TERBARU

Ulasan Huawei MateBook X Pro 2021

 Ulasan Huawei MateBook X Pro 2021

Pendahuluan, Membuka Kotak

Jajaran MateBook X Huawei adalah perusahaan paling premium – mencakup MateBook X tanpa kipas, yang beratnya hanya 1.0kg dan merupakan mesin paling portabel Huawei dan laptop yang kami miliki di sini – Huawei MateBook X Pro, yang menggabungkan portabilitas dengan daya.

MateBook X Pro 2021 awalnya diluncurkan di Cina dan sekarang sudah dipesan sebelumnya di Eropa dan akan segera dijual. Model 16GB / 1TB adalah CNY 12.000 / € 1,899 / £ 1,599, yang tidak murah, tetapi sebenarnya cukup kompetitif ketika Anda mempertimbangkan paket yang Anda dapatkan.

Unit kami hadir dalam warna Emerald Green dan ada juga Space Grey, tetapi Huawei tampaknya telah menghentikan Mystic Silver yang lebih ringan yang ditawarkannya untuk MateBook X Pro 2020. Laptop ini hadir dalam kotak carboard kecil dengan pengisi daya 65W dan satu USB Kabel -C.

Pengisi daya adalah bata Pengiriman Daya standar yang juga dapat mengisi daya tablet atau ponsel Anda (atau bahkan drone) dengan daya variabel 10W, 18W, 24W, 45W dan 65W, menjadikan kombinasi ini sangat nyaman.

Salah satu daya tarik utama Huawei MateBook X Pro 2021 adalah desainnya. Ini adalah mesin yang tipis dan ringan dengan bezel yang tipis dan bagian dalam yang rapat.

Aneh untuk berpikir bahwa Huawei telah mempertahankan desain yang kurang lebih sama untuk jajaran MateBook X Pro selama empat tahun, namun mesin ini setidaknya terlihat sebagus kompetitornya pada tahun 2021.

Huawei MateBook X Pro 2021, depan dan belakang
Huawei MateBook X Pro 2021, depan dan belakang

Huawei MateBook X Pro 2021, depan dan belakang

Lengkap dengan CPU Tiger Lake Intel generasi ke-11, RAM tercepat, dukungan Wi-Fi 6, tampilan layar sentuh 3: 2 dan konstruksi premium, Huawei MateBook X Pro 2021 adalah ultraportable yang serius.

Model 2021 juga menghadirkan beberapa peningkatan halus dari pendahulunya. Ada kipas kedua di bawah kapnya dan prosesor Intel generasi ke-11 menghadirkan kinerja lebih dan Thunderbolt 4, Wi-Fi 6 yang lebih cepat dan solid-state touchpad.

Layar, keyboard, touchpad, I / O

Layar MateBook X Pro 2021 tampak identik dengan model tahun lalu. Ini adalah LCD LTPS 3: 2 dengan resolusi 3000x2000px, dengan 260ppi tajam dan sudut pandang 178 derajat. Bezel di sekitar mesin dipangkas dengan baik, menghasilkan rasio layar terhadap bodi yang diklaim 91%.

Huawei mengklaim kecerahan tipikal 450 nits, yang kami anggap konservatif. Kami mengukur maksimum 480 nits di tengah. Layar mendukung 100% gamut warna sRGB dan dilengkapi dengan reproduksi warna yang sangat baik dari kotaknya.

Satu-satunya kelemahan tampilan adalah penutup kaca glossy yang cukup reflektif.

Ulasan Huawei MateBook X Pro 2021

Rasio aspek layar menurut pengulas ini adalah yang terbaik untuk laptop. Pada 13,9 inci dan 3: 2, ini memberikan keseimbangan sempurna antara video, foto, dan penjelajahan / produktivitas web. Anda mendapatkan lebih banyak ruang vertikal untuk situs web dan dokumen dan tidak kehilangan ruang horizontal untuk menonton video 16: 9, dibandingkan dengan laptop 16: 9 atau 16:10 13,3-14,0 inci pada umumnya.

Ditambah aspek 3: 2 yang sempurna untuk mengedit foto.

Secara alami, tampilan MateBook X Pro 2021 adalah layar sentuh. Ini mendukung hingga 10 titik input, sangat responsif dan mendukung gerakan multi-sentuh untuk zooming. Itu menambahkan tingkat yang sama sekali baru untuk menggulir situs web dan melihat gambar.

Anda dapat menyeret layar dengan tiga jari untuk mengakses alat tangkapan layar intuitif Huawei. Ini memungkinkan Anda memilih dengan jari bagian mana dari layar yang ingin Anda tangkap.

Speaker quad pada MateBook X Pro 2021 menyertakan woofer dan tweeter di setiap sisi untuk suara yang lebih kaya. Namun, kisi-kisi di sisi keyboard bukanlah sumber suara. Ada ventilasi di bawahnya yang memberikan suara terkuat. Mereka menghadap ke samping, dan tidak juga menghadap ke bawah, jadi jika laptop di atas meja, suaranya memantul dari permukaan yang rata, membuat pengalaman mendengarkan yang kaya.

Menonton video di MateBook itu menyenangkan
Menonton video di MateBook itu menyenangkan

Menonton video di MateBook itu menyenangkan

Keyboard berukuran penuh dengan lebih dari satu sentimeter di setiap sisi disediakan untuk speaker. Ini adalah keyboard perjalanan pendek, yang setara dengan kursus dengan laptop tipis dan ringan, tetapi merupakan salah satu yang terbaik yang pernah saya gunakan.

Perjalanan kunci singkat tetapi respons sentuhannya menyenangkan. Setiap tombol seimbang dengan baik dan tata letaknya sangat mudah digunakan. Tombol enter besar dan mudah ditemukan.

Satu-satunya masalah adalah tombol kecil atas dan bawah dan kurangnya tombol Home, End, Page Up dan Page Down, yang mungkin menjadi pemecah kesepakatan bagi sebagian orang.

Saya menulis seluruh ulasan tentang keyboard MateBook X Pro 2021 ini dan tidak mengalami masalah apa pun. Ini adalah mesin yang dapat Anda ketik dengan nyaman sepanjang hari, setelah Anda menghabiskan waktu untuk terbiasa dengan keistimewaannya.

Ulasan Huawei MateBook X Pro 2021

Touchpadnya sangat besar. Dibutuhkan lebih dari sepertiga bagian bawah dek MateBook X Pro 2021. Permukaan kaca sangat halus untuk menggulir dan gerakan multi-jari.

Ulasan Huawei MateBook X Pro 2021

Ini adalah touchpad kaca solid-state. Huawei menyebutnya Sentuhan Gratis dan dapat mendaftarkan klik di mana saja di permukaan. Aplikasi Huawei Free Touch memungkinkan Anda menyesuaikan sensitivitas klik dan intensitas getaran sesuai keinginan Anda. Anda bahkan dapat mematikan klik, yang agak menggelegar.

Ulasan Huawei MateBook X Pro 2021

Jika Anda memiliki smartphone Huawei yang didukung, Anda dapat menghubungkannya menggunakan Huawei Share. Anda cukup mengetuk NFC ponsel ke touchpad untuk menginisialisasi koneksi. Huawei Share memungkinkan Anda untuk mengontrol ponsel Anda dari laptop dan berbagi file antara dua perangkat.

Ulasan Huawei MateBook X Pro 2021

Sesuatu yang tidak berubah dari laptop Huawei dan Honor sebelumnya dan tidak menua dengan baik adalah webcam yang tersembunyi di baris-f keyboard. Ini adalah kamera depan yang mudah diblokir saat Anda mengetik. Plus, ini adalah kamera HD dengan kualitas serba buruk.

Di sisi atas, mikrofon ganda di bagian depan laptop menawarkan kejernihan yang sangat baik untuk panggilan.

Pemindai sidik jari disematkan ke tombol power. Ini mendukung pencairan, yang berarti satu pers sudah cukup untuk menyalakan laptop dan memasukkan Anda ke Windows. Tidak ada kamera yang didukung Windows Hello.

Tombol power kamera hidung dan sidik jari
Tombol power kamera hidung dan sidik jari

Tombol power kamera hidung dan sidik jari

Ada pilihan port yang layak untuk perangkat yang tipis dan ringan. Anda mendapatkan dua port USB-C dan jack audio 3,5mm di sisi kiri dan satu USB-A berukuran penuh di sisi kanan.

Kedua USB-C adalah port Thunderbolt 4 40Gbps yang mendukung output 4K @ 60Hz dan 3840x2160px.

Tiga port USB dan jack 3,5mm
Tiga port USB dan jack 3,5mm

Tiga port USB dan jack 3,5mm

Jika kami harus menunjukkan sesuatu di build Huawei MateBook X Pro 2021, itu adalah sasis yang rentan noda. Permukaan logam yang halus mengumpulkan dan menyimpan sidik jari serta kotoran dengan bersemangat dan agak sulit untuk dibersihkan.

Ulasan Huawei MateBook X Pro 2021

Performa dan masa pakai baterai

Huawei MateBook X Pro 2021 kami didukung oleh Intel Core-i7-1165G7 generasi ke-11 – sebuah chip dengan 4 inti dan 8 utas, dibangun pada proses 10nm dengan cache L3 12MB dan TDP hingga 28W.

Dipasangkan dengan chipset ini, GPU Iris Xe generasi ke-11 dari Intel, yang dikatakan sekitar 20% lebih cepat daripada grafis terintegrasi generasi ke-10 Intel dan lebih cepat daripada GPU NVIDIA MX250 pada MateBook X Pro tahun lalu.

Huawei telah melengkapi MateBook X Pro 2021 dengan 16GB RAM LPDDR4x tercepat saat ini, berjalan pada 4266 MHz.

Ulasan Huawei MateBook X Pro 2021

Saat dalam mode Performa, CPU menganggur sekitar 1200MHz dengan lonjakan hingga 4100MHz. Suhu saat idle berkisar antara 37 ° C hingga 40 ° C. Selama stress test, CPU melonjak hingga hampir 90 ° C dan kecepatan clock sekitar 4100MHz, kemudian dengan cepat turun hingga sekitar 2400MHz dan tepat di bawah 80 ° C.

MateBook X Pro 2021 tahun ini telah menambahkan kipas kedua, yang terhubung ke yang pertama melalui ruang pendingin uap tipis.

Huawei menyetel MateBook X Pro 2021 agar bekerja dengan tenang dan tidak menjadi sangat panas. Setiap kali mesin melewati 80 ° C, CPU dengan cepat melakukan throttle ke bawah untuk memungkinkannya menjadi dingin. Kipas jarang menendang kecuali jika sistemnya tertekan, tetapi bahkan menjadi sekeras 45dB pada panjang lengan. Sasis tidak pernah benar-benar panas – kami mencatat suhu puncak 42 ° C di bagian tengah keyboard.

Ulasan Huawei MateBook X Pro 2021

Kombinasi CPU Intel generasi ke-11 dan grafik terintegrasi menghasilkan mesin yang tenang dan keren yang dapat menangani sebagian besar alur kerja tanpa masalah. Pengeditan foto pada MateBook X Pro 2021 sangat mudah dan Anda bahkan dapat melakukan pengeditan video dengan pengaturan yang tepat – media yang dioptimalkan, misalnya.

Ulasan Huawei MateBook X Pro 2021

Drive penyimpanan di Huawei MateBook X Pro 2021 kami adalah Samsung PM981a – drive luar biasa dengan kinerja luar biasa.

Ulasan Huawei MateBook X Pro 2021

Daya tahan baterai sangat baik dari MateBook X Pro 2021. Berhasil hanya di bawah 8 jam penjelajahan web berkelanjutan pada kecerahan 100% dan 12:30 pada kecerahan 50%.

Pengisian mesin dari 0 hingga 100% membutuhkan waktu 90 menit. Huawei mengatakan Anda dapat mencapai masa pakai baterai 4 jam hanya dengan 30 menit pada pengisi daya.

Haruskah Anda membelinya?

Huawei MateBook X Pro 2021 menawarkan nilai uang yang luar biasa. Itu mahal dan ada beberapa laptop dengan spesifikasi serupa dengan harga yang lebih murah, tetapi mencocokkan seluruh paket akan lebih mahal. Dan ketika Anda mempertimbangkan bahwa kinerja kehidupan nyata sebagus spesifikasi yang dijanjikan, tidak ada kerugian nyata.

Tidak ada perangkat lain yang memadukan layar sentuh 3: 2 dengan kecerahan 480 nits, desain yang indah, speaker, keyboard, touchpad, dan masa pakai baterai yang hebat.

Tapi sekali lagi, ini adalah laptop yang cukup mahal. Anda bisa mendapatkan tingkat kinerja ini, jika tidak pada tingkat portabilitas dan pengerjaan ini, dengan harga lebih rendah.

Dan ada laptop Apple tertentu (atau dua) yang memiliki keunggulan dalam kinerja dan masa pakai baterai dengan harga lebih rendah, tetapi Anda harus melupakan Windows dan layar sentuh.

Ulasan Huawei MateBook X Pro 2021

Huawei MateBook X Pro 2021 dapat melakukan semuanya, menyenangkan untuk digunakan, tidak berkompromi dan terasa istimewa. Kami pertama kali melihat mesin ini pada tahun 2018 dan saat itu luar biasa dan masih mengesankan hingga hari ini. Tentunya salah satu rekomendasi mudah yang bisa kami buat.

Pro

  • Layar sentuh besar, cerah, dan akurat warna.
  • Rasio aspek 3: 2 sangat cocok untuk menjelajahi web, pekerjaan dokumen, pengeditan foto.
  • Keyboard hebat, trackpad, speaker.
  • Kualitas dan pengerjaan yang sangat baik.
  • Daya tahan baterai bagus.
  • Pengisian daya USB-C yang cepat dan nyaman.
  • Performa yang sangat bagus dari platform Intel 11th gen.
  • SSD yang sangat cepat.

Kontra

  • Mahal.
  • Tidak ada USB-C (dan tidak ada pengisian daya) di sisi kanan.
  • Penempatan dan kualitas webcam yang buruk.
  • Tampilan sangat reflektif.
  • Tubuh mudah tercoreng.

Sumber

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *