SoftBank Mau Gabungkan Yahoo Jepang dan Aplikasi Line

 SoftBank Mau Gabungkan Yahoo Jepang dan Aplikasi Line

Line dan Yahoo (ist)

telkopedia – Raksasa teknologi SoftBank dikabarkan akan segera menggabungkan dua perusahaan, Yahoo Jepang dan Line. Proses penyatuan kedua platform jejaring sosial itu dikabarkan sudah dalam pembicaraan tahap akhir.

SoftBank sendiri memiliki 45 persen saham di Z Holdings, induk perusahaan Yahoo Jepang, dan 73 persen saham di Naver, perusahaan Korea Selatan yang merupakan induk Line.

Berdasarkan laporan ZDNet, kedua perusahaan sudah mencapai tahap akhir kesepakatan dan akan segera merger pada akhir November. Diperkirakan, merger ini akan membentuk usaha antara SoftBank dan Naver dengan proporsi 50:50.

Merger ini juga disebut bakal menjadikan Z Holdings alias nama baru Yahoo Japan sebagai pengendali Line dan Yahoo.

Tidak hanya platform jejaring sosial, namun merger ini juga akan menggabungkan operator dari dua aplikasi pembayaran. Diketahui kedua perusahaan sama-sama memiliki platform pembayaran online seperti PayPal milik SoftBank dan Line Pay.

Rencana ini mirip seperti yang pernah dilakukan oleh Tencent di China kepada WeChat. Tencent menggabungkan aplikasi chatting itu dengan Kakao dari Korea Selatan.

Merger itu juga berakhir pada bersatunya platform pembayaran online dan platform e-commerce mereka. Hasilnya, basis pengguna kedua perusahaan itu melejit hingga lebih dari 100 juta pengguna dan menjadi platform pembayaran online terbesar di Jepang.

Hingga saat ini, baik Line maupun SoftBank belum mengomentari kabar tersebut.
“Line selalu meninjau berbagai cara untuk meningkatkan nilai dari perusahaan. Yang dilaporkan saat ini adalah salah satunya namun belum ada keputusan hingga saat ini,” kata juru bicara Line, dilansir ZDNet.

Sumber: kumparan

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *