TERBARU

Polling mingguan: apakah Asus Zenfone 8 adalah ponsel kecil untuk Anda atau Anda ingin Zenfone 8 Flip?

 Polling mingguan: apakah Asus Zenfone 8 adalah ponsel kecil untuk Anda atau Anda ingin Zenfone 8 Flip?

Flagships yang benar-benar kecil mungkin tidak akan pernah kembali, tetapi selama beberapa bulan terakhir beberapa model yang relatif kecil memang muncul. Yang terbaru adalah Asus Zenfone 8, yang memiliki layar 5,9 inci dengan rasio aspek 20: 9 dan kamera selfie punch hole. Dimensinya 148×68.5×8.9mm, itu sekecil flagships Android saat ini.

Dan itu tergantung pada pilihan desain dasar yang dibuat oleh Asus, yang kontras dengan pilihan Sony untuk Xperia 5 III – layar 6,1 ”dengan rasio aspek 21: 9 yang lebih tinggi dan bezel klasik (dengan kamera dan semuanya, membuatnya lebih tebal). Itu membuat ponsel berukuran 157x68x8.2mm. Pada dasarnya lebar dan ketebalan sama, tetapi ekstra tinggi benar-benar mengganggu sebagian pengguna.

Kembali ke tampilan Zenfone 8. Ini adalah panel kecil yang hebat, cocok dengan Xperia dengan resolusi 1080p + dan kecepatan refresh 120Hz, bahkan memiliki sedikit keunggulan dengan dukungan HDR10 + dan selembar Gorilla Glass Victus. Itu juga datar.

Ini adalah ponsel pertama Asus dengan tahan debu dan air, ia memiliki peringkat IP68 yang merupakan tipikal flagships saat ini. Perusahaan juga mengisinya dengan speaker stereo dengan amp khusus, ada juga jack headphone 3.5mm. Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa jika memiliki slot microSD, itu akan menjadi sempurna. Orang lain mungkin menemukan beberapa hal lain yang hilang.

Polling mingguan: apakah Asus Zenfone 8 adalah ponsel kecil untuk Anda atau Anda ingin Zenfone 8 Flip?

Bukan performa, bagaimanapun. Ponsel ini ditenagai oleh chipset Snapdragon 888 dan Anda dapat memiliki RAM sebesar 16 GB yang terhubung dengannya (atau sedikitnya 6 GB). Asus juga menyimpan ZenUI-nya cukup dekat dengan stok, membuat pengecualian untuk hal-hal yang tidak dimiliki Android dengan baik (misalnya kontrol pengisian daya, equalizer, mode permainan, dll.).

Baterai 4.000 mAh cukup besar mengingat ukurannya, cepat diisi dengan bata daya 30W yang disertakan dan memiliki kontrol tingkat pengguna daya atas proses pengisian daya.

Polling mingguan: apakah Asus Zenfone 8 adalah ponsel kecil untuk Anda atau Anda ingin Zenfone 8 Flip?

Semua itu seharga € 600 – ini adalah harga awal, tetapi MSRP hanya sedikit lebih tinggi dari itu (dan Anda selalu dapat menunggu kesepakatan promo nanti). Sony belum mengumumkan harga Xperia 5 III di sebagian besar wilayah, tetapi kami akan terkejut jika harganya tidak lebih tinggi dari ini.

Xperia memang memiliki kamera telefoto (yang cukup unik pada saat itu), yang merupakan potensi kelemahan Zenfone 8. Modul utama 64MP memiliki Dual Pixel AF dan OIS, tetapi sama dengan Zenfone tahun lalu dan memiliki zoom 2x lossless hanya di siang hari (dan malam hari). Ini bergabung dengan kamera sudut ultrawide 12MP, lagi-lagi sama seperti tahun lalu. Kamera selfie lebih baik dari yang digunakan Sony, memiliki sensor 12MP baru dengan Dual Pixel AF dan dapat merekam video 4K.

Polling mingguan: apakah Asus Zenfone 8 adalah ponsel kecil untuk Anda atau Anda ingin Zenfone 8 Flip?

Kami terus membandingkan Asus Zenfone 8 dengan Xperia 5 III karena tidak banyak persaingan di segmen ukuran ini – atau lainnya. Bahkan Galaxy S21 berukuran 151.7×71.2×7.9mm. Perhatikan bahwa Anda dapat membeli Zenfone hari ini, yang tidak bisa dikatakan sebagai Xperia.

Sebelum kami melanjutkan voting, kami akan mengingatkan Anda bahwa kami sudah penuh tertulis dan video ulasan tentang ponsel yang menawarkan pandangan mendalam tentang performa flagship mungil ini.

Selanjutnya adalah saudara kandungnya, itu Asus Zenfone 8 Flip. Ini pada dasarnya adalah Zenfone 7 dengan Snapdragon 888, bukan 865, sebagian besar lembar spesifikasi identik. Dan paket tersebut menunjukkan umurnya di beberapa tempat.

Flip lebih besar dari Zenfone 8 dengan layar 6,67 ”(panel lama dengan kecepatan refresh 90Hz dan Gorilla Glass 6), tetapi bebas noda berkat mekanisme kamera flip-up yang memberi nama pada ponsel ini.

Mekanisme itu memungkinkan Anda menggunakan kamera utama dan ultra lebar untuk memotret selfie yang luar biasa. Ada lensa telefoto 3x aktual untuk bidikan zoom juga. Perhatikan bahwa tidak ada OIS di kamera utama, sebuah kelalaian yang aneh mengingat 7 Pro dari tahun lalu memilikinya.

Polling mingguan: apakah Asus Zenfone 8 adalah ponsel kecil untuk Anda atau Anda ingin Zenfone 8 Flip?

Bagaimanapun, ponsel ini juga memiliki slot microSD dan semua hal yang dapat Anda harapkan dari perangkat yang lebih besar, termasuk baterai 5.000mAh yang lebih besar (dengan pengisian daya 30W yang sama). Tentu saja tidak ada ketahanan air, bagian yang bergerak dan air tidak bercampur.

Jadi, apakah Zenfone 8 Flip berharga € 800? Review kami dapat membantu Anda menjawab pertanyaan itu, tetapi perlu diingat bahwa Zenfone 7 Pro saat ini dijual € 700 di Jerman (dan model non-Pro di bawah € 500 di Amazon). Ini dengan harga aslinya € 800 di tempat lain, tetapi Anda dapat mengirimkannya ke dalam UE dengan cukup mudah. Sayangnya, seri Zenfone 7 terkenal sulit ditemukan di toko-toko, jadi mendapatkannya di wilayah lain mungkin sulit. Sedangkan untuk Zenfone 8 Flip baru, sekarang tersedia di Eropa dan Taiwan, Asus mengatakan akan segera menjualnya di wilayah lain juga.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *