UI Raih Peringkat ke-9 Perguruan Tinggi Terbaik di Asia Tenggara versi Webometrics 2020

 UI Raih Peringkat ke-9 Perguruan Tinggi Terbaik di Asia Tenggara versi Webometrics 2020



Ari Kuncoro mengatakan situasi pandemi COVID-19 turut membiasakan dan mengoptimalkan penerapan pembelajaran daring. Tidak hanya menyelenggarakan kegiatan perkuliahan secara daring bagi mahasiswanya, para akademisi UI juga kerap berbagi ilmu melalui Webinar yang kini dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat.

Pencapaian UI pada pemeringkatan Webometrics menjadi penyuntik semangat agar UI semakin terdepan di dalam memanfaatkan information communication technology untuk kemajuan pendidikan dan penelitian bangsa.

Webometrics merupakan sistem perankingan Perguruan Tinggi se-dunia berbasis website. Webometrics meyakini bahwa kehadiran dan visibilitas web dapat dijadikan indikator kinerja global sebuah universitas.

Indikator ini mempertimbangkan komitmen pengajaran, hasil penelitian, prestise internasional hingga hubungan dengan masyarakat, termasuk sektor industri dan ekonomi universitas.

Pemeringkatan dilakukan oleh Cybermetric Lab yang merupakan kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol.

Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi Web, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya.



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *