TERBARU

Pakar Gugus Tugas: Tak Ada yang Tahu Kapan Pandemi Corona Berakhir

 Pakar Gugus Tugas: Tak Ada yang Tahu Kapan Pandemi Corona Berakhir



Telkopedia.id, Jakarta – Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmita mengungkapkan, pemerintah Indonesia bahkan dunia hingga saat ini belum dapat menjawab mengenai pertanyaan kapan pandemi virus Corona ini akan berakhir.

“Seluruh dunia juga tidak tahu, karena virus ini, untuk vaksinnya belum ditemukan. Jadi, maka dari itu, sampai dengan vaksin belum ditemukan, kita harus bisa selalu berhadapan dengan virus ini,” ungkap Wiku dalam dialog di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (12/5/2020).

Wiku menekankan, dalam kondisi krisis kesehatan ini penerapan protokol kesehatan harus dilakukan. Karena dengan begitu virus Corona atau Covid-19 dapat dihindari.

Menurut Wiku, sudah sering disampaikan bahwa protokol kesehatan seperti mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, menggunakan masker, menjaga jarak dan beraktivitas di rumah menjadi hal baru yang wajib dilakukan demi memutus rantai penyebaran virus Covid dalam masa pandemi seperti ini.

Selain itu, lanjut Wiku beberapa kebijakan telah diambil oleh beberapa negara di dunia seperti penerapan lockdown, karantina wilayah dan pembatasan wilayah dan sebagainya.

Menurutnya, Pemerintah Indonesia mengambil kebijakan dengan mengeluarkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),yang hingga saat ini masih diterapkan dan diberlakukan hingga waktu yang belum ditentukan.

Dalam peraturan PSBB telah disebutkan, mereka yang ‘diizinkan’ keluar batas wilayah tertentu adalah bagi yang mengantongi surat izin dinas dari atasan. Selain itu juga bagi mereka yang sedang ditimpa kemalangan, pun harus menyertakan beberapa dokumen yang disyaratkan.

 



Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *