Xiaomi Mi 11 Punya Fitur Night Mode Untuk Video Berbasis Deep Learning

 Xiaomi Mi 11 Punya Fitur Night Mode Untuk Video Berbasis Deep Learning


Tidak dapat dipungkiri bila perkembangan teknologi kamera smartphone terjadi makin pesat tiap tahunnya. Dengan sensor kamera yang semakin superior, dipadukan dengan algoritma software mumpuni serta chipset yang powerful untuk mengolah semua data secara instan. Kombinasi ketiganya hadirkan foto dan video yang semakin mendekati kamera profesional.

Salah satu smartphone flagship yang baru saja dirilis akhir 2020, Xiaomi Mi 11 hadir unggulkan performa kamera. Meski secara jumlah sensor masih kalah dengan generasi sebelumnya, Xiaomi tawarkan kualitas pengambilan gambar hingga video yang jauh lebih baik, lewat sensor utama 108MP miliknya. Mi 11 bakal punya Night Mode berbasis AI pertama di dunia untuk video.

Fitur mode malam atau night mode selama ini menjadi penyelamat bagi kita semua untuk abadikan objek malam hari, tanpa perlu menggunakan flash. Kalau dulu fitur ini hanya superior di lini Google Pixel saja, sekarang semua lini flagship sudah memilikinya. Bahkan smartphone terjangkau seperti realme C11 pun sudah punya.

Baca juga: Xiaomi Mi 11 Meluncur dengan Snapdragon 888, Tanpa Charger

BlinkAI Kombinasikan Deep Learning & NPU Snapdragon 888

Namun teknologi serupa belum bisa diterapkan pada saat kita merekam video. Seperti yang kita ketahui, night mode pada pengambilan foto membutuhkan proses untuk menangkap beberapa frame dalam durasi yang singkat, kemudian menggunakan teknologi komputasi untuk menggabungkan semuanya, menjadi satu foto terbaik. Perlu waktu baik saat pengambilan maupun pemrosesan setelahnya.

Sementara saat merekam video, umumnya membutuhkan pengambilan 24 sampai 30 frame tiap detiknya untuk hasilkan perekaman yang halus dan secara real-time, sehingga situasinya lebih susah. Untuk itu, Xiaomi bekerja sama dengan perusahaan yang fokus kembangkan teknologi AI untuk fitur kamera asal Boston, yaitu BlinkAI.

Perusahaan tersebut telah kembangkan perangkat lunak berbasis deep learning, yang kemudian digunakan untuk Xiaomi Mi 11 demi tingkatkan kualitas perekaman videonya. Seperti yang bisa Gizmo friends lihat, perbandingannya terlihat sangat dramatis, di mana video terlihat jauh lebih terang dengan detil yang masih cukup. Tak sekadar tingkatkan eksposur atau ISO saja.

Fitur mode malam di mode video Xiaomi Mi 11 dimungkinkan dengan kolaborasi teknologi dari BlinkAI, serta chipset Qualcomm Snapdragon 888 yang powerful. BlinkAI gunakan algoritma neural network yang mereplikasi bagaimana visual mata manusia bekerja, berdasarkan riset deep learning yang cukup mendalam.

Selain itu, Neural Processing Unit (NPU) di Snapdragon 888 juga berperan penting untuk mengolah semua datanya, ditambah peran machine learning untuk tingkatkan kualitas video yang ber-noise dalam hitungan milidetik. Sehingga solusi komputasi dari BlinkAI dan Qualcomm bisa hadirkan tampilan video lima kali lebih cerah.

Xiaomi Mi 11 Memulai Awal yang Baik di 2021

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Xiaomi untuk hadirkan peningkatan kualitas pencahayaan rendah untuk video HD secara real-time kepada konsumen,” kata Dr. Bo Zhu, co-founder dan CTO dari BlinkAI lewat sebuah rilis resmi. “Ini adalah pertama kalinya teknologi AI seperti ini tersedia untuk smartphone, dan sangat berbeda dari fitur mode malam untuk foto yang dimiliki konsumen hingga saat ini.”

Teknologi yang dimiliki oleh BlinkAI ini juga bakal bisa diterapkan ke beragam jenis produk lainnya, seperti pada bidang otomotif, robotika hingga industri keamanan. Pihaknya sangat senang bisa mendukung Xiaomi untuk hadirkan flagship terbarunya, Xiaomi Mi 11 untuk pasar smartphone di 2021.

Ini adalah awal yang cukup positif untuk Xiaomi. Dan di sisi lain, bila Xiaomi saja bisa hadirkan peningkatan kualitas video yang masif dengan BlinkAI, tentunya produsen smartphone lain, terutama yang dikenal dengan teknologi kamera terbaik bakal bisa saling melampaui lebih jauh satu sama lainnya. Kita nantikan perkembangannya bersama-sama ya.



Source link

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *