TERBARU

Oppo’s Find X3 Pro memiliki kamera ‘mikroskop’ 30x

 Oppo’s Find X3 Pro memiliki kamera ‘mikroskop’ 30x

Mengikuti penggoda jauh di bulan November, Oppo akhirnya meluncurkan seri Find X3 hari ini, dimulai dengan Find X3 Pro andalan. Fokus utama ini Snapdragon 888Perangkat yang diberdayakan adalah fotografi, dan ini dilakukan dengan mengemas sensor andalan yang sama di kamera utama dan kamera ultra lebar, serta tambahan kamera mikroskopis 30x yang langka.

Oppo menyebutnya “Ponsel Miliar Warna”, karena mendukung warna 10-bit di seluruh kamera utama, penyimpanan, dan tampilan untuk reproduksi yang lebih mirip. Tak perlu dikatakan bahwa ini adalah peningkatan besar dari 16,7 juta warna biasa pada smartphone yang ada.

Galeri: Oppo Find X3 Pro hands-on | 17 Foto


Sisi depan Find X3 Pro sangat mirip dengan pendahulunya, menampilkan panel AMOLED LTPO melengkung 6,7 inci dengan resolusi QHD + yang tajam (3.216 x 1.440), kecepatan refresh variabel 120Hz yang apik, kecerahan puncak 1.300 nit dan gamut DCI-P3 100 persen. Anda juga akan menemukan kamera selfie 32 megapiksel f / 2.4 di lubang punch kiri atas di sini, serta pembaca sidik jari dalam layar di tempat biasa.

Segalanya menjadi jauh lebih menarik di bagian belakang. Alih-alih memotong sudut untuk membentuk “pulau kamera” seperti kebanyakan pembuat ponsel saat ini, Oppo membuat sepotong kaca – proses 40 jam per potong, tampaknya – yang mengalir secara alami di atas tonjolan kamera dan meruncing ke dalam bingkai logam. Unit “Gloss Black” yang saya punya memang terlihat elegan dari semua jenis sudut, dan kelengkungan bodi setebal 8,26mm ini terasa nyaman di tangan, meskipun kacanya juga merupakan magnet sidik jari yang besar. Untung ponsel ini dilengkapi dengan soft case.

Benjolan kamera berisi empat kamera, tiga di antaranya ditata dengan cara yang mirip dengan iPhone andalan baru-baru ini, tetapi dicerminkan. Ketika saya menunjukkan kesamaan yang canggung ini, Oppo menjelaskan bahwa pengaturan segitiga adalah cara paling efisien untuk menempatkan kamera sedekat mungkin, yang merupakan kunci untuk zoom yang mulus dan mode potret yang akurat. Juru bicara menambahkan bahwa dia yakin lebih banyak pabrikan pada akhirnya akan mengikuti praktik ini.

Galeri: Gambar sampel kamera utama Oppo Find X3 Pro | 24 Foto


Membangun di atas kamera yang mengesankan di Temukan X2 Pro, Oppo memasukkan sensor andalan baru – Sony IMX766 50 megapiksel – ke kamera utama (f / 1.8, dengan stabilisasi optik) dan kamera ultra lebar (f / 2.2, 110 derajat) pada Find X3 Pro, jadi bahwa mereka akan melakukan hal yang sama dan mendukung penangkapan warna 10-bit (hanya format HEIF).

Banyak dari pengambilan sampel 10-bit saya dari kedua kamera terlihat sangat realistis di layar ponsel, ke titik di mana objek dekat seperti makanan dan ornamen hampir keluar. Tetapi bahkan saat dilihat di perangkat lain, saya masih mendapat manfaat dari reproduksi warna alami Oppo. Performa cahaya rendah juga cukup bagus, meskipun saya berharap ponsel ini sedikit mengurangi kebisingan, untuk menjaga beberapa detail yang lebih halus.

Kamera ultra-lebar yang diperkuat juga berguna saat saya ingin merekam pertunjukan nyanyian teman saya di aula kecil. Yang mengejutkan saya, file Video 4K keluar dengan baik dengan warna yang akurat dan sedikit distorsi, seolah-olah diambil dengan kamera utama.

Galeri: Gambar sampel mikroskop Oppo Find X3 Pro | 15 Foto


Kamera besar ketiga di punuk adalah kamera mikroskopis 3 megapiksel f / 3.0 yang langka, yang melakukan pembesaran 30x secara native (klaim “60x” Oppo di sini berlaku untuk zoom 2x) dan mendukung perekaman video FHD. Karena jarak fokus hanya antara 1mm dan 3mm, kamera ini dilengkapi dengan ring light kecil untuk menerangi subjek Anda.

Saya terkejut dengan betapa menyenangkannya saya dengan mikroskop saku ini. Meskipun resolusinya relatif rendah, hasil fotonya menjadi tajam, selama saya menjaga tangan saya tetap stabil. Saya dapat menangkap bidikan sub-piksel yang mengesankan pada LCD laptop saya, layar OLED ponsel saya, bunga, balok kayu, spons, dan lainnya. Saya tidak yakin seberapa berguna mikrolensa ini dalam kehidupan kita sehari-hari, tetapi jika Anda memiliki anak, fitur ini dapat membuat mereka terhibur untuk sementara waktu.

Richard Lai / Engadget

Untuk alasan yang tidak diketahui, Oppo membuang kamera telefoto 5x periskopik untuk mendukung penembak zoom hibrida 5x, dan hasilnya mengecewakan. Seperti sebelumnya, zoom hybrid sering kali menghilangkan detail halus, seperti teks pada lencana seseorang, garis pada rambut, dan pola pada pakaian. Dalam kasus tersebut, saya lebih suka menggunakan zoom digital 2x kamera utama untuk memotret, dan kemudian menggunakan jari saya untuk memperbesar foto. Seandainya Find X3 Pro menyimpan kamera 5x optical zoom atau, lebih baik lagi, versi 10x a la Huawei P40 Pro +, maka itu akan dengan mudah mencakup semua basis.

Seperti ponsel Oppo lainnya dari beberapa tahun terakhir, Find X3 Pro mendukung pengisian cepat VOOC. Menggunakan pengisi daya SuperVOOC 65W yang dibundel, baterai 4.500mAh hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk beralih dari nol menjadi 40 persen. Ini juga mendukung pengisian nirkabel AirVOOC, dengan output 30W yang mampu mengisi penuh baterai dalam 80 menit. Ponsel itu sendiri juga dapat melakukan pengisian nirkabel terbalik 10W, jika Anda perlu membantu teman.

Oppo Find X3 Pro

Richard Lai / Engadget

Di sisi perangkat lunak, Find X3 Pro dilengkapi dengan ColorOS 11.2 berbasis Android 11, yang terasa diminyaki dengan baik berkat tampilan 120Hz dan pengkodean yang ramping (sumber mengatakan kepada Engadget bahwa tim perangkat lunak OnePlus telah membantu Oppo sejak Find X2. Pro). Build ini menawarkan beberapa fitur kesehatan baru, termasuk Oppo Relax 2.0 yang membantu Anda bersantai menggunakan suara dan game, ditambah tes penglihatan warna built-in yang komprehensif untuk peningkatan penglihatan warna.

Satu hal yang dinantikan adalah serangkaian nada dering dan suara notifikasi yang dibuat oleh komposer pemenang penghargaan Hans Zimmer, yang dikutip oleh Oppo mengatakan “nada dering seharusnya tidak menimbulkan kecemasan.” Ini seharusnya cukup menarik, mengingat skor film dramatis Zimmer seperti di Lahirnya dan Kesatria Kegelapan trilogi.

Mengingat rekam jejak Oppo dalam beberapa tahun terakhir, kemungkinan Find X3 Pro tidak akan menuju ke AS, tetapi perusahaan akan menjelaskan ketersediaan global awal minggu depan.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *