Turis Lokal Jadi Tulang Punggung Pemulihan Industri Pariwisata

 Turis Lokal Jadi Tulang Punggung Pemulihan Industri Pariwisata



Telkopedia.id, Jakarta – Pemerintah mengandalkan wisatawan lokal atau turis lokal untuk mendorong kembali sektor pariwisata di Indonesia. Sebelumnya atau sebelum pandemi Corona Covis-19, pemerintah banyak mengandalkan wisatawan mancanegara

“Belum ada kepastian dari wisatawan mancanegara, oleh karena itu kita fokus di wisatawan nusantara,” kata Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Vinsensius Jemadu, dalam Talk Show Info Corona bertajuk ‘Wisata Aman Covid-19’ di Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu (19/7/2020).

Vinsensius mengatakan tahun lalu ada pergerakan wisata dari turis lokal sebanyak 300 ribu orang. Namun dia bersyukur karena sebenarnya potensinya masih sangat besar, Hal tersebut berdasarkan jumlah penduduk Indonesia yang mencpaai di 260 juta orang.

“Kita bersyukur penduduk kita yang 260 juta orang ini juga menjadi potensi wisatawan nusantara,” kata dia.

Untuk itu, saat ini pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membangun kepercayaan agar masyarakat kembali berwisata. Sebab saat ini masyarakat kehilangan kepercayaan pada sejumlah destinasi wisata.

Akibatnya mereka enggan berwisata di masa pandemi. Padahal Pemerintah telah membuat pedoman aman berwisata selama pandemi.

“Pak Menteri sudah mencanangkan kampanye pariwisata Indonesia Care atau disingkat I Do Care,” katanya.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *