Qualcomm Snapdragon 690 Bawa Dukungan 5G Ke Smartphone Rp4 Jutaan

 Qualcomm Snapdragon 690 Bawa Dukungan 5G Ke Smartphone Rp4 Jutaan


Selain performa, dukungan konektivitas yang unggul pada smartphone juga sangat penting dan dijadikan tolok ukur bagi para konsumen. Pada pertengahan tahun 2020 ini, tren 5G di Indonesia memang belum banyak, masih sebatas pada smartphone flagship terbaik saja dan belum didukung resmi oleh penyedia operator di Indonesia. Meski begitu, Qualcomm sudah menyiapkan chipset 5G untuk smartphone yang lebih murah, yaitu Snapdragon 690.

Mungkin chipset ini belum terlalu diperlukan untuk smartphone yang dijual di Indonesia, setidaknya pada tahun ini, atau yah sekadar untuk membuat smartphone yang dibeli konsumen lebih future-proof. Namun Snapdragon 690 akan sangat berarti di pasar lain seperti Amerika Serikat, dimana harga smartphone 5G masih relatif mahal.

Cristiano Amon, President, Qualcomm mengatakan bila pandemi ini benar-benar menyoroti pentingnya konektivitas pada smartphone. “Kami ingin konektivitas ditingkatkan ke 5G di mana-mana, dan kami ingin membuatnya terjangkau untuk semua orang.” Dengan Snapdragon 690, Qualcomm pertama kali hadirkan dukungan 5G ke prosesor seri 600, dimana kelasnya lebih sederhana dari seri 765G yang sebelumnya sudah digunakan di beberapa smartphone kelas menengah maupun flagship terjangkau.

Baca juga: Rekomendasi Ponsel di Bawah Rp2 Jutaan dengan Chipset Snapdragon

Beberapa Produsen Smartphone Siap Gunakan Snapdragon 690

Qualcomm Snapdragon 690 ini hadir sebagai suksesor dari Snapdragon 675, dibuat dengan fabrikasi 8nm dan dilengkapi dengan modem X51. Dengan intensi utama membuat 5G lebih terjangkau untuk semua konsumen secara global, Qualcomm sudah bekerja sama dengan beberapa manufaktur seperti HMD, LG, Motorola, Sharp, TCL dan Wingtech, akan chipset ini digunakan pada smartphone terbaru mereka tahun ini.

“Dengan lebih dari 375 desain 5G menggunakan solusi Qualcomm Technologies 5G, kami mendorong proliferasi 5G di lebih banyak tingkatan untuk jadikan pengalaman kamera, AI, dan gim generasi berikutnya agar tersedia lebih luas. Memperluas 5G ke seri-6 memiliki potensi untuk membuat 5G dapat diakses oleh lebih dari 2 miliar pengguna smartphone di seluruh dunia,” jelas Amon.

Chipset terbaru ini akan mendukung jaringan 5G SA, NSA dan global dalam jaringan sub-6Ghz. Namun untuk mmWave, Snapdragon 690 belum menyediakannya, alias hanya tersedia untuk prosesor seri-7 dan seri-8 seperti Snapdragon 765G dan Snapdragon 865. Tak hanya datangkan 5G, chipset ini juga miliki performa CPU, GPU dan kamera yang lebih canggih.

Smartphone yang nanti akan gunakan Snapdragon 690 bisa mendukung refresh rate hingga 120Hz pada resolusi full HD+, termasuk pengecasan cepat Qualcomm Quick Charge 4+. Dibandingkan dengan Snapdragon 675, Snapdragon 690 gunakan arsitektur CPU octa-core dengan core tercepat gunakan Cortex-A77 2GHz.

Dengan begitu, performanya meningkat 20% lebih baik. Sementara GPU baru Adreno 619L bisa berikan kemampuan olah grafis yang jauh lebih baik, meningkat 60% dari Adreno 612. Chipset ini juga bakal mendukung beberapa fitur AI seperti AI-enhanced smooth zooming untuk pembesaran yang halus saat rekam video dan AI-enhanced filter smoothing, perhalus video saat merekam konten TikTok dan sejenisnya. Performa AI meningkat 70% secara keseluruhan.

Dukung Perekaman Kamera Canggih, Mulai Dari Rp2 Jutaan

Snapdragon 690 mendukung kamera utama dengan besaran resolusi sampai 192 Megapiksel, plus perekaman video 4K HDR. Dengan ISP Spectra 355L, smartphone yang gunakan chipset ini dapat merekam video slow-motion 240fps dalam resolusi 1080p. Dukungan proyeksi layar ke monitor eksternal lewat port USB-C juga tersedia.

Dikutip dari XDA Developers, Qualcomm menginformasikan bahwa smartphone yang akan gunakan Snapdraon 690 nantinya bakal dibanderol dengan harga mulai dari USD300 (Rp4,2 jutaan), atau bisa lebih terjangkau lagi untuk pasar India. Kita nantikan kehadiran beragam smartphone menengah terjangkau yang sudah gunakan chipset 5G murah ini ya.



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *