Punya Logo Baru, Google Photos Tampil Lebih Sederhana

 Punya Logo Baru, Google Photos Tampil Lebih Sederhana


Selain menjadi alternatif aplikasi untuk menampilkan file media pada smartphone, Google Photos juga banyak digunakan untuk unggah dan simpan foto maupun video ke cloud. Dengan kapasitas unlimited untuk mode kualitas tinggi, layanan atau aplikasi ini telah menyelamatkan banyak orang, terutama mereka yang menggunakan smartphone dengan memori cekak. Dengan fitur unggah otomatis, memori pada smartphone bisa jadi lebih lega.

Lima tahun sejak perilisan awal, Google akhirnya memperbarui logo aplikasi ini. Tampilan aplikasi mobile-nya juga dibuat lebih simpel. Kalau dulu ada hamburger menu plus empat tab di bagian bawah, kini hanya akan ditampilkan tiga tab sehingga lebih ringkas. Google juga berikan opsi sortir foto serta menampilkan memori foto lama dengan lebih personal.

Baca juga: Empat Fitur Baru Google Duo Ini Perlancar Proses Panggilan Video

Tampilan Google Photos Dibuat Lebih Sederhana

David Lieb, Product Director, Google Photos mengatakan jika aplikasi ini dirancang untuk menyelesaikan masalah seperti foto dan video yang tidak terorganisir dan sulit ditemukan. Saat ini Google Photos telah diakses lebih dari satu miliar orang setiap bulannya. “Selama beberapa tahun terakhir, kami juga telah melihat bahwa orang-orang menggunakan Google Photos ketika merasa nostalgia dan ingin bernostalgia.”

Ikon Google Photos menampilkan sebuah kincir warna-warni, dengan dasar untuk mengaitkan ke masa kecil dan rasa nostalgia. “Kali ini, kami menyegarkan dan menyerdahanakan ikon sambil mempertahankan bentuk kincir yang akrab untuk mengingatkan Anda tentang kenangan masa lalu,” tambah David.

Pada aplikasi Google Photos versi terbaru, tampilan foto dan video akan terlihat lebih besar, dengan jarak kosong antar media dibuat lebih kecil. Video juga otomatis terputar layaknya sebuah klip agar lebih interaktif. Sementara pada bagian teratas, Memories ditampilkan lebih besar dari sebelumnya.

Untuk melakukan pencarian, Google berikan sebuah tab khusus di tengah bernama Search. Di dalamnya, pengguna dapat mengakses foto berdasarkan orang, lokasi dan lainnya. Pada tab ini, Google Photos berikan fitur yang sudah banyak dinanti oleh penggunanya, yaitu map view. Sembari pengguna melakukan scrolling daftar foto, peta di bagian atas akan menunjukkan titik-titik lokasi dimana foto-foto tersebut diambil.

Google Photos Juga Kembangkan Fitur Nostalgia

Fitur Memories Google Photos

Memories juga dikembangkan dengan fitur yang lebih banyak. Sebelumnya, Google Photos hanya akan tampilkan foto-foto yang diambil pada hari yang sama beberapa tahun lalu. Nantinya, menu ini bakal tampilkan foto terbaik penggunanya, baik sendiri maupun bersama teman dan keluarga secara otomatis. Juga mengelompokkan foto dan video sepanjang tahun, dalam perjalanan tertentu dan lainnya.

Fitur yang sebelumnya ada seperti kolase dan animasi media otomatis juga masih tersedia, dirangkum dalam tab Memories. Pengguna nantinya dapat kustomisasi fitur otomatis apa saja yang ingin terus ditampilkan maupun dihentikan. Google mengklaim, fitur ini telah digunakan oleh lebih dari 120 juta orang tiap bulannya. Maka tak heran jika terus diberikan peningkatan dari waktu ke waktu.

Nggak sabar dengan fitur dan tampilan baru dari Google Photos? Pembaruan ini akan digulirkan secara bertahap dalam beberapa minggu kedepan, baik untuk pengguna smartphone Android maupun iOS. Untuk sekarang, aplikasi Google Photos sudah berubah ikon secara otomatis, namun tampilan barunya masih belum hadir.



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *