TERBARU

Orange menempel pada senjatanya di Belgia sebagai Polygon labors Picasso metaphor – Telkopedia.id

 Orange menempel pada senjatanya di Belgia sebagai Polygon labors Picasso metaphor – Telkopedia.id

Orange pada hari Selasa menegaskan kembali bahwa € 22 per saham adalah penawaran terakhirnya kepada pemegang saham minoritas Orange Belgia, angka yang menurut beberapa orang tidak mencerminkan penilaian yang adil terhadap perusahaan.

Polygon Global Partners, yang memegang 5,29% dari modal saham Orange Belgia, telah menantang label harga € 22 per saham pada beberapa kesempatan sejak Orange mengungkapkan bahwa mereka sedang mengerjakan tawaran pengambilalihan publik secara sukarela atas semua saham Orange Belgium yang itu belum sendiri pada Desember tahun lalu. Surat terakhirnya dengan tema yang sama muncul awal minggu ini ketika sekali lagi menuduh Orange meremehkan bisnis Belgia.

Pada dasarnya, mereka percaya Orange telah meremehkan prospek pertumbuhannya, membesar-besarkan biaya yang diproyeksikan, dan dengan sengaja mengabaikan nilai aset menaranya.

Pada poin terakhir ini – fakta bahwa penasihat keuangan independen Orange telah memberikan nilai nol pada portofolio menara Belgianya – argumen Polygon menjadi… menarik.

“Argumen bahwa aset tidak memiliki nilai hanya karena calon pemiliknya tidak berniat untuk menjualnya mengherankan Polygon. Kami menyamakan portofolio menara dengan Picasso yang berharga. Jika tetangga Anda menawarkan untuk membeli rumah Anda dan isinya – termasuk Picasso Anda – apakah Anda setuju untuk mendiskon nilai Picasso menjadi nol hanya karena tetangga Anda mengklaim bahwa mereka tidak berencana untuk menjualnya? Gagasan itu tampaknya tidak masuk akal, ”tulis Polygon, menanggapi publikasi laporan yang disusun oleh penasihat keuangan Degroof Petercam (DP).

“Tapi, jika Orange SA berhasil dalam tawaran pengambilalihan pada harga penawaran saat ini, pemegang saham Orange Belgia yang mengajukan penawaran akan kehilangan nilai perusahaan Picasso,” tegasnya. Dan masih ada lagi:

“Dan itu adalah Picasso yang Polygon percaya Orange SA sangat dambakan. Orange SA telah secara khusus mengartikulasikan alasan penciptaan nilai untuk menempatkan semua menara Prancis dan Spanyolnya ke TOTEM, ”katanya, mengacu pada bisnis menara Oranye dibuat pada bulan Februari. Ia selanjutnya menunjukkan bahwa sementara perusahaan menara saat ini berdagang dengan kelipatan 15 hingga 20 kali EV / EBITDA, Degroof Petercam telah menghargai Orange Belgium hanya dengan 5x.

“Polygon memperkirakan nilai Picasso, seolah-olah, bisa melebihi € 8 per saham,” katanya.

Poin Polygon, kalau-kalau Anda melewatkannya di antara metafora seni modern yang tak ada habisnya, pada dasarnya Orange sedang mencoba menariknya dengan cepat dengan menara Belgia-nya, mengambilnya secara gratis sebagai bagian dari kesepakatan pembelian.

Oranye tetap bermartabat dalam tanggapannya, menegaskan kembali bahwa “tidak ada nilai tersembunyi” di aset menara, tanpa mengacu pada kecaman Polygon. Antara lain, “di Belgia, semua operator mendapatkan keuntungan dari kerangka peraturan yang mengatur kewajiban untuk berbagi lokasi antena dengan harga yang diatur sejak 2008,” katanya. Peraturan ini membedakan pasar menara Belgia dari pasar Eropa lainnya. Ini juga mengacu pada kesepakatan berbagi jaringan aktif dan pasif dengan Proximus, dan mengatakan semua pertimbangan di atas diperhitungkan dalam harga € 22. Lebih lanjut, ditegaskan bahwa menara tidak untuk dijual kepada pihak ketiga, juga tidak akan digabungkan ke dalam TOTEM.

“Orange tidak bermaksud untuk mengubah harga penawarannya dan menganggap bahwa transaksi ini menawarkan kepada semua pemegang saham Orange Belgium kesempatan unik untuk memonetisasi kepentingan ekuitas mereka dengan persyaratan yang menarik,” pungkasnya.

Sepertinya itu cukup final. Tetapi juga tampaknya tidak mungkin Polygon akan mengubah pendiriannya, mengingat seberapa besar jumlah yang mereka cari untuk sahamnya.

Angka valuasi € 8 per saham untuk Orange Belgium Picasso menara hanyalah puncak gunung es; perusahaan benar-benar yakin perusahaan telekomunikasi itu bisa bernilai dua kali lipat dari yang bersedia dibayar Orange. Sebuah laporan penilaian komisi dari bank investasi Ondra menempatkan “Saham Orange Belgium, secara mandiri, dalam kisaran antara € 32 dan € 36 per saham, dengan kemungkinan nilai hingga € 45 per saham dalam kasus a monetisasi parsial atau total menara telekom, ”katanya.

“Meskipun analisis Polygon kini telah diperbarui untuk memperhitungkan rencana bisnis Orange Belgium hingga tahun 2024, namun tetap diyakini bahwa perusahaan tersebut bernilai lebih dari € 40 per saham dan bahwa penawaran € 22 per saham dari Orange SA adalah mengejek,” itu berkata.

Sepertinya tidak ada yang berkedip pertama kali pada yang satu ini.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *