Nokia 6300 4G & 8000 4G Rilis dengan KaiOS, Bisa Aplikasi WhatsApp

 Nokia 6300 4G & 8000 4G Rilis dengan KaiOS, Bisa Aplikasi WhatsApp


Saat produsen lain rilis smartphone kelas menengah hingga flagship, HMD Global selaku pemegang lisensi tunggal merk ponsel Nokia kembali rilis seri ‘orisinil’, yang diperbarui dengan dukungan jaringan 4G. Nampaknya kunci nostalgia cukup efektif untuk mendorong minat konsumen dalam membeli feature phone, seperti seri Nokia 3310 dan Nokia 8110 4G.

Kali ini, yang diperbarui adalah Nokia 6300 4G, hadir dengan desain familiar seperti versi orisinilnya yang rilis lebih dari 13 tahun lamanya. Lalu bagi konsumen yang inginkan feature phone dengan desain lebih premium, disiapkan Nokia 8000 4G dengan desain menyerupai kaca, terlihat lebih modern dan berikan kesan mewah.

“Nokia 6300 4G yang sangat terjangkau dan Nokia 8000 4G yang cantik tawarkan pilihan, konektivitas dan gaya berdasarkan warisan terpercaya kami, didesain ulang untuk zaman yang modern,” kata Juho Sarvikas Chief Product Officer dan Vice President HMD Global, Amerika Utara. Ia juga tekankan bila kedua ponsel ini berfungsi ganda sebagai WiFi hotspot berukuran saku.

Baca juga: Nokia C3 Dibekali RAM 2GB dan Storage 16GB, Harga Rp1,5 Jutaan

Spesifikasi Nokia 6300 4G

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Nokia 6300 4G gunakan desain candy bar identik dengan papan numerik T9 dan aksen warna hitam di sekitar layarnya, dengan material bodi polikarbonat. Ponsel ini menjadi yang paling murah dari HMD Global dengan dukungan aplikasi WhatsApp. Dimungkinkan lewat sistem operasi KaiOS.

Menjalankan chipset Qualcomm Snapdragon 210 dan RAM 512MB, selain WhatsApp, pengguna juga bisa akses aplikasi favorit lainnya seperti Facebook dan YouTube, dengan toko aplikasi dari KaiOS. Bahkan Nokia 6300 4G juga sudah mendukung asisten suara dari Google, cukup ucapkan “Ok Google” untuk menanyakan ramalan cuaca dan lainnya.

Spesifikasi lain meliputi layar 2,4 inci QVGA, kamera belakang VGA, dukungan A-GPS hingga dua slot kartu nano SIM. Kapasitas baterai 1,500 mAh tergolong cukup besar untuk sebuah feature phone, yang miliki jack audio 3,5mm serta slot kartu microSD (hingga 32GB).

Nokia 8000 4G Punya Layar Besar & Tampilan Premium

Nokia 8000 4G

Dan untuk konsumen yang ingin miliki feature phone tapi tetap ingin terlihat gaya, Nokia 8000 4G hadir sebagai alternatif menarik. Permukaannya dibuat menyerupai kaca dengan finishing glossy dan sisinya yang dibuat mirip lapisan krom. Ada empat pilihan warna yang cukup menarik untuk dipilih, dengan layar lebih besari di 2,8 inci.

Selain dimensi layar serta bentuk papan ketiknya yang dibuat 3D, tak ada perbedaan yang mencolok dibandingkan Nokia 6300 4G. Kecuali kamera belakang Nokia 8000 4G yang beresolusi lebih tinggi di 2MP. Selebihnya sama, jalankan KaiOS dengan dukungan Google Assistant dan tentunya dilengkapi gim klasik khas ponsel Nokia, yaitu Snake.

Harga Nokia 6300 4G & Nokia 8000 4G

Kedua feature phone terbaru Nokia ini sudah mulai tersedia di pasaran, meski HMD sendiri tak menyebutkan secara spesifik negara mana saja yang sudah menjualnya. Nokia 6300 4G hadir dalam tiga pilihan warna; Cyan Green, Light Charcoal dan Powder White. Harga ritelnya sendiri 49 Euro, atau sekitar Rp800 ribuan saja.

Sementara Nokia 8000 4G sebagai opsi feature phone paling premium, dijual dengan harga 79 Euro atau Rp1,3 jutaan. Hadir dalam pilihan warna yang lebih banyak; Onyx, Opal, Citrine dan Topaz yang menarik dalam dua warna berbeda.

Feature phone dengan dukungan 4G dan aplikasi seperti WhatsApp memang cukup menarik. Namun pada rentang harga yang sama, alternatif lain seperti Samsung Galaxy A01 Core maupun Redmi 9A mampu tawarkan fitur yang lebih lengkap, sebagai smartphone Android ‘seutuhnya’. Gizmo friends sendiri pilih yang mana?



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *