TERBARU

Mobileye Intel akan mendukung pengiriman ‘last-mile’ tanpa pengemudi mulai tahun 2023

 Mobileye Intel akan mendukung pengiriman ‘last-mile’ tanpa pengemudi mulai tahun 2023

Perusahaan teknologi self-driving Intel, Mobileye baru saja mengumumkan kemitraan dengan Udelv untuk membangun armada kendaraan pengiriman otonom. Perusahaan berencana untuk menyebarkan 35.000 “Transporters” buatan Udelv pada tahun 2028, yang semuanya akan didukung oleh sistem self-driving Mobileye Drive. 1.000 Transporters pertama akan digunakan pada tahun 2023 bersama Donlen, sebuah perusahaan manajemen armada komersial yang akan menjadi pelanggan pertama untuk sistem baru ini. Van Transporter tanpa emisi dan mengemudi sendiri dimaksudkan untuk memperbaiki masalah pengiriman “jarak jauh” – Intel mengatakan bahwa volume pengiriman jarak jauh diperkirakan akan meningkat 75 hingga 80 persen pada tahun 2030 berkat pertumbuhan belanja online yang berkelanjutan.

Sistem Mobileye Drive yang akan menggerakkan van ini terdiri dari 13 kamera, tiga LiDAR jarak jauh, enam LiDAR jarak pendek, dan enam radar; semua perangkat keras itu dijalankan oleh sistem EyeQ Mobileye pada sebuah chip. Hasil akhir dari semua teknologi ini adalah self-driving level empat, yang pada dasarnya berarti tidak diperlukan perhatian atau intervensi manusia, asalkan kendaraan beroperasi dalam area yang ditentukan. Setelah pengujian selesai, kendaraan ini harus benar-benar tanpa pengemudi, bahkan tanpa perlu pengemudi keselamatan.

Mobileye, yang Intel dibeli kembali pada tahun 2017, adalah salah satu perusahaan penggerak otonom yang lebih aktif di luar sana, menguji mobil self-driving di Yerusalem serta dalam kondisi Autobahn berkecepatan lebih tinggi di Jerman. Perusahaan juga menghitung pembuat mobil besar-besaran Mengarungi dan Volkswagen sebagai mitra.

Adapun Udelv, perusahaan rintisannya cukup aktif di AS, melakukan uji coba pengiriman bahan makanan di Oklahoma City dan bekerja dalam uji coba dengan Walmart di Arizona. Butuh beberapa tahun sebelum kita melihat buah dari kemitraan Mobileye dan Udelv, karena kendaraan untuk proyek dengan Donlen tidak akan digunakan hingga tahun 2023 – oleh karena itu, masih terlalu dini untuk mengatakan di mana tepatnya van ini akan muncul pertama kali. Tetapi jika sejarah merupakan indikasi, kita harus mendengar lebih banyak ketika mereka diuji, dimanapun itu berada.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *