Stimulus Fiskal dan Moneter di Beberapa Negara Mulai Membuahkan Hasil

 Stimulus Fiskal dan Moneter di Beberapa Negara Mulai Membuahkan Hasil



Telkopedia.id, Jakarta – Sebagian besar negara telah mengeluarkan stimulus baik fiskal maupun moneter untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Corona. Berbagai stimulus ini ternyata telah memberikan sedikit tenaga di beberapa negara yang sebelumnya mengalami kontraksi.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Wajiyo menjelaskan, berbagai kebijakan pembatasan yang dijalankan banyak negara untuk mengurangi penyebaran virus Corona telah membuat pertumbuhan ekonomi global terkontraksi. 

“Pembatasan aktivitas ekonomi sebagai langkah penanganan pandemi corona berisiko menurunkan pertumbuhan ekonomi global 2020 lebih besar dari prakiraan awal,” kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Wajiyo dalam konferensi pers Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Juni di Gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (18/6/2020).

Melihat hal tersebut, beberapa negara pun ingin mengembalikan pertumbuhan ekonomi tersebut sehingga terhindari dari jurang resesi dengan mengeluarkan beberapa kebijakan baik dari stimulus fiskal maupun moneter. 

Kontraksi volume perdagangan dunia dan penurunan harga komoditas terlihat tidak sedalam prakiraan sebelumnya. Berbagai stimulus kebijakan fiskal dan moneter terus ditempuh banyak negara untuk memitigasi risiko kontraksi perekonomian.

Perkembangan terkini menunjukkan, respons kebijakan dan relaksasi pembukaan kembali pembatasan kegiatan ekonomi mulai mendorong kegiatan ekonomi di beberapa negara. Tentunya hal ini dengan mempertimbangkan penyebaran Covid-19 yang melandai.

 



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *