TERBARU

Roborock S7, Robot Vacuum Cleaner dengan Sistem Pel Lantai Otomatis

 Roborock S7, Robot Vacuum Cleaner dengan Sistem Pel Lantai Otomatis


Dalam gelaran acara Consumer Electronics Show yang berlangsung secara daring beberapa hari lalu, tak hanya merk smartphone dan laptop saja yang merilis produk-produk terbarunya. Roborock, salah satu perusahaan perangkat rumah pintar yang didukung oleh Xiaomi, juga meluncurkan produk inovatif mereka, Roborock S7, sebuah robot vacuum cleaner.

Secara tampilan Roborock S7 punya desain yang terlihat identik dengan vacuum cleaner sejenis yang sempat kami komparasi beberapa bulan lalu. Hanya saja, kali ini Roborock benamkan sensor khusus di dalam perangkat Roborock S7. Sensor tersebut mampu menyelesaikan persoalan yang umumnya kerap ditemui saat menggunakan vacuum cleaner otomatis tersebut.

Saat menggunakan Ecovacs Deebot Ozmo T8 & Roborock S6 MaxV, kedua perangkat masih memerlukan campur tangan penggunanya, dalam hal saat membersihkan ruangan. Robot vacuum cleaner umumnya memiliki dua fungsi utama, yaitu untuk menyapu serta mengepel. Untuk fungsi kedua, perangkat ini dilengkapi dengan kain pel yang bisa ditempel ke bagian bawah bodi.
Baca juga: Menjajal Ecovacs Deebot Ozmo T8, Apa Keunggulannya Dibanding Kompetitor?

Teknologi Sonic Mopping Roborock S7 Permudah Pemakaian

Nah, bagian kemampuan pel inilah yang paling ditingkatkan pada Roborock S7. Yang pertama, Roborock S7 dilengkapi dengan teknologi Sonic Mopping. Dengan motor baru, bagian pelnya bisa bergetar dalam frekuensi 50Hz dalam waktu 3,000 kali per menit. Berbeda dari seri sebelumnya yang hanya sekedar melewati lantai, Sonic Mopping menggeser permukaan lebih kuat.

Dalam sebuah video demo yang diunggah oleh Roborock di atas, diperlihatkan bila Roborock S7 tak hanya bisa mengepel lantai bersih, tetapi juga mengeringkan tumpahan cairan seperti kopi, dan juga mengepel permukaan yang lebih sulit lainnya. Bagian kain pel juga bisa terangkat sendiri setinggi 5mm setelah selesai proses pembersihan.

Dengan begitu, penggunanya tak perlu lagi memisahkan bagian kain pel sesaat setelah sesi pengepelan lantai selesai, dan alat kembali ke tempat pengisian daya. Dengan sensor ultrasonik, bagian tersebut juga bisa naik otomatis ketika alat mendeteksi adanya karpet, supaya karpet tidak ikutan basah.

Sapu pada Roborock S7 juga punya desain baru yang diklaim bisa menyapu lebih banyak jenis kotoran. Dengan fitur seperti room detection, pembersihan berbasis zona dan kemampuan hisap hingga 2500 Pa, yang kurang dibandingkan dengan Roborock S6 MaxV adalah absennya sensor kamera. Alias hanya mengandalkan sensor LiDAR saja.

Kapasitas kotak sampahnya 470ml, dan 300ml untuk menampung air demi keperluan proses pengepelan. Baterai 5,200 mAh pada Roborock S7 diklaim bisa tahan hingga 3 jam pemakaian secara otomatis, menggunakan mode senyap dengan pembasahan air tingkat rendah.

Harga Robot Vacuum Cleaner Roborock S7

Meski sudah diperkenalkan di CES 2021, Roborock S7 baru tersedia secara perdana di Amerika Serikat pada 24 Mei 2021 mendatang. Roborock sediakan dua opsi warna, yaitu putih dan hitam. Harga ritelnya mencapai USD649, atau sekitar Rp9 jutaan.

Selain itu, Roborock berencana untuk merilis automatic dust bin docking station, atau stasiun pengisi daya yang bisa mengosongkan kotak sampah di dalam perangkat secara otomatis. Menariknya, Roborock sebutkan bila perangkat tambahan tersebut bisa digunakan ke perangkat jenis lama, tak hanya seri Roborock S7 saja. Bakal hadir di tahun ini, tanpa tanggal spesifik beserta harga.



Source link

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *