TERBARU

Orange memanfaatkan dana pensiun untuk membiayai peluncuran serat Polandia – Telkopedia.id

 Orange memanfaatkan dana pensiun untuk membiayai peluncuran serat Polandia – Telkopedia.id

Orange Poland telah menjadi operator telekomunikasi besar terbaru yang mencari mitra usaha patungan untuk membantunya mendanai peluncuran infrastruktur serat.

Telco mengumumkan kemitraan dengan perusahaan pensiun Belanda APG yang akan membuat pasangan ini meluncurkan fiber-to-the-home (FTTH) ke 1,7 juta tempat selama lima tahun ke depan, terutama di area persaingan rendah dan menengah.

Pada dasarnya, Orange telah mendirikan perusahaan baru – yang dikenal sebagai Światłowód Inwestycje, atau FiberCo – untuk membangun dan mengoperasikan jaringan tersebut dan telah setuju untuk menjual 50% sahamnya ke APG seharga 1,37 miliar zloty, yang setara dengan lebih dari € 300 juta . Dengan demikian, perusahaan menilai usaha itu secara keseluruhan sebesar € 605 juta. APG akan membayar PLN887 juta setelah menyelesaikan kesepakatan dan sisanya selama periode 2022-2026, sesuai dengan jadwal peluncurannya. Perusahaan berharap kesepakatan akan ditutup pada akhir Agustus.

FiberCo akan menjadi usaha patungan 50/50, tetapi Orange tetap memiliki opsi untuk mengakuisisi 1% tambahan perusahaan, dan dengan demikian mengambil kendali, antara 2027 dan 2029.

“Sejalan dengan ambisi strategisnya untuk mempertahankan momentum komersial yang kuat melalui fokus lebih lanjut pada serat dan konvergensi, kemitraan penting ini memberi Orange Polska fleksibilitas untuk memperkuat peluncuran seratnya, terutama di area yang saat ini kekurangan pasokan, sekaligus memungkinkan penghapusan utang segera,” kata Orange, dalam sebuah pernyataan. “Hasil penjualan akan memperkuat neraca Orange Polska secara signifikan dan akan menjadi elemen penting dari strategi baru yang akan diumumkan pada 2Q 2021.”

Berbicara tentang leverage, FiberCo memperkirakan belanja modal peluncurannya sebesar PLN3 miliar, yang akan bersumber terutama dari fasilitas utangnya sendiri, tanpa bantuan ke Orange Poland.

Seperti yang telah kita lihat dalam kesepakatan serupa yang diumumkan baru-baru ini di seluruh Eropa – ciptaan Deutsche Telekom Buka Fiber Belanda dengan KKR; Usaha patungan KPN dengan APG; dan Kesepakatan Telefonica dengan Allianz di Jerman, untuk beberapa nama – entitas baru akan meluncurkan jaringan grosir dengan Orange (dalam hal ini) sebagai penyewa utama, tetapi itu juga terbuka untuk pengecer lain. Orange memperjuangkan model akses terbuka ini sebagai cara terbaik untuk mendorong pengambilan FTTH oleh pelanggan dan untuk menghasilkan uang dari investasi fibernya sendiri.

FiberCo akan memiliki jejak kaki 2,4 juta rumah tangga, dengan asumsi pembangunan jaringannya berjalan sesuai rencana, dengan Orange telah setuju untuk menyumbangkan sekitar 700.000 bangunan serat yang ada ke JV.

“Ketentuan transaksi yang menarik mengungkapkan nilai yang mendasari aset infrastruktur Orange Polska dan menunjukkan penciptaan nilai pemegang saham yang kuat yang melekat pada strategi peluncuran FTTH kami yang ambisius yang dimulai enam tahun lalu,” kata CEO Orange Polska Julien Ducarroz. “Fiber adalah mesin utama untuk strategi komersial kami dan saya yakin bahwa jaringan ini akan menjadi keunggulan kompetitif kami selama beberapa dekade mendatang.”

Itu adalah kata-kata besar. Tetapi jika Anda melihat masa lalu hype, Ducarroz tidak jauh melenceng. Operator telekomunikasi semakin menemukan cara untuk memonetisasi investasi fiber yang ada dan mendanai peluncuran jaringan baru, tanpa sepenuhnya kehilangan kendali atas aset jaringan mereka. Jenis kesepakatan ini akan terbukti bermanfaat dalam jangka panjang.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *