Perkuat Jaringan Broabdband di Tiga Lokasi Rumah Sakit Darurat Khusus Penanganan Pasien Pandemi COVID-19.

 Perkuat Jaringan Broabdband di Tiga Lokasi Rumah Sakit Darurat Khusus Penanganan Pasien Pandemi COVID-19.

Pemerintah RI melalui Kementerian BUMN RI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan
Perumahan Rakyat (PUPR) RI telah mempersiapkan tiga lokasi yang akan menjadi Rumah Sakit
Darurat khusus untuk penanganan pasien pandemi COVID-19, yaitu Hotel Patra Comfort Jakarta,
Rumas Sakit Pertamina Jaya Jakarta, dan Wisma Atlet Kemayoran Jakarta. Sebagai bentuk
dukungan dalam memastikan kenyamanan berkomunikasi seluruh petugas kesehatan dan
pasien, Telkomsel telah melakukan penguatan infrastruktur jaringan, terutama untuk
kemudahaan akses layanan berbasis broadband di tiga lokasi tersebut hingga beroperasi penuh
nantinya.

Telkomsel juga melakukan penambahan kapasitas jaringan broadband 3G dan 4G dari sejumlah
BTS Easy Makro sekitar yang selama ini menjangkau ketiga lokasi tersebut, guna memperkuat
kualitas jaringan broadband secara menyeluruh. Selain itu, khusus di lokasi Wisma Atlet
Kemayoran, telah dilakukan penambahan infrastruktur jaringan dengan pengoperasian 1 unit
Compact Mobile BTS (COMBAT) berteknologi 4G dengan pemanfaatan spektrum 1800 dan 2300
MHz. Diharapkan upaya peningkatan kapasitas dan kualitas infrastruktur jaringan ini dapat
menjangkau kebutuhan aktivitas komunikasi di tower 1, 3, 4, 5, 6, dan 7 Wisma Atlet Kemayoran
secara keseluruhan.

Sejak diberlakukannya himbauan belajar dan bekerja dari rumah oleh Pemerintah RI, hingga
saat ini Telkomsel mencatat terjadi lonjakan trafik komunikasi payload layanan berbasis data dan digital hingga 7,3% dibandingkan periode sebelum diberlakukannya himbauan tersebut.
Sedangkan, untuk layanan voice dan SMS cenderung stabil dibandingkan periode yang sama.
Telkomsel juga mencatat kenaikan trafik komunikasi layanan berbasis data dan digital yang
dikontribusi oleh tumbuhnya payload layanan sistem belajar berbasis daring (e-learning) yang
mencapai 236%, games online sebesar 117%, komunikasi pesan instan sebesar 19% serta
layanan digital berbasis cloud storage yang umumnya juga digunakan sebagai penunjang sistem
layanan aplikasi bekerja secara daring, meningkat hingga 18%.
Sebagai leading digital telco company, Telkomsel proaktif untuk ikut serta dalam upaya
penanganan COVID-19 dengan mengambil peran sebagai connectivity enabler dengan
mengoptimalkan seluruh aset, guna menjaga agar semua elemen masyarakat dapat tetap
terhubung dan menjaga produktivitasnya di segala sektor kehidupan. Telkomsel akan terus
berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh pihak yang memiliki kepedulian dan kepentingan
yang sama. Telkomel memaknai semangat gotong royong yang didorong pemerintah dengan
bergandengan tangan dan mempererat kolaborasi bersama para pemangku kepentingan agar
kita semua dapat terus bergerak maju di masa yang penuh tantangan ini.

Sebelumnya, bersama seluruh Kementerian dan pemangku kepentingan terkait lainnya,
Telkomsel telah melakukan pengecekan langsung di tiga lokasi tersebut. Sejumlah upaya
peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan yang telah dilakukan Telkomsel antara lain
melakukan optimalisasi pemanfaatan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki Telkomsel,
yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz yang tersedia di seluruh BTS, yang selama ini
sudah menjangkau cakupan ketersediaan jaringan broadband di tiga lokasi tersebut.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *