OJK: Bank di Jatim Punya Ruang untuk Ekspansi Kredit

 OJK: Bank di Jatim Punya Ruang untuk Ekspansi Kredit



Telkopedia.id, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional Jawa Timur menyatakan bank di Jawa Timur (Jatim) memiliki ruang untuk ekspansi kredit sehingga mendukung pemulihan ekonomi warga. Ini ditunjukkan dari data rasio kecukupan modal (CAR) bank-bank yang berkantor pusat di Jatim.

Kepala OJK Kantor Regional Jatim, Bambang Mukti Riyadi menuturkan, berdasarkan data pengawasan posisi April 2020, rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) bank-bank yang berkantor pusat di Jawa Timur sebesar 23,24 persen.

Kemudian dengan likuiditas yang memadai antara lain tercermin pada rasio Aktiva Lancar/Dana Pihak Ketiga (AL/DPK) sebesar 25,03 persen, yang jauh di atas threshold.

“Hal tersebut menunjukkan bank di Jatim memiliki ruang yang cukup untuk melakukan ekspansi kredit atau pembiayaan bagi bank syariah guna mendukung upaya pemulihan ekonomi masyarakat pada periode normal baru,” ujar Bambang, seperti dikutip dari Antara, ditulis Selasa (16/6/2020).

Sebelumnya, pada kegiatan bersama Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Jatim, Bambang mengatakan telah menyampaikan secara umum kondisi perbankan di Jawa Timur sebagaimana perbankan nasional, yakni berkinerja baik dan dapat melayani kebutuhan transaksional masyarakat luas.



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *