TERBARU

Saksikan robot bipedal ‘buta’ berhasil menavigasi tangga

 Saksikan robot bipedal ‘buta’ berhasil menavigasi tangga

Ini rutin untuk robot berkaki empat dengan visi komputer menavigasi tangga, tetapi mendapatkan robot bipedal “buta” untuk melakukannya adalah tantangan lain. Sekarang, para peneliti dari Oregon State University memilikinya mencapai prestasi tersebut dengan robot bipedal disebut Cassie (dari Agility Robotics) dengan melatihnya di simulator.

Mengapa Anda ingin robot buta menavigasi tangga? Seperti yang ditunjukkan oleh para peneliti, robot tidak dapat selalu bergantung sepenuhnya pada kamera atau sensor lain karena kemungkinan pencahayaan redup, kabut, dan masalah lainnya. Jadi idealnya, mereka juga menggunakan “proprioception” (kesadaran tubuh) untuk menavigasi lingkungan yang tidak diketahui.

Para peneliti menggunakan teknik yang disebut Sim-to-real Reinforcement Learning (RL) untuk menentukan bagaimana robot akan berjalan. Mereka mencatat bahwa “untuk penggerak biped, pelatihan akan melibatkan banyak jatuh dan tabrakan, terutama di awal pelatihan,” jadi simulator memungkinkan mereka melakukannya tanpa merusak robot. Mereka mengajari robot secara virtual untuk menangani sejumlah situasi, termasuk tangga dan tanah datar.

Dengan simulasi pelatihan yang dilakukan, para peneliti membawa robot di sekitar kampus universitas untuk menangani tangga dan berbagai jenis medan. Ia terbukti menjadi murid yang tepat, menangani trotoar, kayu gelondongan dan medan tidak rata lainnya yang belum pernah dilihatnya sebelumnya. Di tangga, para peneliti melakukan 10 percobaan naik tangga dan 10 menurun, dan itu menangani masing-masing dengan efisiensi 80 persen dan 100 persen.

Ada beberapa peringatan dalam uji coba pertama, karena robot harus berjalan dengan kecepatan standar – ia cenderung gagal jika masuk terlalu cepat atau terlalu lambat. Ini juga sangat bergantung pada mekanisme memori karena tantangan menavigasi lingkungan yang tidak diketahui saat buta. Para peneliti merencanakan tes di masa depan untuk melihat apakah efisiensi meningkat dengan penambahan visi komputer. Semua mengatakan meskipun, “pekerjaan ini telah menunjukkan kemampuan mengejutkan untuk penggerak buta dan meninggalkan pertanyaan di mana letak batasnya,” tulis mereka.

Semua produk yang direkomendasikan oleh Engadget dipilih oleh tim editorial kami, independen dari perusahaan induk kami. Beberapa cerita kami menyertakan tautan afiliasi. Jika Anda membeli sesuatu melalui salah satu tautan ini, kami dapat memperoleh komisi afiliasi.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *