Microsoft Surface Pro X Diperbarui dengan Prosesor SQ2 & Warna Platinum

 Microsoft Surface Pro X Diperbarui dengan Prosesor SQ2 & Warna Platinum


Microsoft tak hanya merilis satu perangkat Windows 10 baru akhir-akhir ini. Masih dalam lini Surface, selain Surface Laptop Gp, perusahaan yang berpusat di Redmond, Amerika Serikat tersebut juga hadirkan pembaruan dari perangkat tablet mereka yang punya desain sangat tipis, layaknya perangkat iPad Pro.

Ya, Microsoft Surface Pro X memang telah dirilis tahun lalu. Tablet ini diciptakan bagi mereka yang punya produktivitas tinggi, namun menginginkan perangkat yang lebih portabel, dengan daya tahan baterai yang jauh lebih lama dari Surface Pro biasa. Hal tersebut dimungkinkan dengan penggunaan prosesor ARM, dan di tahun ini, opsi prosesornya ditambah dengan cip baru yang lebih bertenaga.

Baca juga: Surface Laptop Go Hadir dengan Intel Core i5, Harga Rp8 Jutaan

Peningkatan yang Dibawa Surface Pro X (2020)

Secara desain dan tampilan, Surface Pro X rilisan 2020 ini masih terlihat sama. Perbedaan mencolok terlihat pada varian warna barunya yaitu Platinum, berikan opsi segar selain warna hitam, membuatnya terlihat lebih seragam dengan seri Surface lainnya. Materialnya terbuat dari anodized aluminum, dan fan-less atau tanpa kipas di dalamnya.

Secara dimensi juga tentunya masih sama, punya ketebalan hanya 7,3mm dengan bobot 774 gram saja. Di bagian depan, terdapat sebuah layar 13 inci PixelSense Display dengan resolusi tinggi 1920p (267ppi). Layar ini miliki rasio 3:2, mendukung standar sRGB & enhanced color profiles, serta input sentuh 10 jari.

Untuk urusan performa, Microsoft kini hadirkan Surface Pro X dalam dua opsi prosesor, yaitu Microsoft SQ1 & SQ2. Pihak resminya sendiri tak menyebutkan secara detil dalam angka, namun diperkirana prosesor baru SQ2 tersebut dibuat dari basis chipset Snapdragon 8CX Gen 2 rilisan Qualcomm. Dugaan meningkat denga penggunaan GPU Adreno 690 pada Surface Pro X dengan Microsoft SQ2.

Surface Pro X

Ada dua pilihan RAM (8GB & 16GB LPDDR4x), dan tiga penyimpanan berjenis M.2 SSD (128/256/512GB) removable—meski begitu, Microsoft tetap menyarankan pengguna untuk membawanya ke pusat perbaikan resmi untuk membuka slotnya. Tablet terbaru Microsoft ini punya dua port USB-C, Surface Connect port (untuk isi daya dan docking), serta slot kartu nanoSIM yang mendukung Gigabit LTE. Juga Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 5 dan A-GPS.

Keuntungan menggunakan prosesor ARM adalah konsumsi baterai yang hemat. Surface Pro X diklaim sanggup digunakan hingga 15 jam pemakaian, cukup impresif mengingat dimensinya yang tipis dan ringan. Cocok juga digunakan sebagai media untuk konsumsi video streaming, karena dilengkapi juga dengan dua speaker 2W yang didukung Dolby Audio.

Tablet ini juga cocok untuk kebutuhan video conference. Di depan, ada kamera 5MP yang sanggup rekam video hingga full HD, serta sensor kamera tambahan untuk keperluan login lewat Windows Hello. Dan di belakang, ada kamera 10MP yang bisa rekam hingga 4K. Dilengkapi dua mikrofon berkualitas tinggi layaknya Surface Laptop Go, sehingga suara terdengar lebih jelas.

Surface Pro X Dijual Mulai Rp14 Jutaan

Surface Pro X Signature Keyboard

Dengan jenis prosesor yang berbeda, Surface Pro X bakal hadir dengan Windows 10 Home edisi khusus ARM, serta gratis langganan Microsoft Office 365 Family trial selama 30 hari. Di beberapa wilayah tertentu, perangkat ini sudah hadir secara pre-order, mulai dari USD1,499 (Rp22 jutaan) untuk varian baru dengan prosesor Microsoft SQ2.

Sementara varian dasarnya masih gunakan prosesor lama, dengan RAM 8GB dan SSD 128GB, dijual seharga USD999 (Rp14 jutaan). Selain warna baru pada perangkatnya, Signature Keyboard Cover sebagai pelengkap tablet ramping ini juga hadir dalam tiga warna baru; silver, biru dan merah untuk melengkapi warna hitam yang pertama rilis.



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *