Motorola Razr 5G Bawa Kamera 48MP & Chipset Snapdragon 765G

 Motorola Razr 5G Bawa Kamera 48MP & Chipset Snapdragon 765G


Pada awal Februari lalu, Motorola sempat merilis sebuah smartphone layar lipat mereka, yaitu Motorola Razr. Smartphone tersebut sukses memberikan hype yang sangat tinggi, membawa nama Razr yang secara instan menimbulkan nuansa nostalgia akan ponsel lipat ikonik yang sangat populer, dengan desain yang tergolong tipis di masanya.

Namun spesifikasi yang kurang bertenaga seperti chipset dan kameranya membuat smartphone tersebut kalah dengan pesaing, sebut saja Samsung Galaxy Z Flip. Untuk mengejar kembali persaingan, Motorola merilis generasi kedua, yaitu Razr 5G. Desainnya kini dibuat lebih sleek, dengan chipset Snapdragon 765G, kamera yang lebih baik serta layar luar yang jauh lebih fungsional.

Motorola mengklaim bila Razr 5G adalah smartphone layar lipat dengan layar luar Quick View display yang punya fungsi paling banyak di antara lainnya—mungkin jika dibandingkan dengan Galaxy Z Flip yang memang hanya punya layar imut di luarnya. Razr 5G hadir berkat masukan dari konsumen secara langsung, dan tetap mengutamakan desain premium.

Baca juga: Samsung Buka Pre-order Galaxy Z Fold2, Harga Rp30 Jutaan

Peningkatan yang Dibawa Motorola Razr 5G

Baik dimensi layar luar maupun dalam masih sama, masing-masing 2,7 inci gOLED dan 6,2 inci pOLED, dengan kerapatan piksel 370 ppi & 373 ppi. Secara default, layar luar dari Razr 5G dapat digunakan sebagai viewfinder kamera, aplikasi pesan, kalkulator serta aplikasi Google seperti News & YouTube.

Namun pengguna dapat mengkustomisasinya agar bisa menjalankan aplikasi pihak ketiga lainnya. Dengan begitu, tak perlu membuka lipatan untuk melakukan beragam fungsi. Sensor sidik jarinya dipindah ke bodi belakang, menyatu dengan logo Motorola. Bodi luar terbuat dari kombinasi kaca 3D dan aluminum seri 7000. Hinge atau mekanisme lipatnya juga telah diperkokoh.

Berdasarkan data internal, rata-rata pengguna Razr membuka tutup smartphone-nya 40 kali dalam sehari, atau 100 kali untuk penggunaan intensif. Motorola Razr 5G sudah lolos uji pemakaian dan sanggup digunakan hingga 200,000 buka tutup, setidaknya tahan hingga 5 tahun pemakaian, lengkap dengan lapisan tahan gores serta tahan percikan air.

Agar bisa mendukung jaringan 5G, Razr 5G gunakan chipset Snapdragon 765G dari Snapdragon. Kapasitas baterainya juga sedikit ditingkatkan, kini menjadi 2,800 mAh yang mendukung fast charging 15 watt. Dipasangkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB, Motorola Razr 5G kini setidaknya tidak terlalu jauh dalam hal performa dengan perangkat lipat lainnya.

Yang spesial adalah dukungan dual SIM (1 nano SIM + 1 eSIM). Jika Gizmo friends ingat, Motorola Razr generasi pertama hanya hadir dengan dukungan eSIM dan terkunci operator, sehingga jika kita membeli secara non-resmi pun, tak akan bisa menggunakannya dengan jaringan operator lokal. Razr 5G hadir secara unlocked untuk penggunaan global.

Kalau generasi sebelumnya hanya punya kamera standar 13MP dengan kamera selfie 5MP, maka di Razr 5G, keduanya di-upgrade secara signifikan. Kamera utamanya sekarang punya resolusi 48MP f/1.7 dan sudah dilengkapi OIS serta laser autofocus. Dengan layar luarnya, kamera utama Razr 5G bisa jadi kamera selfie terbaik di pasaran. Namun Motorola tetap menyematkan kamera 20MP f/2.2 di bagian dalamnya.

Harga Motorola Razr 5G

Motorola Razr 5G bakal hadir dalam tiga opsi warna; Polished Graphite, Liquid Mercury dan Blush Gold. Perangkat ini bakal tersedia lebih dulu di pasar China serta Eropa, menyusul wilayah lainnya musim gugur ini. Sementara di Amerika Serikat, akan tersedia di beberapa ritel resmi secara unlocked.

Dengan spesifikasi yang lebih baik, Motorola menurunkan harga smartphone lipat terbarunya hingga 100 dollar, kini dibanderol seharga USD1,399 atau sekitar Rp20 jutaan. Tentunya, kemungkinan hadir resmi di Indonesia hampir tidak ada. Sehingga harus membeli dari luar dan menambahkan pajak, membuatnya lebih mahal lagi.

 



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *