, sesekali pemutar video, chat, sesekali game, media sosial, dan sesekali pemutar musik.

OPPO-Reno5-BackShiny

Selama pemakaian dari waktu ke waktu, OPPO Reno5 mampu menjalankan aplikasi secara multitasking dengan lancar tanpa hambatan. Selain chipset yang mempunyai kinerja cepat yang mampu menangani tugas dengan baik, RAM berkapasitas besar pun menjadi salah satu kunci yang membuat aplikasi-aplikasi dapat dijalankan handphone ini dengan mulus.

Untuk melakukan pembuktian lebih lanjut mengenai performa yang dimiliki Reno5, saya juga menjalankan beragam game populer yang dimainkan masyarakat Indonesia seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, Code Atma, Arena of Valor, Free Fire, Call of Duty Mobile, dan Final Fantasy XV Pocket Edition.

OPPO Reno5 Mobile Legends HD

Hasilnya, semua game populer ini mampu saya jalankan dengan setelan grafis dan frame rate yang tinggi. Dengan penggunaan frame rate yang tinggi, saya dapat melihat animasi yang ditampilkan oleh game dapat berjalan dengan halus sehingga memanjakan mata ketika permainan sedang berlangsung.

Namun khusus Final Fantasy XV Pocket Edition yang merupakan game berat, sebaiknya menggunakan grafis dan frame rate menengah atau bawah agar bisa menjalankannya dengan lancar.

Selain kombinasi hardware yang bertenaga, fitur Hyper Boost 3.0 yang hadir pada ColorOS 11.1 menjadi salah satu kunci dari OPPO Reno5 mampu menjalankan game dengan lancar. Dibandingkan versi sebelumnya, fitur ini membawa sejumlah peningkatan terutama dalam mengatasi panas berlebih dan pengurasan baterai.

OPPO Reno5 Game Space

Secara garis besar, Hyper Boost 3.0 akan menjaga penggunaan baterai tetap terkendali tanpa mengorbankan kinerja sistem OPPO Reno5 secara keseluruhan sehingga saya dapat menikmati permainan yang sedang berlangsung tanpa khawatir cepat kehabisan baterai.

Untuk mengaktifkan fitur ini, saya harus membuat aplikasi atau game berada di folder Game Space yang berada di halaman home screen OPPO Reno5. Beberapa game akan secara otomatis masuk ke dalam folder Game Space setelah diunduh dan diinstal dari Google Play Store.

Namun sebagian game atau aplikasi lainnya harus dimasukkan secara manual dengan memilih menu Add yang berlambang + di Game Space. Nantinya pada saat salah satu aplikasi atau game yang berada dalam Game Space dijalankan, maka fitur Hyper Boost 3.0 akan aktif secara otomatis.

OPPO Reno5 Game Mode

Perlu dicatat, pada Game Space tersedia pengaturan untuk penggunaan CPU, GPU, sinyal, dan baterai dengan tiga pilihan mode berbeda yang terdiri dari Low Power mode, Balanced mode, dan Competition mode. Secara bawaan, Game Space akan menyarankan pengaturan Balanced mode karena mempunyai performa dan daya baterai yang optimal.

Sementara apabila ingin menggunakan performa yang paling cepat dan bertenaga, maka dapat menggunakan Competition mode. Namun perlu diperhatikan bahwa konsumsi daya baterainya akan lebih boros dibandingkan dengan Balanced mode.

Pada saat fitur Hyper Boost 3.0 aktif, saya sendiri merasa bahwa game yang dijalankan memiliki frame rate dan koneksi internet yang stabil sehingga dapat bermain dengan teman secara lancar.

Terkadang saya juga mengaktifkan fitur Game focus mode agar benar-benar menjadi fokus terhadap pertandingan game yang sedang dimainkan. Fitur yang satu ini dapat diaktifkan ketika game sudah dijalankan dengan menyapu atau swipe layar di kiri ke kanan untuk mengeluarkan menu Game Assistant yang tersembunyi.

OPPO Reno5 Game Focus

Menariknya, Game focus mode ini akan memblokir panggilan, pesan masuk, notifikasi media sosial, pemberitahuan yang muncul dari status bar serta kolom notifikasi, pengunci layar, auto screen-off, tombol volume, floating windows, dan membatasi gesture atau pekerjaan handphone sehingga tidak mengganggu permainan yang sedang berlangsung.

Bisa dibilang fitur Hyper Boost 3.0 dan Game focus mode memungkinkan saya dapat bermain game dengan lancar dan fokus selama pertandingan berlangsung tanpa harus ada gangguan dari luar sama sekali.

OPPO Reno5 Benchmark Performance

Terakhir saya pun melakukan pengujian menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark 8.5.4, dimana handphone ini berhasil mendapatkan skor tinggi mencapai 283.840 poin. Sementara pada pengujian dengan Geekbench 4.4.2, perangkat ini mendapatkan skor 2.660 poin untuk pengujian Single-Core dan 6.781 poin untuk pengujian Multi-Core.

Berlanjut ke Geekbench 5.2.5, OPPO Reno5 berhasil mendapatkan skor 569 poin untuk Single-Core dan 1.682 poin untuk Multi-Core. Dari hasil pengujian menggunakan aplikasi sehari-hari, aplikasi benchmark, dan game memperlihatkan bahwa performa yang dimiliki oleh OPPO Reno5 mampu bersaing dengan handphone di kisaran harga yang sama.

Secara keseluruhan, OPPO Reno5 mampu menawarkan pengalaman menjalankan aplikasi dan memainkan game yang lancar tanpa hambatan. Apalagi didukung fitur gaming, seperti Hyper Boost 3.0 dan Game focus mode, membuat pengalaman bermain game menjadi lebih imersif.



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *