OPPO A92 – Kamera Segar, Performa Lancar

 OPPO A92 – Kamera Segar, Performa Lancar


OPPO A92 Feature Display

Gadgetren – Kini OPPO secara resmi telah menambah portofolio lini seri A dengan menghadirkan OPPO A92 di Indonesia. Perangkat yang satu ini hadir dengan dukungan fitur dan spesifikasi hardware yang menarik di kelas menengah.

Sebagai penerus dari OPPO A9 2020, smartphone terbaru ini mempunyai tampilan menawan berkat penggunaan Constellation Design yang terinspirasi dari perubahan langit di daerah Kutub dengan warna Twilight Black (varian warna lain Shining White) yang mengisyaratkan langit di malam hari.

Bodi belakangnya pun akan memperlihatkan kilauan ketika terkena pantulan cahaya sehingga terlihat unik. OPPO juga menghadirkan 3D Quad-curve design yang memberikan lengkungan di empat sisinya belakangnya sehingga memudahkan untuk menggenggam smartphone ini hanya menggunakan satu tangan.

OPPO A92 Back

Meskipun tidak licin ketika dipegang, namun debu dan noda sidik jari mudah menempel pada bodi belakangnya. Untuk mengatasinya dapat langsung menggunakan softcase yang telah disediakan OPPO dalam paket penjualannya.

Beralih ke bagian depannya, terdapat layar LTPS LCD dengan lebar 6,5 inci, resolusi Full HD+, kerapatan piksel 405 ppi, dan tingkat kecerahan hingga 480 nits untuk menampilkan konten sesuai dengan kenyamanan mata penggunanya.

Terdapat fitur Eye Care Mode yang dapat mengurangi radiasi sinar biru layar terhadap mata. Fitur ini sendiri sudah mendapatkan sertifikat dari TUV Rheinland yang menyatakan keamanannya terhadap mata pengguna.

Untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layar, Corning Gorilla Glass pun telah disematkan pada smartphone ini. Desain NEO Display membuat layar OPPO A92 memenuhi bagian depan ditambah bezel yang tipis yang membuat rasio bodi-ke-layar mencapai 90,5% sehingga membuatnya leluasa dalam menonton video, melihat foto, maupun memainkan game.

OPPO A92 Video

Selain memperkecil bezel di sekelilingnya, punch hole yang hadir pada OPPO A92 digunakan juga untuk menyimpan kamera depan 16 MP yang dapat digunakan untuk mengakomodasi foto selfie, wefie, video call, video selfie, maupun Face Unlock.

Kamera depannya ini juga dibekali dengan fitur AI Beautification yang dapat digunakan untuk mengambil foto selfie dengan wajah yang mulus. Terdapat juga fitur Portrait yang dapat membantu saya untuk menghasilkan foto selfie dengan efek Beauty sekaligus bokeh (latar buram).

OPPOA92-Selfie-AutoNormal Selfie

OPPOA92-Selfie-BeautyBokeh + Beauty Selfie

OPPO A92 hadir dengan dukungan dual Stereo Speaker, Hi-Res Audio, dan Dirac 2.0 yang mampu membuat suara yang dihasilkan video, musik, maupun game terasa lebih realistis. Apalagi terdapat dukungan Widevine L1 Certification yang membuat saya dapat menonton Netflix dengan kualitas Full HD pada smartphone ini.

Tidak terdapat di bagian depan maupun belakang, sensor fingerprint OPPO A92 disematkan di sisi kanannya tepat di tombol Power. Penempatan ini bisa dibilang ergonomis dan strategis karena biasanya sering diakses dan mudah dijangkau.

OPPO A92 Dus With Cam

Menuju bagian belakangnya, terdapat empat kamera dan LED Flash yang disusun seperti huruf C dalam persegi panjang. Empat kameranya ini hadir dengan konfigurasi kamera utama 48 MP, ultrawide 8 MP, mono 2 MP, dan portrait 2 MP.

Kamera utamanya secara bawaan akan menghasilkan foto beresolusi 12 MP dengan warna dan komposisi yang kaya berkat teknologi 4-in-1 pixel binning yang menyatukan empat piksel menjadi satu.

Untuk membuat hasil fotonya semakin menarik, fitur AI Scene Recognition juga telah disematkan pada aplikasi kamera bawaan OPPO A92 sehingga dapat menentukan skenario terbaik dari 22 skenario yang disediakan ketika obyek sedang dibidik untuk menjadi sebuah karya yang baik.

Namun apabila kita ingin mengambil foto dengan resolusi lebih besar, maka dapat mengaktifkan fitur 48 MP Mode. Dengan menggunakan fitur ini, kamera utama akan menghasilkan foto beresolusi 48 MP yang detail, halus, dan berkualitas.

OPPOA92-Canvas-AutoAuto

OPPOA92-Canvas-48MP48 MP Mode

OPPOA92-Bunga1-AutoAuto

OPPOA92-Bunga1-48MP48 MP Mode

Sementara pada saat ingin mengambil foto dengan area yang lebih luas daripada kamera utamanya, maka bisa memanfaatkan kamera ultrawide yang mampu mendapatkan foto dengan area hingga 119,1 derajat dan minim distorsi sehingga hasilnya terlihat proporsional.

Kamera belakang OPPO A92 juga dapat dimanfaatkan untuk mengambil foto makro ketika saya membidik obyek dari jarak yang dekat. Selain itu, kamera mono pada produk ini dapat dimanfaatkan untuk mengambil foto hitam putih bernuansa klasik.

OPPOA92-GOR-UltrawideUltrawide

OPPOA92-GOR-AutoAuto

OPPOA92-Rumah-UltrawideUltrawide

OPPOA92-Rumah-AutoAuto

OPPOA92-Mobil-MakroMacro Mode

OPPOA92-Mobil-MakroDazzleMacro Mode + Dazzle Color

OPPOA92-Jamur-MakroMacro Mode

OPPOA92-Jamur-MakroDazzleMacro Mode + Dazzle Color

OPPOA92-Rumah-MonokromMonochrome

Hampir mirip dengan smartphone OPPO generasi terbaru, OPPO A92 ini juga dibekali dengan fitur Ultra Night Mode 2.0 yang memungkinkan kamera belakangnya dapat menghasilkan foto dengan terang, minim noise, dan jelas pada kondisi malam hari.

OPPOA92-Bunga-AutoAuto

OPPOA92-Bunga-NightUltra Night Mode 2.0

OPPOA92-GOR1-AutoAuto

OPPOA92-GOR1-UltraNightUltra Night Mode 2.0

Tidak hanya sektor fotografi, OPPO juga telah menghadirkan kemampuan merekam video dalam resolusi HD (720p), Full HD (1080p), hingga 4K. Selain itu bisa juga menghasilkan video dengan area yang luas berkat dukungan kamera ultrawide.

Kamera belakangnya dapat merekam video dengan lumayan stabil karena terdapat dukungan Gyroscop dan Electronic Image Stabilization) dari OPPO A92.

Dari sektor hardware, OPPO A92 telah diotaki Snapdragon 665 Octa-Core yang mempunyai kinerja cepat dan hemat dalam mengonsumsi daya baterai. RAM 8 GB didaulat untuk mendampingi chipset besutan Qualcomm tersebut untuk menangani tugas menjalankan aplikasi atau game dengan lancar.

OPPO A92 Game

Tak lupa, fitur HyperBoost yang dibenamkan pada smartphone ini dapat meningkatkan performa, membuat frame rate stabil, dan responsivitas sentuhan jari meningkat ketika game atau aplikasi dijalankan. Untuk membuat fitur ini aktif, aplikasi atau game sudah harus dimasukkan ke dalam Game Space yang terdapat di Homescreen.

OPPO A92 sudah menggunakan penyimpanan internal dengan kapasitas besar mencapai 128 GB sehingga mampu menampung banyak aplikasi, game, video, foto, musik, dan dokumen sekaligus.

Tidak hanya mempunyai performa bertenaga, smartphone ini juga dibekali dengan fitur 18W Fast Charging yang diklaim OPPO mampu mengisi baterai berkapasitas 5.000mAh dari 0% ke 50% hanya dalam waktu 45 menit.

Sebagai smartphone yang lahir di tahun 2020, OPPO A92 telah dibekali dengan ColorOS 7.1 berbasiskan Android 10 dengan animasi, tampilan, dan fungsi yang lebih intuitif dibandingkan generasi sebelumnya. Sistem ini juga hadir dengan beragam fitur menarik seperti OPPO Relax, Dark Mode, App Cloner, Split Screen, dan masih banyak lagi.

OPPO A92 Feature

OPPO Relax sendiri merupakan sebuah aplikasi di ColorOS 7.1 yang digunakan untuk membantu penggunanya melakukan aktivitas relaksasi, mulai dari membantu proses pernapasan hingga menghadirkan musik-musik yang dapat menenangkan.

Dark Mode merupakan salah satu fitur yang menjadi sorotan di tahun ini karena menawarkan latar belakang gelap atau hitam untuk kenyamanan penggunanya dalam melihat konten di berbagai kondisi, terutama gelap atau malam hari.

Asiknya, OPPO telah mengembangkan kemampuan Dark Mode di ColorOS 7.1 agar dapat diaktifkan pada semua aplikasi, baik bawaan maupun populer (pihak ketiga). Selain itu, saya juga dapat mengaktifkan atau mematikan fitur Dark Mode sesuai dengan aplikasi yang dipilih.

OPPO A92 Display720

Selanjutnya, App Cloner memungkinkan aplikasi dapat digandakan dalam satu smartphone. Hal ini membantu saya untuk memasukkan dua akun media sosial sekaligus dalam OPPO A92. Tidak semua aplikasi dapat menikmati fitur ini, namun rata-rata aplikasi media sosial dapat menggunakannya.

Meskipun fitur Split-Screen sudah hadir di sistem Android generasi sebelumnya, namun fitur ini cukup membantu dalam menjalankan aktivitas multitasking seperti menonton video dari YouTube sambil chatting di WhatsApp dalam satu layar OPPO A92.

Secara keseluruhan, smartphone ini dapat menjadi pilihan masyarakat Indonesia di harga Rp 4.199.000, berkat dukungan fiturnya yang lengkap.



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *